nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Janda John Lennon Lelang Lukisan Peduli Autisme

Nurfajri Budi Nugroho, Jurnalis · Jum'at 03 April 2009 11:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2009 04 03 33 207406 PtYuA2ix9W.jpg (charitybuzz.com)
NEW YORK - Yoko Ono, janda salah personel The Beatles John Lennon, memperkenalkan sebuah lukisan dinding (mural) yang akan dilelang dalam rangka memperingati Hari Peduli Autisme Dunia. Lukisan itu terdiri dari 67 keping puzzle yang membentuk gambar awan di langit.

Artis dan musisi Jepang berusia 76 tahun ini membuat karya mural dari bahan akrilik setinggi tujuh kaki yang diberi nama 'Promises'. Setiap keping dari 67 potongan puzzle itu akan dilelang dengan harga pembukaan USD1.000 melalui situs www.charitybuzz.com/yoko.

"Ketika saya pertama kali membuat karya seni untuk peduli autisme, saya terkejut ternyata keadaannya sangat serius di seluruh dunia, terutama di kalangan anak-anak kita," kata Ono saat peluncuran lelang di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, dikutip dari Reuters, Jumat (3/4/2009).

"Hasil kerja saya, 'Promises', menyimbolkan bahwa kita memegang sekeping dari puzzle ini dan kita harus bekerja untuk meningkatkan kepedulian, dana untuk penelitian, dan mengadvokasi keluarga yang mengalami autisme," kata dia, sembari menambahkan bahwa 67 potongan menggambarkan 67 juta orang yang menderita autisme di seluruh dunia.

Asal tahu saja, lebih dari 100 kegiatan digelar di 35 negara di seluruh dunia pada Kamis kemarin, untuk memperingati Hari Peduli Autisme Dunia.

Autisme adalah gangguan perkembangan, terutama pada anak-anak, yang berakibat tidak dapat berkomunikasi dan tidak dapat mengekspresikan perasaan dan keinginannya, sehingga perilaku hubungan dengan orang lain terganggu. Sejauh ini belum diketahui penyebab penyakit itu dan belum ada obatnya.

(jri.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini