Dugaan Malapraktik, David "Peterpan" Sembuh 2 Tahun Lagi

Iman Herdiana, Jurnalis · Rabu 09 Mei 2012 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 09 33 626437 HTQIn72K6D.jpg David (Foto: ist)

BANDUNG- Sejak menjadi korban dugaan malapraktik, kondisi David "Peterpan" belum sembuh total. David mensomasi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, atas tuduhan malapraktik.

David menuturkan, setelah menjalani operasi batu empedu di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dirinya harus menjalani operasi perbaikan di Rumah Sakit Advent Bandung.

Operasi perbaikan dilakukan hingga tiga kali, karena operasi pertamanya di rumah sakit pemerintah itu membuat usus penyambung empedunya rapuh. Dokter dari RS Advent menduga ada kesalahan operasi ketika David menjalani operasi pertama di Rumah Sakit Hasan Sadikin itu.

"Total empat kali saya operasi. Di RS Advent sampai tiga kali operasi baru berhasil. Di sana dirawat satu bulan," tutur David di Jalan Lombok, Bandung.

Setelah menjalani operasi besar, David harus mengikuti rehab medik. Pada Agustus 2011 dia dinyatakan stabil meski masih menggunakan kursi roda. Saat ini, meski belum pulih 100 persen, David sudah bisa beraktivitas. Hanya saja kesibukannya dikurangi, di antaranya tidak boleh begadang, rajin makan sayuran, dan tidak boleh mengkonsumsi alkohol.

Meski sudah bisa beraktivitas, David mengaku kadang masih merasa sakit di perutnya. Menurut dokter RS Advent, kegagalan operasi pertamanya dulu membuat empedunya bocor dan meracuni organ perut David sehingga dalam operasi perbaikan di RS Advent, organ tubuh David harus diangkat dan dicuci.

"Kata dokter rasa sakit itu karena pengangkatan organ, ada zat yang hilang. Tapi dalam waktu setahun atau dua tahun lagi sakit itu akan hilang," terangnya.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini