Pemblokiran 4Shared Merugikan Sebagian Musisi

Maria Cicilia Galuh, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2011 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 08 386 489650 29hz5ojRXG.jpg Ilustrasi (Foto: infiniteunknown.net)

JAKARTA - Rencana penutupan situs 4shared oleh pemerintah tak menghapus pembajakan melalui online. Bahkan menurut Denny Syahkrie akan merugikan sebagian musisi.

Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring memberikan isyarat pemerintah segera memblokir situs unduhan musik yang dianggap ilegal. Sasaran utama situs besar seperti 4shared.com.

"Sekarang belum ada yang diblokir. Rencananya yang akan diblokir situs-situs top, misalnya 4shared," Tifatul ditemui usai launching mobil internet di Bandung, Jawa Barat, Senin (8/8/2011).

Menanggapi keputusan yang akan diambil pemerintah, Denny cukup menyayangkan karena para musisi yang tidak terikat dengan label akan kehilangan media promosi untuk lagu-lagunya.

“Lihat kepentingannya juga ya. Banyak diantara musisi kita yang menaruh karyanya disitus tersebut untuk promosi.  Kalau 4shared dihilangkan ya mereka yang menggunakan sarana tersebut akan rugi,” tutur Denny, kepada okezone melalui telepon.

Diakui Denny pembajakan di Indonesia memang sudah sangat parah, sehingga banyak musisi yang dirugikan dengan adanya situs unduh lagu ilegal. Tapi dia mengingatkan, pembajakan tak akan berhenti walau sudah ada situs yang diblokir.

“Tapi banyak juga kan musisi yang lagunya diambil secara membabi buta oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kasihan musisi yang dibajak habis-habisan, setidaknya penutupan tersebut untuk mencegah terjadinya piracy (pembajakan). Tapi ya namanya pembajak yang satu ditutup, ada aja kan cara lainnya,” jelasnya.

(tre)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini