Share

Aom Kusman Selalu Jadi Aktor Kesayangan Produser

Iman Herdiana, Jurnalis · Sabtu 24 Desember 2011 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2011 12 24 33 546730 Ards3KcPXe.jpg Jenazah Aom Kusman (Foto: Iman Herdiana/okezone)

BANDUNG - Sepeninggal aktor kawakan Aom Kusman, menyimpan kesan tersendiri bagi produser maupun kalangan artis.

"Kang Aom itu disayang produser dan sangat pamiliar di kalangan artis," kata Ketua Forum Film Bandung (FFB) Eddy D Iskandar, kepada okezone yang ditemui di Bandung, Jawa Barat.

"Umumnya produser pilih dia, karena selalu ada peran yang cocok untuk almarhum. Orangnya enggak susah, lebih suka mendukung," tambahnya.

Terkahir kali Eddy bertemu dengan Aom Kusman ketika dia diganjar Anugerah Kebudayaan Kota Bandung, November 2011. Saat itu Eddy sendiri menjadi salah satu jurinya.

"Dia tipe orang yang ramah, suka nyapa duluan. Maka di Jakarta dia termasuk artis Jabar yang dekat dengan para artis," tuturnya.

Aom Kusman juga sosok multi talenta. Aktif melawak, mc, presenter radio, juga penyanyi. Eddy menuturkan, film yang dibintanginya di antaranya Serial Si Kabayan (1989), Jual Tampang (1990) dan Glen Kemon Mudik (1989).

Sebelum terjun di dunia film, lanjut Eddy, Aom Kusman sudah tenar di publik Bandung sebagai penyiar radio bersama sahabatnya, almarhum Kang Ibing. Konsep penyiaran yang diusungnya tergolong baru pada era 70-an itu. Dia menggabungkan humor sambil memutar lagu.

"Humornya disukai banyak orang. Saat itu dia jadi penyiar favorit. Persis Kang Ibing sahabatnya. Sulit dicari seniman seperti ini. Atensinya tinggi pada seni," tukasnya.

(efi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini