Radang Lambung, Ratu Elizabeth II Dirawat di RS

Chaerunnisa, Jurnalis · Senin 04 Maret 2013 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 04 532 770557 UgHvviRGcl.jpg Ratu Elizabeth II (Foto: Aceshowbiz)

LONDON - Kabar duka meliputi Istana Buckingham. Pasalnya, Ratu Elizabeth II tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Edward VII, London karena mengalami gejala gangguan lambung atau gastroenteritis. Juru Bicara Istana mengatakan, Ratu Elizabeth II pada hari Minggu 3 Maret 2013, waktu setempat.

Kondisi tersebut, menurut juru bicara istana, membuat sejumlah agenda acara Ratu Elizabeht II selama pekan ini terpaksa mengalami penundaan atau penjadwalan ulang. Termasuk rencana kunjungannya ke Roma, akhir pekan mendatang.

Meski harus menjalani pemeriksaan untuk mengetahui gejala gangguan pada lambungnya, Juru Bicara Istana Buckingham mengatakan, Ratu berada dalam "kondisi kesehatan yang baik".

"Ini merupakan tindakan pencegahan, semua perjanjian resmi untuk minggu ini sayangnya akan baik ditunda atau dibatalkan," kata juru bicara Istana, seperti dikutip Aceshowbiz, Senin (4/3/2013).

"Dia tidak segera dibawa ke rumah sakit segera setelah merasakan gejala gangguannya. Ini sebenarnya untuk memudahkan dokter membantu memeriksanya," sambungnya.

Ratu akan berada di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan selama dua hari. Wanita 86 tahun itu terakhir kali menjalani perawatan di rumah sakit sekira 10 tahun lalu untuk menjalani operasi kecil pada lututnya.

Gastroenteritis adalah peradangan pada lapisan lambung dan usus. Penyebab umum merupakan keracunan makanan dan norovirus, muntah saat musim dingin yang telah mewabah luas di Inggris. Norovirus ini sangat menular saat musim dingin, ketika orang-orang berada di dalam ruangan, menyebar lebih mudah. Gejala meliputi muntah, diare, dan sakit perut.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini