Backspacer, Nuansa Balad ala Pearl Jam

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Kamis 12 November 2009 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 12 211 274831 RyzahSm4Aa.jpg Sampul album Backspacer, Pearl Jam. (Foto: Pearl Jam Official site)

PEARL JAM (PJ) is back! Setelah tiga tahun tak terdengar kabarnya, PJ kembali meluncurkan album terbaru mereka yang kesembilan, Backspacer. Album dari band yang digawangi Eddy Veddr (vokal), Jeff Ament (bas), Mike Mccready (gitar), Stone Gossard (gitar), dan Matt Cameron (drum) ini penuh nuansa pop dan new wave.

Berbeda dari album-album sebelumnya, kali ini PJ membawakan lagu-lagunya dengan beat sedikit riang walaupun liriknya terdengar sendu dan penuh keoptimistisan. Backspacer adalah album Pearl Jam yang pertama kalinya dirilis semenjak mereka teken kontrak dengan label baru (Universal Music/Island Records).

Kembali ke album, Backspacer diakui PJ merupakan album yang berbeda, karena mereka memasukkan lebih banyak unsur balad yang bernada riang dan bahkan terdengar casual.

Di samping itu, lirik-lirik yang disuguhkan band asal negara bagian Washington, Amerika Serikat itu juga menarik, semangat, dengan penuh dengan keoptimistisan. Bahkan, mereka sempat terinspirasi membuat lirik dari pemilihan presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Adapun di album ini, Vedder-lah yang khusus menciptakan lirik-lirik yang penuh dengan semangat ini, sejak terakhir dia membuat lirik di album Vitalogy dirilis pada 1994. Dengar saja lagu Gonna See My Friend yang menuturkan tentang "drug song" dan bagaimana melalui lagu ini PJ mencoba mengajak teman-teman mereka untuk menjauhi obat-obatan terlarang.

Sementara lagu Just Breathe menceritakan tentang cinta dan merupakan satu-satunya lagu yang mendekati tema cinta. Lagu ini berkisah tentang saat seseorang bahagia, dan dalam kehidupannya mendapatkan momen tepat kemudian mereka mengambil "nafas" sejenak untuk menikmati momen tersebut.

Di sisi lain, tampilan cover PJ terbilang nyeni. Cover album mereka yang dibuat oleh seorang kartunis ini digunakas atas dasar sayembara yang dilakukan PJ dalam website mereka. Selain itu, arti dari cover PJ ini terdiri dari sembilan art work yang mewakili konten yang mewakili website mereka.

Hmm... tampaknya PJ tak menyia-nyiakan waktunya untuk melakukan promosi. Vedder sendiri mengatakan bahwa arti dari Backspacer sendiri yakni ada waktu di mana seseorang kembali ke masa lalu mereka dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah mereka buat.

Uniknya, Backspacer juga diartikan sebagai "punggung belakang kura-kura", di mana mereka bekerja sama dengan salah satu lembaga lingkungan internasional dan sebuah majalah serta mendedikasikannya untuk kehidupan kura-kura di dunia.

Secara keseluruhan, lagu-lagu PJ sekarang memang tidak terdengar ritme grunge yang menggigit, namun kerinduan kita akan Pearl Jam pastinya bakal terobati. Berminat mendengar?

Song's Track:

1. Gonna See My Friend

2. Got Some

3. The Fixer

4. Johnny Guitar

5. Just Breathe

6. Amongst the Waves

7. Unthought Known

8. Supersonic

9. Speed of Sound

10. Force of Nature

11. The End.

(nov)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini