Imlek, Ki Kusumo Bagi-Bagi Angpao

Edi Hidayat, Jurnalis · Minggu 10 Februari 2013 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 10 33 759593 BH1o7dWb8a.jpg Ki Kusumo (Foto: Elang Riki/Okezone)

JAKARTA- Seperti tahun sebelumnya, Ki Kusumo ikut merayakan Tahun Baru Imlek. Produser yang juga Ketua Asosiasi Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (ALBSI) ini menampilkan atraksi liong dan barongsai.

 

"Imlek tanpa barongsai akan terasa hambar. Makanya saya akan memberikan hiburan pertunjukan liong dan barongsai kepada masyarakat," ujar Ki Kusumo di kawasan Kemang Pratama 3, Bekasi.

 

Ratusan liong dan barongsai akan disebar ke berbagai titik di Jabodetabek seperti di pusat perbelanjaan, tempat wisata dan pusat keramaian lain. Selain untuk merayakan Imlek, produser film Jangan Menangis Sinar ini ingin melestarikan budaya barongsai.

"Barongsai merupakan seni budaya Tionghoa yang sudah menjadi aset kebudayaan bangsa Indonesia. Jadi wajib kita lestarikan," tandasnya.

Seperti tradisi Imlek lain, Ki Kusumo juga membagi-bagikan angpao kepada masyarakat di sekitar rumahnya. Dia juga menyiapkan berbagai makanan khas Imlek seperti dodol dan manisan.

“Makanan khas Imlek ini kan memiliki makna. Seperti dodol, dodol yang lengket maknanya agar jalinan silatuhrahmi semakin erat, jadi lengket menyatukan semua. Kalau manisan, supaya di tahun yang baru ini menjadi tahun yang selalu berbuah manis,” jelasnya.

(ega)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini