nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala KUA Tanah Abang Belum Mendata

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 07 Maret 2011 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2011 03 07 33 432307 0hxmDDDeOM.jpg KD & Raul Lemos. (Foto: Elang Riki Yanuar/okezone)

JAKARTA - Rencana akad nikah Krisdayanti (KD) dan Raul Lemos yang akan digelar di Hotel Grand Sahid, belum didata oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanah Abang.

“Belum ada pendataan. Prinsipnya, sebelum hari-H kalau aturan, sepuluh hari kerja,” ungkap Kepala KUA Tanah Abang, Jakarta Pusat, Dr Syahroni ditemui di kantornya, Senin (7/3/2011).

Dia menambahkan, jika kurang dari 10 hari kerja, bisa saja diproses suratnya, asal ada surat dispensasi dari Camat setempat.

“Apabila kurang dari sepuluh hari kerja, asal ada surat dispensasi dari Camat setempat, karena kurang dari sepuluh hari kerja,” tandasnya.

Syahroni pun belum bisa memastikan apakah langsung bertindak menjadi penghulunya. “Kita lihat, kalau jadi, lihat dokumennya apakah memenuhi syarat atau tidak,” tambahnya.

Selebihnya, Syahroni menjelaskan bahwa pernikahan berlainan warga negara ada dua macam, apakah orang luar negeri yang menetap di Indonesia, atau hanya menumpang nikah.

“Nah, kalau menumpang nikah itu, syaratnya paspor, izin Kedutaan Besar negaranya, surat tanda melapor diri di kepolisian (STMD), serta kedutaan Raul di Jakarta,” paparnya.

Dia menambahkan, surat dari kedutaan diperlukan dengan alasan ada izin dari negaranya bahwa si warga negara tersebut akan menumpang nikah dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

“Kedutaan kepentingannya harus dizinkan oleh negaranya, sistem hukum di negara masing-masing atau mendelegasikan dari kedutaannya,” imbuhnya.

Kabarnya, KD akan menggelar akad nikah sekira pukul 07.00 WIB di Masjid Sahid Nurul Iman, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, yang lokasinya di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Minggu, 20 Maret 2011. Sedangkan resepsi pernikahan rencananya digelar di Hotel Mulia Senayan, Jumat, 25 Maret 2011 malam.

(nov)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini