nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olivia Zalianty Donor Darah Sejak SMA

Tomi Tresnady, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2010 15:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 03 10 34 311217 8Z15hWNwAC.jpg Olivia Zalianty. (Foto: Johan Sompotan/okezone)

JAKARTA - Olivia Zalianty terus membiasakan diri untuk mendonorkan darah. Budaya ini dimulai sejak dia duduk di bangku SMA.

“Aku itu donor sejak SMA, karena sering disosialisasikan di sekolahku. Aku sering ajak teman, tapi mereka agak malas untuk bangun pagi,” papar adik Marcella Zalianty ini ditemui di HUT Parfi ke-53 di PPHUI, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (10/3/2010).

Sebagai orang yang terbiasa bangun pagi, Olivia tak mau melewatkan waktu berolahraga di pagi hari. Dia mengatakan donor darah itu bermanfaat bagi kesehatan si pendonor, selain juga untuk membantu sesama.

“Untuk kesehatan itu (donor darah) harus dan untuk bantu sesama, karena darah itu kan engga bisa digantikan kayak barang yang hanya tinggal dibeli di toko,” ujarnya.

Menurut cewek yang pernah mendalami ilmu teater di China ini, donor darah itu aman karena sebelumnya diperiksa dulu kesehatan si pendonor. Sayangnya di kesempatan donor darah kali ini, Olivia harus absen karena sedang ‘datang bulan’.

“Aku lagi halangan, jadi enggak memenuhi syarat untuk donor. Tadi aku cuma cek tensi darah saja, Alhamdulillah aku sehat,” kata dia.

Olivia menyarankan agar donor darah dijadikan gaya hidup, termasuk bangun pagi dan olahraga. Dia menambahkan kalau donor darah disarankan tiga bulan sekali.

Meski tak secara gamblang mengakui, menurut Olivia, takut atau tidaknya dengan jarum suntuk adalah identik. Justru dia memberi tips kepada orang-orang yang takut sama jarum suntik namun ingin berpartisipasi donor darah.

“Kalau lihat jarum pasti akan takut, jadi sebaiknya jangan dilihat saja. Pokoknya donor itu harus jadi lifestyle untuk anak muda sekarang,” pungkasnya.

(nov)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini