Atambua 39 Derajat Celsius, Selami Nasib Pengungsi Timor Leste

Rama Narada Putra, Jurnalis · Selasa 06 November 2012 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 06 206 714222 vDN2JnKvUb.jpg Atambua 39 Derajat Celsius (Foto: Ist)

JAKARTA - Tiga tahun tidak menghasilkan karya, Riri Riza dan Mira Lesmana kembali berkolaborasi lewat film Atambua 39 Derajat Celsius. Atambua 39 Derajat Celsius adalah film yang berlatar belakang kehidupan pengungsi Timor Timur pascareferendum tahun 1999 di perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Di film yang berdurasi 90 menit itu, sutradara Riri Riza tak memasukkan nama aktor aktris yang dikenal masyarakat luas selama ini. Film ini diperankan oleh masyarakat lokal setempat seperti Gudino Soares sebagai Joao, Petrus Beyleto sebagai ayah Joao, Ronaldo dan Putri Moruk. Bagi Riri, dengan menggunakan masyarakat lokal dapat membawa suasana yang lebih autentik.

“Kami ingin mengajak penonton masuk ke dalam pengalaman yang baru saat menonton film ini. Kami ingin membawa mereka ke dalam suasana yang lebih autentik secara geografis maupun antropologis,” ucap Riri ditemui di PPHUI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 5 November 2012.

Film yang juga ditayangkan di Tokyo International Film Festival (TIFF) itu tak hanya menggunakan sumber daya lokal. Dalam film ini Riri juga tak mau melunturkan budaya lokal. Riri mencoba mengedepankan bahasa lokal mereka yang terancam punah.

"Kami sengaja sejak awal mendesain film dengan bahasa Atambua karena bahasanya sangat indah, sudah tidak terlalu banyak yang menggunakan jadi sebelum punah, banyak yang bisa mendengarnya. Saya ingin bisa dinikmati bahasanya," tandasnya.

(ega)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini