Ayu Azhari Protes Orang Ketiga

Mahfiroh, Jurnalis · Minggu 02 Januari 2011 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2011 01 02 33 409571 igpkAgtCFN.JPG Ayu Azhari (Foto:Johan Sompotan/okezone)

JAKARTA - Ayu Azhari akhirnya buka suara perihal konflik dengan anak-anaknya. Ayu kurang suka dengan adanya campur tangan pihak ketiga yang ikut andil dalam masalah internal keluarganya.

Penuturan Ayu itu disampaikan oleh kuasa hukumnya Fahmi H Bachmid, SH, kepada okezone, Minggu (2/1/2011). Kata Fahmi, Ayu heran melihat ada pihak ketiga yang turut serta dalam konflik ibu dan anak.

"Ayu Azhari heran ada pihak yang mencampuri urusan internal Ayu sebagai ibu kandungnya dengan anak-anaknya. Seharusnya sebelum mencampuri urusan internal keluarga Ayu, mempelajari dulu legalitasnya. Harusnya memahami terlebih dahulu legalitas pihak yang memberikan kuasa. Berdasarkan Penetapan PN Jaksel No 330/Pdt.P/2007/PN Jaksel, keempat anak Ayu yakni Axel, Sean, Maryam dan Atiq di bawah perwalian Ayu. Yang secara yuridis berhak mewakili keempat anak tersebut adalah Ayu," paparnya.

Hal tersebut didasarkan pada ketentuan UU Perlindungan Anak dan KUHPerdata. "Ini aneh ada yang memberikan kuasa, namun legalitas yang bersangkutan tidak diakui oleh hukum di Indonesia. Sebaiknya dan seharusnya sebelum mencampuri urusan internal keluarga harus paham status dan kedudukan hukumnya dulu," urainya.

Fahmi menuding orang ketiga itu bisa diseret ke polisi karena melawan hukum dari sisi perdata dan pidana.

"Dengan kata lain telah terjadi perbuatan melawan hukum, baik dari sisi perdata, maupun pidana dan patut diduga telah terjadi tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan serta melawan hukum, karena pihak yang memberikan kuasa tidak diakui legalitas oleh hukum Indonesia. Dan anak-anak yang di bawah perwalian itu bisa melakukan perbuatan hukum jika diwakili walinya, yakni Ayu. Jadi kuasa yang diberikan adalah kuasa ilegal," urainya.

Ayu juga menyatakan keberatannya karena pola asuh terhadap anak-anaknya seolah dipersoalkan oleh pihak ketiga.

"Selama ini Ayu diam karena tidak mau melawan anaknya. Ayu tidak mau saling menyalahkan dengan anaknya. Tolong jangan ada pihak lain yang jadi penyebab Ayu saling menyalahkan dengan anaknya. Ayu bilang, enggak ada masalah dengan anak-anaknya. Hanya orang lain saja yang mencampuri urusan keluarganya," tegas Fahmi.

Tudingan Ayu ini diduga karena ada campur tangan kuasa hukum Sean, Dwi Ria Latifa SH. Sejak konflik Ayu dengan Sean dan Axel menjadi konsumsi media, Dwi Ria muncul sebagai pengacara yang disewa Sean. Tak hanya mengurusi kasus Sean, Dwi Ria juga menampung anak-anak Ayu untuk sementara waktu tinggal di rumahnya.

Apalagi, sudah hampir sebulan anak-anak Ayu (Sean, Axel, Atiq) tinggal di rumah Dwi Ria di Jalan Ki S. Mangunsarkoro No 4, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka menolak pulang ke apartemen Ayu sampai diterbangkan ke Finlandia.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini