Film Habibie & Ainun Diputar di Malaysia di Acara AIFFA

Egie Gusman, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2012 23:12 WIB
https: img.okezone.com content 2012 12 12 206 731395 L0iAgO7HvY.jpg Habibie (Reza Rahardian) & Ainun (Bunga Citra Lestari) dalam sebuah adegan

JAKARTA - ASEAN International Film Festival and Award (AIFFA) 2013 merupakan penghargaan tertinggi perfilman untuk kawasan Asia Tenggara. Rencananya acara penghargaan tersebut akan digelar di Kuching, Sarawak, Malaysia, pada 28-30 Maret 2013.

Di ajang ini akan dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori film layar lebar dan film pendek.

“Ada dua katagori yang akan dimasukkan dalam festival yakni, kategori film panjang dan film pendek,” ujar Direktur proyek AIFFA 2013, Livan Tajang, saat jumpa pers di Gedung Graha Intiland, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2012).

Diakui Livan, Indonesia merupakan negara yang sangat mendukung penghargaan ini. Hal itu terbukti dengan hadirnya dua nama film yang ingin terlibat dalam penghargaan tersebut, di antaranya Cinta Tapi Beda besutan sutradara Hanung Bramantyo, dan film Habibie dan Ainun yang juga diproduseri oleh suami Zaskia Adya Mecca itu.

“Kedua film ini akan menjadi film pembuka di AIFFA nanti,” ucapnya.

Film kisah cinta Habibie dan Ainun akan menjadi film perdana yang akan disuguhkan dalam rangkaian acara festival tersebut. Namun hal itu bukan karena adanya isu politik Indonesia dan Malaysia.

“Film ini kan bukan rasis, enggak ada pornografi, selama ada di basic guide line kita akan tetap mengapresiasikan. Dan apapun yang terjadi di Indonesia atau yang terjadi di Malaysia tidak memiliki hubungan sama sekali dengan festival ini karena ini bukan politik," tegasnya.

Dia menambahkan, justru dengan film ini pihak penyelenggara ingin memberikan pesan yang baik, serta kedamaian. Apalagi dalam festival tersebut akan melibatkan sejumlah juri berpengalaman dari Hollywood dan Bollywood, termasuk direktur Bali Film Center, Deborah Gabinetti dan Founder Balinale Internasional Film Festival.

"Sebaliknya, dengan film kami ingin menyampaikan baik, harapan dan kedamaian,” tandasnya.

Para sineas perfilman Tanah Air juga bisa mengakses www.aseanfilmfest.com guna melihat katagori film panjang maupun film pendek yang telah terdaftar.

(tre)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini