Siuman, Sebagian Tubuh Robby Tumewu Lumpuh

Mahfiroh, Jurnalis · Rabu 03 November 2010 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 03 33 389290 3UY7fr9Kaw.jpg Robby Tumewu (Foto:Mahfiroh/okezone)

JAKARTA - Akhirnya, Robby Tumewu siuman setelah koma diserang stroke. Meski sudah sadar 100 persen, anggota tubuh Robby belum bisa digerakkan 100 persen.

"Kalau sadar bisa dikatakan 100 persen, tetapi kalau tubuh masih 60 persen karena kalau stroke pasti ada kelumpuhan. Kami tetap melakukan terapi untuk kesembuhannya," papar Dr Rubyana, ahli saraf, yang ditemui di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan, Selasa (2/11/2010).

Robby mulai menjalani perawatan di RSPI sejak 15 Oktober. Perancang busana sekaligus aktor itu dilarikan ke rumah sakit karena diserang stroke.

"Kita melakukan operasi. Tiga hari setelah operasi, oleh tim dokter dia sengaja tidurkan di  ICU. Setelah sadar seminggu kemudian kita pindahkan ke ruangan. Dia kena stroke, pembuluh darah di otak sebelah kiri pecah. Jadi, kita angkat," urainya.

Seleb kelahiran Bandung, 4 Desember 1953 itu harus menjalani serangkaian terapi agar sembuh, yaitu fisioterapi dan terapi bicara. Fisiotrapi difokuskan pada fisik, sementara terapi bicara difokuskan pada bahasa.

"Pembuluh darah otak sebelah kiri pasti berdampak pada bahasa, sikap ekspresifnya masih masiv, agak terganggu bicaranya karena masih sulit bicara," kata Dr Laura, ahli rehabilitasi medik.

Saat ini, kondisi pemain Lenong Rumpi itu sudah bisa diajak bicara, kontak mata, tertawa, tapi belum bisa mengucapkan kalimat.

"Komunikasi untuk pengertian sudah baik, tetapi untuk pengucapan memang belum sepenuhnya baik. Karena pembuluh darah sebelah kiri pecah, jadi agak sulit bicara. Tetapi semangatnya untuk sembuh sangat baik," imbuh Laura.

Andang Gunawan, perwakilan dari keluarga Robby, ikhlas menerima bila pemain film Tri Mas Getir itu tidak bisa pulih 100 persen.

"Dia bisa pulih, tapi tidak 100 persen. Dia ada kemauan untuk sembuh. Saya dan keluarga minta doa untuk kesembuhan Robby," harapnya.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini