Tompi: Saya Tidak Butuh Label!

Edi Hardian , Jurnalis · Minggu 19 Mei 2013 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 18 386 808898 EhYI1oDDwQ.jpg Tompi bersama Barry Likumahuwa (Foto: Maria Cicilia Galuh/okezone)

JAKARTA - Dunia musik Indonesia yang penuh dengan pembajakan serta berkembangnya teknologi digital, membuat peran label (perusahaan rekaman) menjadi semakin terbatas. Bahkan, penyanyi jazz Tompi sampai beranggapan di zaman sekarang, musisi tidak lagi membutuhkan label.

Tompi sendiri ketika ditanyakan oleh wartawan apakah peran label saat ini dibutuhkan atau tidak, menjawab enteng bahwa label tidaklah dibutuhkan.

"Menurut saya sekarang label tidak dibutuhkan, Kalau saya bukannya sombong, tapi saya pribadi memang tidak butuh label," katanya saat dijumpai di Gedung Kementrian Perdagangan, Jakarta, baru-baru ini.

Tompi menilai, berkembangnya era digital serta teknologi recording yang semakin simple, membuat banyak musisi bisa membuat dan merekam lagu dengan mudahnya. Hanya saja memang Tompi menilai untuk urusan distribusi peran label masih dibutuhkan.

"Jaman dulu musisi butuh label karena kita butuh dapur rekaman, tapi kalau sekarang kita bisa rekaman sendiri, yang dibutuhkan musisi adalah distributor yang jujur," ujarnya.

Rupanya Tompi agak sedikit gerah melihat tingkah polah label rekaman saat ini yang terlalu banyak mengorbitkan artis dan penyanyi yang tidak berdasarkan kualitas melainkan hanya kemasan saja.

Hal inilah yang membuat musisi bernama lengkap Teuku Adifitrian ini gerah dengan tingkah polah label saat ini.

"Label itu hanya dibutuhkan artis sinetron yang mau nyanyi, yang tinggal nongol saja tahu-tahu bunyi lagu. Nah, kalau musisi pinter mah enggak perlu," sindirnya. (tre)

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini