Sering Menipu & Maling, Donny "Arya Band" Ditangkap Polisi

Tri Ispranoto, Jurnalis · Senin 01 April 2013 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 01 33 784484 5416QCKCrb.jpg Donny (Foto: kaskus)

BANDUNG– Donny Hariawan akhirnya dibekuk polisi karena terkait sejumlah kasus penipuan. Background Donny yang pernah menjadi vokalis band Arya membuatnya dekat dengan kalangan selebriti. Sejumlah artis pun sempat menjadi korban penipuan Donny.

“Iya saya vokalis sekaligus gitaris dari Arya Band. Band saya berdiri sejak tahun 2007 dan sudah punya dua album major label,” beber DH saat ditemui di Mapolsekta Astanaanyar, Senin (1/4/2013).

Seiring dengan bermunculannya band-band pendatang baru, Donny bersama bandnya pun makin sepi peminat dan akhirnya bubar pada tahun 2009. Berdasarkan hal itulah, Donny memutar otak agar ‘dapurnya’ tetap ngebul dengan menipu beberapa korbannya. Sebut saja Eno Netral dan salah seorang personel dan Noah Band yang tertipu akan tingkah laku Donny saat itu.

“Waktu itu saya kenal dengan Netral, kebetulan pernah satu panggung. Modusnya, saya sempat pinjam kunci hotel Netral, terus saya ambil kamera yang saya jual Rp20 juta ke daerah Surabaya,” tuturnya.

Selain menipu beberapa kalangan selebriti, Donny yang banting setir menjadi pengusaha travel ini beberapa kali sempat mengelabui kliennya. Donny mengatakan, pernah suatu saat ada seorang turis yang akan menyewa villa di Bali. Namun, belum sempat turis tersebut sampai di villa, dia menguras habis barang-barang elektronik seisi villa.

“Kalau penipuan di luar Bandung itu biasanya saya lakukan pas lagi kunjungan, seperti ke Medan dan Bali,” jelasnya.

Dalam pengakuannya, DH yang sudah mulai jenuh dan ketakutan menjadi buronan orang-orang sempat akan menyerahkan diri ke pihak kepolisian.

“Nipu orang lain itu gampang, tapi saya enggak bisa nipu diri sendiri. Saya lelah, dan dua minggu lalu sempat mau nyerahin diri. Tapi enggak jadi, dan akhirnya saya tertangkap oleh polisi,” pungkasnya.

Saat ini, DH sudah mendekam di ruang tahanan Mapolsekta Astanaanyar. DH dijerat dengan pasal 372 jo 378 KUHPidana mengenai penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Nama Donny selama ini menjadi buruan sejumlah forum jual beli di internet.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini