Apa Kata Ayu Azhari tentang Hari Kartini?

Mahfiroh, Jurnalis · Kamis 21 April 2011 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 21 33 448767 butsSlqH3C.jpg Ayu Azhari (Foto:Koran SI)

JAKARTA - Ayu Azhari ikut buka suara tentang sosok Kartini. Di mata Ayu, Kartini merupakan pahlawan wanita yang memperjuangan kesetaraan gender dengan laki-laki.

Kakak Sarah Azhari ini merasa beruntung bisa lahir setelah zaman penjajahan. Lebih lanjut, dia mengatakan, perempuan banyak disudutkan dalam berbagai hal.

"Bicara hari Kartini, kita sangat beruntung lahir di masa sekarang. Karena perjuangannya (Kartini) kita bisa seperti ini, mensyukuri. Saat ini, perempuan sudah bisa setara dengan laki-laki. Bisa dilihat ada presiden, menteri, jabatan penting, anggota parlemen, sudah banyak perempuan dan malah lebih diutamakan," tutur Ayu kepada okezone, Kamis (21/4/2011).

Menurut ibu enam anak ini, posisi perempuan yang sama rata dengan lelaki saat ini tak hanya diperjuangan oleh Kartini.

"Dalam agama Islam, perempuan itu ditempatkan pada posisi yang mulia. Bayangkan saja kalau tidak ada perempuan, presiden pun tidak akan pernah ada karena beliau lahir dari rahim seorang perempuan. Selain itu, ibu dan nenek kita juga seorang pahlawan untuk keluarga kita yang harus kita hormati dan hargai. Mereka merupakan simbol perjuangan kesetaraan gender saat ini," bebernya.

Seperti apakah pandangan Ayu Azhari tentang RA Kartini yang namanya tersohor sejak masa penjajahan?

"Kartini adalah pahlawan perempuan yang menurut saya, dia dipilih sebagai pahlawan wanita karena pemikirannya mengenai kesetaraan yang ditujukan untuk semua perempuan Indonesia setelah dirinya," kata Ayu.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini