nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Tak Tahu Bella Saphira Diundang Arab Saudi untuk Berhaji

Chaerunnisa, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2013 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 10 23 33 885868 kfPrYjmeBW.jpg Bella Saphira & Agus Surya Bakti (Foto: Alan P)

JAKARTA- Belum genap dua bulan menjadi mualaf, Bella Saphira dikabarkan menunaikan ibadah haji bersama sang suami, Mayjen Agus Surya Bakti. Artis yang melejit lewat sinetron Dewi Fortuna itu menjalankan rukun Islam kelima atas undangan Kerajaan Arab Saudi.

Setiap musim haji, pemerintah Kerajaan Arab Saudi memang secara rutin mengundang orang-orang terpilih untuk menunaikan ibadah haji. Karena mendapat undangan khusus, semuanya ditanggung pihak Kerajaan Arab Saudi. Sehingga, itu menjadi otoritas negara yang kaya dengan minyak itu.

Berbeda dengan haji berdasarkan kuota pemerintah yang diatur Kementerian Agama (Kemenag), pemerintah Arab Saudi memberikan seluruh fasilitas bagi undangan khusus ini.

Semua biaya mulai dari keberangkatan, akomodasi, penginapan, ditanggung pihak Arab Saudi. Karena itu, pihak Kemenag tidak tahu perihal haji dengan undangan khusus.

"Kalau haji undangan khusus tidak melalui Kemenag. Penyelenggara (Kerajaan Arab Saudi) melalui Kedutaan Besar Arab Saudi langsung memilih, tidak melalui kami (Kemenag)," kata Drs Zubaidi, MEd., Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama, saat dihubungi melalui sambungan telefon, Rabu (23/10/2013).

Lebih lanjut, Zubaidi menuturkan, pada musim haji tahun 2013 atau 1434 H ini, terdapat 2.400 orang dari seluruh dunia terpilih menjadi undangan khusus Kerajaan Arab Saudi. Namun, dia mengaku tidak tahu mereka yang terpilih menjadi salah satu tamu-Nya dari Indonesia.

"Karena tidak melalui kami, jadi tidak tahu," ungkapnya.

Sekadar diketahui, Kerajaan Arab Saudi, melalui kedutaan besar mereka di Jakarta mengundang Bella dan Agus berhaji tahun ini. Atas masukan seorang sumber, Bella direkomendasikan untuk menjadi tamu-Nya.

Undangan mendadak ini terjadi kurang dari sebulan sebelum Idul Adha. Bella pun dibantu kerabat langsung berbelanja keperluan berhaji, seperti perlengkapan busana ihrom dan sebagainya. Pasalnya, Bella memang tidak berangkat melalui rombongan biro perjalanan haji manapun. Bella dijadwalkan kembali ke Tanah Air, hari ini.

Namun, hingga berita ini diturunkan, pihak Bella Saphira belum memberikan penjelasan. Bahkan, Imam Ali Yaqub, yang juga mengislamkan Bella Saphira di Masjid Istiqlal, 26 Juli lalu, mengaku tidak tahu.

"Tanyakan pada keluarga Bella saja ya," tutup dia.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini