nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPI Larang Ada YKS-YKS Lain Selama Ramadan

Menda Clara Florencia, Jurnalis · Kamis 26 Juni 2014 21:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 06 26 533 1004698 fPE5vt7Qpi.jpg Gedung Trans TV saat didatangi para pendemo (Foto: Egie/Okezone)

JAKARTA - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah menghentikan sementara program Yuk Keep Smile (YKS), terhitung mulai dari 28 Juni 2014. Selain YKS, program acara sejenis juga tidak boleh tayang. Apalagi, saat Ramadan.

Itu diungkapkan oleh Agatha Lily, Komisioner KPI Pusat, saat ditemui di kantornya, Kamis (26/6/2014).

"Karena kita tahu umat Muslim akan memasuki Bulan Ramadan, jangan sampai ada YKS baru lagi, Yuk Kita Sahur kalau sekarang Yuk Keep Smile muncul di pagi hari, tadi kita sudah tekankan itu tidak boleh. Masyarakat juga boleh memantau agar Trans TV memegang komitmennya, atau mematuhi komitmen yang sudah dilakukan dengan KPI Pusat," jelasnya.

YKS dinilai telah melakukan  kesalahan yang sangat berat karena telah menghipnotis seseorang yang bertujuan menyembuhkan phobia, namun malah merendahkan  martabat seorang Budayawan Betawi, Benyamin Sueb. Atas peristiwa tersebut, YKS menuai protes keras dari fans, dan keluarga Benyamin.

KPI  telah mengambil keputusan untuk memberhentikan program YKS mulai tanggal 28 Juni 2014, setelah melewati proses klarifikasi dengan jajaran direksi Trans TV, termasuk Direktur Utamanya Atiek Nur Wahyuni, Rabu 25 Juni 2014. Trans TV mengakui adanya kelalaian di pihak mereka, dan meminta maaf atas tayangan yang melukai perasaan masyarakat Betawi.

Sebelumnya, program YKS juga telah mendapat sanksi administratif berupa teguran pertama pada 3 Januari 2014, teguran kedua pada 5 Februari 2014, dan pengurangan durasi pada 13 Maret 2014.

Sanksi penghentian sementara ini diambil sesuai dengan kewenangan KPI sebagaimana yang diberikan Undang-Undang nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran, pasal 55 ayat (2).

(Edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini