nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sarah Sechan Bingung Ditanya Soal Mendidik Anak

Johan Sompotan, Jurnalis · Minggu 01 Agustus 2010 11:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 07 30 34 358270 DtAAjskFic.JPG Sarah Sechan (Foto:Johan Sompotan/okezone)

JAKARTA - Sarah Sechan merupakan ibu dari seorang anak laki-laki yang kini berusia enam tahun. Meski sudah menjadi ibu, Sarah tetap bingung kalau ditanya soal tips mendidik anak.

"Waduh, saya jadi orangtua aja baru sekarang. Baru punya anak satu. Baru enam tahun lagi. Jadi kalau disuruh kasih tips, ya enggak tahu gimana. Saya juga masih belajar, nanya ke kiri, ke kanan, ke mama juga. Buat saya, mau Rajasa (anak Sarah) menjalani proses hidupnya aja. Saya enggak mau terlalu banyak mengatur dalam hal disiplin. Biarkan dia melilih dan merasakan semua," tutur Sarah, belum lama ini.

Mantan VJ MTV ini bercerita, Rajasa kini sudah duduk di bangku kelas 1 SD. Seperti anak zaman sekarang lainnya yang pandai dan kritis, Rajasa pun sama.

"Dia sudah bisa baca, sudah bisa debat sama ibu dan ayahnya. Sudah bisa sok-sokan kasih nasehat, sudah bisa macam-macamlah. Sudah banyak ingin tahunya," kata dia.

Dalam mendidik anak, Sarah lebih suka membebaskan. Tetap mengontrol, tapi tidak dengan cara keras. Sarah dan suami bukan tipe orangtua diktator yang suka memaksakan kehendak kepada anak.

"Kami membiarkan dia memilih. Misalnya, milih mau les apa. Dia memilih taekwondo sama berenang. Ekskul di sekolah juga biar dia yang memilih. Kalau weekend pergi makan, kita juga tanya ke dia mau makan apa. Kita selalu libatkan dia supaya terbiasa kasih pendapat," bebernya.

Sarah juga kerap memberikan hadiah bila Rajasa berbuat hal baik. Daripada memberikan hukuman, Sarah lebih senang memberikan reward.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini