Laba 'Rumah Tanpa Jendela' untuk Kaum Duafa

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2011 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2011 02 24 206 428548 DaFQcxMjp6.jpg (Sumber: matasinema.org)

DEPOK - Keuntungan yang didapatkan dari hasil penayangan Rumah Tanpa Jendela, akan disumbangkan seluruhnya kepada kaum duafa.

Rumah produksi Matasinema bersama Aditya Gumay, dan MNC Group menggarap sebuah produksi film yang bertemakan kehidupan dan sosial tentang kisah hidup para yatim piatu dan anak-anak jalanan.

Film yang berjudul Rumah Tanpa Jendela tersebut diperankan juga diperankan langsung oleh anak-anak panti asuhan dan anak jalanan, serta anak–anak asuh dari Al Azhar.

Diskusi dan peluncuran film inipun digelar di SMAN 5 Sawangan Depok yang kebetulan juga tengah merayakan ulang tahunnya dengan berbagai pentas seni. Jalan dan ide cerita film tersebut disadur dari buku Rumah Tanpa Jendela yang ditulis oleh Asma Nadia.

Menurut perempuan yang awalnya dikenal sebagai cerpenis ini, film tersebut didedikasikan untuk penderita autis dan anak jalanan. Seluruh keuntungan film tersebut, kata Asma, akan didonasikan melalui lembaga sosial.

“Kami ingin menginspirasi masyarakat untuk memahami alur hidup anak-anak jalanan dan panti asuhan, kami juga mengajak para pemerhati film untuk mengapresiasi film yang lebih produktif dan inovatif. Film dan bukunya hari ini sudah diluncurkan, seluruh keuntungan akan didonasikan melalui lembaga sosial, Dompet Dhuafa,” katanya di SMAN 5 Sawangan, Depok, Kamis (24/03/11).

Film ini mengisahkan tentang Rara yang diperankan Dwi Tasya, gadis kecil berusia 8 tahun, sangat ingin mempunyai jendela di rumahnya yang kecil berdinding tripleks bekas di sebuah perkampungan kumuh tempat para pemulung tinggal di Menteng Pulo, Jakarta.

Si Mbok yang diperankan Ingrid Widjanarko, neneknya Rara  yang sakit-sakitan dan ayahnya, Raga yang diperankan Raffi Ahmad, yang berjualan ikan hias dan tukang sol sepatu. Mereka tidak cukup punya uang untuk membuat atau membeli bahkan hanya selembar daun jendela dan kusennya saja. Tak ketinggalan, peran Asih yang diperankan oleh Yuni Shara sebagai tante Rara.

Rumah Tanpa Jendela juga sudah mulai diputar hari ini. Di Depok, sejumlah bioskop seperti Depok Town Square (Detos) dan Plaza Depok juga sudah memutar film tersebut.

(nov)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini