Share

Christine Hakim: Jangan Terjebak dengan Hari Kartini

Rama Narada Putra, Jurnalis · Sabtu 21 April 2012 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 21 33 615931 r2C1DRlJyg.jpg (Foto Ist.)

JAKARTA - Aktris senior Christine Hakim menghimbau kepada para wanita Indonesia jangan sampai terjebak dengan perayaan hari Kartini setiap tanggal 21 April, yang cenderung sebatas seremonial saja.

"Saya, kita, boleh-boleh saja peringati hari Kartini. Tapi jangan terjebak, seolah-olah itu menjadi momentum kemajuan wanita indonesia," ucap Christine saat ditemui di Jakarta belum lama ini.

Christine mengeluhkan masalah emansipasi selalu ditonjolkan namun belum ada kemajuan yang berarti bagi wanita Indonesia.

"Saya melihat masalahnya yang ditonjolkan selalu emansipasi. Kok enggak maju-maju sih. Buat saya, seharusnya hari ibu yang memberikan inspirasi," ungkapnya.

Pemeran di film Eat, Pray, Love mengingatkan emansipasi bukan berarti seorang wanita harus menjadi pesaing pria. Melainkan, wanita memiliki multiperan yang tidak dapat dilakukan pria.

"Saya tidak ingin jadi saingan kaum pria, saya ingin menjaga kewanitaan saya yang tidak bisa dilakukan pria. Perempuan menjalankan multiperan sebagai ibu, pendidik, pendamping, partner, sebagai individu," terangnya.

(tre)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini