nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fatin Shidqia hingga Padi Bisa Eksis Berkat Penggemar

Edi Hardian , Jurnalis · Selasa 28 Mei 2013 18:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 05 28 386 814044 h3tqVpIz9s.jpg Fatin Shidqia saat tampil di Gala Show 11 X Factor Indonesia (Foto: Arif/okezone)

JAKARTA - Seberapa pentingkah peran fans club dalam mempertahankan eksistensi musisi dalam dunia musik? Terkadang kita kerap melupakan bahwa seorang musisi atau band bisa terus eksis dalam dunia musik lantaran peran fans club.

Band Padi sudah beberapa tahun terakhir vakum, akan tetapi fans club mereka bernama Sobat Padi ternyata tidak pernah vakum, mereka bahkan berinisiatif untuk mengadakan reuni band Padi di Yogyakarta bulan lalu, hal ini membuktikan bahwa Sobat Padi masih solid.

"Kemarin terus terang saja ketemu itu kita merasa terharu dengan kita datang lagi, kumpul lagi, terharu juga sama fans, ternyata fans begitu hebat, walau bandnya enggak ada, fansnya terus ada, kita terharu ya," kata Ari gitaris band Padi di Pondok Indah Plaza, Jakarta Jumat (24/05/2013) lalu.

Fans club atau komunitas penggemar memang memiliki kekuatan tersendiri untuk membangun dan membuat musisi menjadi terus eksis, fans club terkadang juga menjadi faktor utama kesuksesan musisi didunia musik.

Kita tentu ingat bagaimana Fatinistic mampu membawa seorang Fatin Shidqia remaja 16 tahun yang belum pernah pernah tampil di panggung atau ikut festival tiba-tiba menjadi juara X Factor Indonesia mengalahkan Novita Dewi yang memiliki jam terbang di dalam hingga luar negeri.

Fatinistic juga diisi oleh penggemar militan, seperti Sandy salah satu penggemar Fatin yang ditemui Okezone mengatakan, dirinya bersama teman-temannya rela mengumpulkan uang kas untuk mengirim SMS kepada Fatin.

"Voting paling pertama, Kita juga adain uang kas untuk voting, kita kumpulin Seikhlasnya" Ujar Sandy saat dijumpai di Jakarta.

Jangan juga lupakan dua fans club terbesar Indonesia, seperti Slanker, merupakan fans club-nya band Slank dan juga Oi (Orang Indonesia) fans club-nya Iwan Fals. Kita tentu sudah sama-sama mengetahui loyalitas mereka terhadap sang artis yang membuat Slank dan juga Iwan Fals sampai detik ini terus eksis di kancah musik Indonesia meski acapkali dilarang tampil oleh pihak keamanan.

Oleh karena itu, jangan pernah remehkan peran fans club dalam industri musik. Jika anda ingin eksis dalam industri musik sebagai seorang artis atau band, maka bangunlah fans club yang loyal dan memiliki kuantitas anggota yang banyak, maka eksistensi bisa anda dapatkan.

(tre)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini