Menengok Sejarah Superman dalam Man of Steel

Edi Hardian , Jurnalis · Kamis 13 Juni 2013 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 13 35 821513 G5NDVsASww.jpg Man of Steel (Foto: The Seattle Times)

JAKARTA - Film bioskop terbaru, Man of Steel, kini sudah tayang di bioskop-bioskop kesayangan. Jika menonton film ini, kita akan dibawa ke masa sejarah Superman. Set film dimulai dari planet Krypton, tempat Superman dilahirkan.

Superman kali ini diperankan Henry Cavill, orang Inggris pertama yang memerankan superhero kebanggaan Amerika ini. Kisah Superman Man of Steel dimulai ketika Jor-El (Russell Crowe) sebagai ayah kandung Clark Kent hendak menyelamatkan anaknya, Kal-El (yang juga Clark) dengan menerbangkannya ke bumi.

Jenderal Zod (Michael Shannon) ingin mencegah hal itu, tapi terlambat. Dia mengerahkan pemberontakan di Krypton, ayah Clark pun dibunuhnya. Namun, jenderal Zod berhasil diringkus, dan dipenjara pengadilan Krypton dalam sebuah tempat penahanan dinamakan "Phantom Zone".

Kisah kemudian berlanjut saat planet Krypton hancur, dan semua isinya musnah. Jenderal Zod dan pengikutnya yang berada dalam penahanan ternyata selamat, dan memburu Clark hingga ke bumi untuk membunuhnya.

Setelah adegan di Krypton, Man of Steel langsung meloncat pada sosok Clark Kent dewasa. Di sini, Clark bukan seorang wartawan lugu seperti kisah Superman sebelumnya, dia justru menjadi seorang pengelana yang tengah mencari jati diri.

Kisah cinta Clark, dan Louis dibuat sedikit berbeda. Jika dalam serial Smallville atau kisah Superman lainnya, mereka adalah sahabat sejak kecil dan berada dalam satu kantor di Daily Planet. Namun, dalam Man of steel kisahnya sedikit berbeda, justru Clark menjadi objek hunting Louis dalam mencari berita.

Dalam film ini, kita juga akan melihat kisah masa kecil Clark, dan hubungannya dengan orangtua angkatnya, Jonathan dan Martha Kent (Kevin Costner dan Lana Lang) lewat adegan flashback sepanjang film. Serta adegan mengharukan tewasnya ayah angkat Clark diterjang badai.

Adegan pun berlanjut saat jenderal Zod berhasil menemukan Clark di bumi, serta ambisinya menguasai bumi, dan menjadikannya planet Krypton. Di sini tampak pertempuran-pertempuran full efek diiringi visual real yang mencengangkan.

Adegan puncak pun terjadi tatkala Clark berduel satu lawan satu dengan jenderal Zod, di mana dua kekuatan ini seolah mampu menghancurkan apa saja yang ada di sekitarnya. Dan, seperti yang sudah-sudah, bisa dipastikan Superman memenangkan duel hingga membuat bumi kembali aman.

Akhir cerita, Clark masuk ke Daily Planet sebagai reporter baru setelah keadaan di bumi kembali aman seperti sedia kala.

Film ini boleh dibilang seru dan apik. Efek yang digunakan juga cukup baik, walau terasa agak "dark" seperti kita menyaksikan film Batman Begins. Namun, film ini wajib ditonton para pencinta Superman.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini