Trio Lestari Kritik Kondisi Bangsa lewat Lagu

Maria Cicilia Galuh, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2012 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 06 386 587837 qBOFyLvkG1.jpg Trio Lestari (foto: Maria Cicilia Galuh/Okezone)

JAKARTA- Kritik terhadap kondisi bangsa saat ini tidak hanya datang dari politisi saja. Tapi kritik juga bisa datang dari kalangan seniman, melalui lirik-lirik lagu seperti yang dulu pernah dilakukan Iwan Fals.

Kini, tiga musisi kenamaan, Gleen Fredly, Tompi, dan Shandy Shandoro membentuk Trio Lestari yang bertujuan menyampaikan kegelisahan mereka sebagai musisi terhadap kondisi bangsa saat ini.

Menurut mereka, mengkritik kondisi Indonesia dengan lirik lagu merupakan hal yang sangat tepat.

"Galau kritikal dan unity love inside. Kita meramu itu semua. Celetukan kami adalah misi. Kalau kita koar ayo kita selamatkan negara, orang pasti akan langsung keluar. Bawain soft aja," ujar Tompi belum lama ini.

Glenn menjelaskan, Trio Lestari memang memiliki konsep berbeda dengan grup vokal lainnya. Meskipun mengaku tidak selalu membicarakan tentang nasionalisme, namun mereka ingin agar masyarakat bisa memahami kondisi lingkungan sekitar melalui lagu.

"Ide awal bikin sesuatu yang beda. Enggak cuma kumpul untuk nyanyi, Kita adalah generasi yang cara mengekspriskan keadaan hari ini di panggung. Pop culture membridging keresahan kita. Musik speak louder di luar sana, bagi kegelisahan kita, jalani sama-sama," terang Glenn.

Masih menurut Glenn, sesungguhnya musisi adalah orang yang paling memiliki kekuatan untuk menarik massa dalam mencermati masalah yang melanda negeri ini. "Musisi adalah yang bisa menarik banyak massa antuk datang. Lihat kondisi bangsa dari perspektif kami. Satu jam manfaatin sebaik mungkin jadi misinya sampai," tutupnya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini