Donny Alamsyah Banting Setir Jadi Sutradara Film Pendek

Rama Narada Putra, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2013 21:39 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 08 206 759146 pAtRsi8GiS.jpg Donny Alamsyah (kiri) menyutradarai film pendek Tanda Bahaya

JAKARTA - Aktor laga berkarakter, Donny Alamsyah dipercaya menyutradarai film pendek produksi LA Lights Indiemovie dan SET Film Workshop. Film yang disutradarai Donny dengan judul Tanda Bahaya merupakan satu dari 5 fenomena yang terkemas dalam 5 cerita berkait.

Untuk film perdananya ini Donny mengoreografi adegan laganya sendiri dibantu seorang fighting instructor profesional, Jonathan Ozo. Syuting yang dijadwalkan berlangsung selama 4 (empat) hari ini melibatkan aktris berprestasi, Adinia Wirasti, serta pendatang baru yang bersinar bintangya melalui film-film favorit: Dion Wiyoko dan Marcel Domits.

"Saya senang sekaligus kepikiran dipercaya untuk menyutradarai salah satu film pendek dari Project LA Lights Indiemovie. Karena walaupun memilikiĀ  cerita yang berbeda tapi ada bagian- bagian dari film saya yang bersambungan dengan cerita dari film yang dibuat yang lain. Jadi pe-er saya agak banyak, nih," papar Donny seperti dalam rilisnya.

Pada produksi film pendek ini, pria kelahiran 7 Desember 1978 ini didukung oleh finalis LA Lights Indiemovie dari Kota Yogyakarta sebagai kru dan satu orang aktor asal Yogyakarta. Mereka adalah Dwi Much Ibram Syah, Norton Handri Hutomo, Yeni Indah Lestari, Fuadh Naim, Dimas Kurnia Eko Putro, Risang Pamungkas, dan Bagus Riyanto.

Para finalis ini mengaku awalnya mereka tidak menyangka bahwa ide-ide mereka berhasil menginterpretasikan tema yang diusung tahun 2012 lalu (The Hero effect - everybody has a hero) dan membawa mereka ke pintu gerbang dunia produksi film yang sebenarnya. Ketujuhnya dipilih dewan juri karena berhasil mengembangkan ide cerita original yang berpotensi besar menarik penonton.

Donny selain didukung oleh para finalis LA Lights Indiemovie juga didampingi salah satu Director of Photography (DOP) terbaik Indonesia, Faozan Rizal yang baru saja mendulang reputasi baru sebagai sutradara untuk film perdananya, Habibie dan Ainun (2012).

"Untuk film Donny ini film genre action pertama saya. Sebelumnya film-film saya lebih ber-genre drama. Akan menjadi proses syuting yang menarik," ujar Faozan Rizal.

Donny berharap bahwa produksi film perdananya ini bisa menjadi ajang bertukar kreatifitas dan kolaborasi kerja yang baik antar pemula. "Saya berharap dalam prosesnya, kami semua bisa saling belajar dengan terlibat dalam produksi film pendek ini," ujar Donny optimis.

"Tanda Bahaya" sendiri mengisahkan Evan (Dion Wiyoko), mahasiswa yang sejak kecil diketahui mengalami mimisan jika ada sesuatu bahaya yang akan terjadi. Ia sering dianggap aneh sehingga tak banyak memiliki teman.

Bahkan, seorang gadis yang disukainya, Talitha (Adinia Wirasti) pun selalu menganggapnya aneh. Talitha pun memacari Vita (Marcel Domits) yang alih-alih bertanggung jawab, justru ingin melenyapkan Talitha dengan bantuan Oni (Ony Jogja), saat ketiganya sedang pergi ke luar kota.

Sementara di tempat lain, Evan mengalami mimisan dan di saat yang bersamaan, terjadi gempa bumi di tempat Talitha, Vita dan Oni berada. Apa yang akan terjadi pada Talitha, Vita, dan Oni? Apakah gempa bumi akan mencelakai mereka?

Apakah yang akan dilakukan Evan?

"Benang merah dari kelima film pendek ini adalah individu indigo dan fenomena indigo yang mereka alami. Ada satu masa saya tidak percaya dengan fenomena indigo itu sendiri," ujar Donny Alamsyah. Tapi setelah ikut berproses mendalami ceritanya dan kini menyutradarai filmnya, Donny pun mulai memahami dunia indigo. Sebelumnya, Donny juga pernah berperan di trilogiĀ  Merah Putih, Darah Garuda, dan Hari Merdeka. Juga tampil memukau di The Raid.

(tre)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini