Tradisi Lebaran ala Rency Milano

Rama Narada Putra, Jurnalis · Sabtu 03 September 2011 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 27 34 497121 cGjUH8DpwT.jpg Rency Milano (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

JAKARTA - Tradisi Lebaran masing-masing orang berbeda. Sebut saja Rency Milano. Dia dan keluarga sudah tidak pernah melakukan ritual mudik ke kampung halaman di Medan, Sumatera Utara.

"Soalnya yang di kampung sudah pindah ke Jakarta semua. Yang di Medan enggak ada lagi, sudah tinggal di Jakarta semua. Sudah lama enggak ke Medan lagi," aku Rency yang ditemui di Hotel Le Grandeur, Mangga Dua, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Tak mudik, namun kakak Elma Theana ini tak melupakan tradisi silaturahmi dengan keluarga besar. Malah dia sangat menantikan hari Lebaran karena itulah momen bertemu seluruh anggota keluarga.

"Hanya saat Lebaran aku bisa ketemu sama semua sanak saudara. Silaturami sama keluarga, sama teman juga. Kalau sudah Lebaran rasanya senang banget. Biasanya di rumah mama, kadang di rumah Elma. Setelah itu keliling ke rumah tetangga, ke rumah saudara yang lain juga. Pernah pas Lebaran nonton ke bioskop, pernah juga ke Dufan karena bingung mau ke mana lagi," tuturnya.

Sama seperti kebanyakan keluarga Indonesia, Lebaran dijadikan hari bersantap aneka hidangan dengan keluarga. Demikian juga halnya dengan janda cantik ini. Dia dan Elma kebagian tugas memasak untuk kemudian dinikmati bersama keluarga.

"Biasanya Lebaran itu masak-masak bareng Elma buat hari pertama Lebaran. Kita bikin ketupat, lontong, masak ikan colo-colo, tempe orek, ikan tongkol cabai, sama emping. Itu sudah menjadi tradisi di rumah," bebernya.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini