Inilah Artis Asing yang Wafat di 2009

Rosa Anggreati, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2009 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 31 33 289954 vYgHJLnNPa.jpg David Carradine (Foto:Ist)

LOS ANGELES - Selama 12 bulan di tahun 2009, tercatat sembilan artis asing meninggal dunia. Kematian mereka membuat publik terhenyak sekaligus meninggalkan duka mendalam. Siapa saja mereka?

Natasha Richardson

Artis kelahiran 11 Mei 1963 ini menjadi artis pertama yang meninggal di tahun 2009. Kematian Natasha diawali dari kegiatan berlatih ski di Quebec, Kanada, 16 Maret. Di tengah latihan, mendadak dia terpeleset dan jatuh. Kecelakaan tersebut menjadi fatal karena artis berkebangsaan Inggris ini tidak mengenakan helm. Bintang film The Parent Trap itu baru merasakan kepalanya sakit beberapa saat setelah jatuh dan kemudian koma. Dua hari kemudian, 18 Maret, Natasha menghembuskan napas terakhir. Penyebab kematiannya karena benturan benda tumpul di kepala yang mengakibatkan terjadi pendarahan di antara tengkorak dan otak.

Lucy Gordon

Bintang film Spider-Man 3 ini meninggal dengan tragis. Lucy bunuh diri pada 20 Mei, dua hari menjelang ulang tahunnya ke-29. Jenazah Lucy kali pertama ditemukan kekasihnya, Jerome Almeras, tergantung di apartemen mereka di Paris. Motivasi bunuh diri aktris muda itu tidak pernah terkuak. Sebelum memutuskan mengakhiri hidup, Lucy sempat menulis dua catatan yakni untuk orangtua dan satu lagi mengulas tentang harta peninggalannya.

David Carradine

Aktor gaek ini meninggal pada 4 Juni. Tubuhnya ditemukan di atas kloset kamar hotel Swissotel Nai Lert Park, Bangkok, Thailand. David berada di Bangkok untuk menyelesaikan syuting film Stretch. Ketika ditemukan, mayat bintang film Kill Bill itu tengah duduk dengan tali kuning menjerat leher dan alat kelaminnya. Diduga bintang Kung Fu itu meninggal karena kesulitan bernapas saat onani.

Michael Jackson

Kematian Michael Jackson pada 25 Juni paling menyedot perhatian. Setelah Elvis Presley, wafatnya Michael paling fenomenal. Pria yang kerap dipanggil Jacko itu meninggal pada 25 Juni. Dia ditemukan tak sadarkan diri di rumahnya karena gangguan jantung dan langsung dilarikan ke UCLA Medical Center. Sebelum dilarikan ke rumah sakit, dokter pribadi Michael, Dr Conrad Murray, sempat melakukan CPR. Dari autopsi dan penyelidikan polisi disimpulkan bahwa pemilik album Thriller itu meninggal tidak wajar. Melainkan karena over dosis obat penghilang nyeri dan penenang, propofol yang melebihi dosis.

Farah Fawcett

Bintang serial Charlie's Angels ini meninggal di hari yang sama dengan Michael Jackson, 25 Juni. Dia wafat pada usia 62 tahun setelah perjuangan panjang melawan kanker dubur. Farah sempat menjalani kemoterapi beberapa tahun lalu untuk menyembuhkan kanker. Dia didiagnosis menderita kanker dubur pada September 2006. Empat bulan kemudian, Farah menyatakan dirinya bebas kanker, tapi penyakit tersebut kambuh lagi pada Mei 2007.

DJ AM

Pria berprofesi DJ ini meninggal pada 28 Agustus. Usianya baru 36 tahun ketika ditemukan tewas di apartemennya di New York. DJ AM meninggal karena overdosis obat. Kematiannya terungkap setelah seorang teman DJ AM meminta polisi mendobrak apartemen pria bernama lengkap Adam Michael Goldstein itu karena DJ AM sulit dihubungi beberapa hari terakhir. Kematian DJ AM ini mengagetkan. Apalagi sebelumnya dia pernah lolos dari maut dalam kecelakaan pesawat jet bersama temannya, Travis Barker, September 2008.

Patrick Swayze

Bintang film Ghost ini meninggal pada 14 September. Patrick meninggal di usia 57 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker pankreas yang diderita sejak Maret 2008. Walau diserang kanker, aktor yang meroket lewat film musikal Dirty Dancing (1998) itu pantang menyerah. Dia tetap bekerja dengan membuat memoar bersama sang istri dan syuting film drama seri The Beast.

Stephen Gately

Personel Boyzone ini meninggal pada usia 33 tahun, 10 Oktober ketika tengah berlibur bersama kekasihnya, Andrew Cowles, di Majorca, Spanyol. Sebelum meninggal, sejumlah teman melihat Stephen menenggak minuman. Kemudian tertidur dan tak bangun lagi. Pria pecinta sesama jenis ini meninggal karena atheromatosis, disebabkan oleh pembuluh nadi yang membengkak.

Brittany Murphy

Menjelang tutup tahun, Brittany Murphy wafat pada 20 Desember. Setelah mengalami serangan jantung, Brittany meninggal di usia ke-32 di Pusat Kesehatan Cedars-Sinai, Beverly Hills, Amerika Serikat. Sang bunda, Sharon, menemukan bintang film 8 Miles itu terbaring tak sadarkan diri di kamar mandi.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini