nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelawak Senior Sup Yusup Tutup Usia

Iman Herdiana, Jurnalis · Minggu 18 September 2011 13:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2011 09 18 33 503951 NAVkhcKhWI.jpg Sup Yusup (Foto: ist)
BANDUNG- Pelawak senior era 1950-an, Sup Yusup meninggal dunia di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, Sabtu kemarin pukul 19.45 WIB.

Sejak 28 Mei 2011 lalu, mantan personel grup lawak DeBodor dan 'Empat S' itu menderita diabetes dan radang paru-paru, sehingga almarhum harus keluar masuk rumah sakit.

Jaka Sutiasa putra Sup Yusup menjelaskan, kesehatan ayahnya menurun drastis sejak Jumat, 16 September malam. Saat itu almarhum sempat dibawa ke RSUD Ujungberung Bandung. Namun kondisinya terus memburuk. RSUD Ujungberung merujuk Sup Yusuf ke RSHS Bandung.

"Namun setelah mendapat perawatan, ayah dipanggil Yang Kuasa," ujar Jaka sedih.

Saat dibawa ke RSUD Ujung Berung, gula darah Sup Yusup mencapai 500 lebih. Menurut Jaka, setelah diobservasi ternyata di paru-paru Sup Yusup terdapat flek. "Karena pertimbangan peralatan di RSHS lebih lengkap maka bapak dirujuk ke sini (RSHS Bandung)," jelasnya.

Jaka menyebutkan, ayahnya sempat dirawat di RSUD Ujungberung. Pada Juni lalu sempat keluar dari RSUD. Saat itulah kondisi kesehatan Sup Yusuf tidak kunjung membaik.

"Bapak sudah sakit sejak 1995. Sebelumnya sudah empat kali bolak-balik masuk rumah sakit," tuturnya.

Rencananya, almarhum akan dimakamkan hari ini. Almahum meninggalkan seorang isteri Ling Ye Ping dan satu orang putra, Jaka Sutiasa.

Sup Yusup dikenal sebagai Mang Odon atau Si Jebleh setelah bermain dalam serial film Si Kabayan. Pada 1959 dia hijrah ke Bandung mendirikan Grup Lawak Empat S. Lalu pada 1971 pindah ke Jakarta bergabung dengan Ateng Iskak Grup.

Pada 1980-an, Sup Yusup mendirikan grup lawak D'Bodor bersama Abah Us Us. Pada 1991 dia pindah lagi ke Bandung bergabung dengan D'Kabayan (dengan almarhum Kang Ibing).

Sejak itu hingga akhir hayatnya, almarhum tetap bekerja di dunia lawak meski tak terikat grup lawak tertentu. Almarhum sering diundang menjadi MC di dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Herdiwan, membenarkan bahwa Sup Yusup meninggal. Dia mengaku, secara pribadi dan umumnya Jawa Barat sangat kehilangan atas meninggalnya pelawak senior tersebut.

"Meninggalnya Sup Yusup membuat dunia kesenian  khususnya di Jawa Barat kembali berduka. Almarhum meski berkiprah di tingkat nasional (Jakarta), tetapi lawakannya sangat khas," ungkapnya, saat dihubungi wartawan.

(rik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini