Share

Sejarawan Anhar Gonggong Komentari Film Soekarno

Egie Gusman, Okezone · Senin 23 Desember 2013 23:50 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 23 206 916557 MwieyUfmPN.jpg Ario Bayu berperan sebagai Soekarno di film 'Soekarno: Indonesia Merdeka'

JAKARTA - Sejarawan Anhar Gonggong (70) saat dimintai komentarnya mengenai film sejarah karya sutradara Hanung Bramantyo berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka, ia memberikan kesan positif untuk film tersebut.

"Saya justru memberi apresiasi kepada sutradara karena telahĀ  memunculkanĀ  sesuatu yang baruĀ  tentang sosok Soekarno", kata Anhar Gonggong saat berbicara dengan media di Jakarta, Senin (23/12/2013).

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Di tengah perseteruan antara putri Bung Karno, Rahmawati Soekarnoputri dengan Hanung dan Raam Punjabi, pemilik Multivision Plus, ia menilai jika jalan cerita di film tersebut sepatutnya mendapat penghargaan dari keluarga besar Soekarno.

"Tanpa menafikan atau mengurangi penghormatan terhadap keluarga Soekarno yang merasa ada hal yang tidak sesuai dengan pandangan mereka tentang Soekarno dalam film itu. Kita juga harus memberi penghormatan kepada pihak2 lain yang ingin mengangkat sosok sang tokohĀ  dalam bentukĀ  berbeda," ujar Anhar.

Sejarawan juga dosen Fakultas Ilmu Budaya Departemen Sejarah Universitas IndonesiaĀ  ini juga menghargai jalan cerita sejarah Soekarno dari sudut pandang Hanung.

Karena iniĀ  bentuk kekagumannya terhadap sang tokoh," kata pria berdarah Bugis ini.

"Sepertinya film ini berhasil memuncullkan secara apa adanya ketokohan Soekarno, tidakĀ  melulu dalam gambarin heroik seperti yang selama ini dimunculkan dan itu saya kira bagus karena menampilkan sang tokoh dalam wujud yang lebih apa adanya," ungkapnya.

(tre)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini