18 Artis Cerai, Rata-Rata karena Orang Ketiga

Finalia Kodrati, Jurnalis · Selasa 23 Desember 2008 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2008 12 22 33 176076 lhhUK1S6lw.jpg Ariel & Sarah (Foto:Johan/Okezone)

JAKARTA - Kehidupan selebriti Indonesia di tahun  2008 masih diwarnai kasus perceraian. Tak jarang perceraian itu mengandung kontroversi dan sensasi. Jika dirata-rata penyebabnya orang ketiga.

Ariel 'Peterpan' & Sarah Amalia

Perceraian Ariel dengan Sarah Amalia bisa dibilang perceraian yang paling menghebohkan. Bagaimana tidak, sejak menikah 30 Januari 2005, rumah tangga pasangan ini tak pernah sepi dari gosip ketidakharmonisan. Juga isu kehadiran orang ketiga.

Nama-nama artis wanita seperti Luna Maya, Andhara Early serta Bunga Citra Lestari pernah menghantui kehidupan rumah tangga pasangan yang telah dikaruniai satu anak tersebut.

Sebelum menikah dengan Sarah, Ariel sedang mabuk asmara dengan Luna Maya. Keduanya dikabarkan masih menjalin hubungan secara diam-diam. Tak heran, bila nama Luna kemudian dituding menjadi duri dalam rumah tangga Ariel dan Sarah.

Jengah dengan pemberitaan, Sarah memutuskan meninggalkan rumah Ariel di Bandung dan memilih tinggal di Jakarta dengan putri semata wayangnya, Allea Anata. Setelah melewati berbagai masalah, akhirnya bertepatan dengan hari Valentine, Ariel mengajukan permohonan talak terhadap Sarah di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Tanggal 27 Mei, Ariel resmi menyandang status 'duda keren'.

Setelah bercerai, Ariel kembali dekat dengan Luna Maya. Ariel juga tidak menampik kedekatan mereka mulai menjurus ke arah yang serius.

Bambang Trihadmodjo dan Halimah Agustina Kamil

Pasangan lain yang juga penuh kontroversi adalah Bambang Trihadmodjo dan Halimah Agustina Kamil. Perceraian mereka menyita perhatian publik. Kehadiran penyanyi Mayangsari dituding menjadi penyebab keretakan rumah tangga pasangan tersebut.

Perceraian pasangan ini berjalan alot. Setelah pengadilan Agama Jakarta Pusat mengabulkan permohonan talak Bambang Tri pada 16 Januari, Halimah tidak tinggal diam. Ibu tiga anak ini mengajukan banding pada 29 Januari ke Pengadilan Tinggi Agama. Hasilnya pun positif. Banding Halimah dikabulkan. Terhadap hasil banding, Bambang Tri langsung mengambil langkah seribu. Pengusaha ternama ini mengajukan kasasi atas banding Halimah.

Ahmad Dhani & Maia Estianty

Dan yang tak kalah hebohnya adalah perceraian pasangan musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Konflik rumah tangga pasangan yang telah dikaruniai tiga orang putra itu tak pernah berhenti dari perseteruan. Mulai saling tuding, isu perselingkuhan, hingga perebutan anak dan harta mewarnai persidangan cerai mereka.

Setelah melalui persidangan panjang dan melelahkan sejak 2007, akhirnya 23 September 2008, Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan gugatan cerai Maia dan menjatuhkan hak asuh anak kepada pentolan Duo Maia ini. Hal itu menjadi tamparan keras buat Dhani karena keputusan itu membuat dirinya dianggap kalah dari Maia.

Dhani tak menyerah, dia mengajukan banding atas putusan Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Dia juga tidak menyerahkan ketiga anaknya kepada Maia begitu saja. Justru sebaliknya, pelantun Ingat Kamu itu dipersulit untuk bertemu anak-anak.

Entah sampai kapan perseteruan mereka akan berakhir. Yang jelas saat ini, Maia berusaha mengalah karena dia tak ingin anak-anaknya menjadi korban dalam perceraian mereka.

Tora Sudiro & Anggraini Kadiman

Perceraian Tora Sudiro dengan Anggraini Kadiman alias Anggi tak kalah menarik. Sebelum bercerai, sudah banyak yang memprediksi biduk rumah tangga pasangan yang menikah 14 Maret 1999 ini akan berakhir.

Maklum saja, gosip perselingkuhan sudah lama menggoyang bahtera rumah tangga mereka. Bukan rahasia lagi bila bintang Otomatis Romantis itu disinyalir memiliki hubungan yang istimewa dengan aktris Mieke Amalia. Keduanya dikabarkan terjerat cinta lokasi pada saat syuting Extravaganza.

Kehadiran Mieke membuat Anggi gelisah. Apalagi isu kedekatan itu dibarengi perubahan drastis yang nyata dalam diri Tora. Pria yang terkenal cuek ini menjadi jarang pulang ke rumah. Setelah dua tahun pisah rumah, kesabaran Anggi habis. Dia nekad melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Depok pada 22 Oktober lalu dengan nomor perkara 1055/PDT.G/2008/PA DPK.

Pasha 'Ungu' & Okie Agustina

Di penghujung 2008, Pasha 'Ungu' dan Okie Agustina membuat kejutan. Tak ada angin tak ada hujan, Okie melayangkan gugatan cerai kepada Pasha di Pengadilan Agama Bogor pada 20 November. Isu orang ketiga juga mengguncang rumah tangga pasangan tersebut.

Vokalis Ungu itu dikabarkan menjalin hubungan terlarang dengan Acha Septriasa. Kabarnya, Pasha dan mantan pacar Irwansyah itu sudah sering jalan berdua. Hubungan mereka juga sudah diketahui banyak orang. Apalagi pada saat Acha merayakan hari ulang tahun, Pasha memberikan hadiah spesial untuk Acha.

Tak hanya Acha, pria kelahiran 27 November 1979, itu juga dikabarkan memiliki hubungan khusus dengan penyanyi Aura Kasih. Pelantun Demi Waktu ini disebut-sebut sering mengunjungi rumah kos penyanyi seksi tersebut. Saat ini, perceraian mereka telah memasuki persidangan. Okie tetap keukeuh bercerai dari Pasha, padahal tengah hamil tua. Melihat kebulatan hati sang istri, Pasha hanya bisa pasrah.

Itu tadi yang masuk kategori sensasional dan kontroversial. Artis berikut ini juga masuk catatan okezone, artis yang cerai pada 2008.

Saipul Jamil & Dewi Persik

Pada 14 Januari, Saipul Jamil menjatuhkan talak terhadap Dewi Persik.

Yulia Rahman & Luvie Triadi

Pada 16 Januari, Yulia Rahman resmi menyandang status janda. Bayang-bayang orang ketiga juga hadir dalam perceraian Yulia Rahman dengan Luvie Triadi. Tudingan mengacu pada ilusinonis Demian Aditya yang terhitung sejak 19 Desember resmi menjadi suami baru Yulia.

Sarah Vi & Sofie Agil

Pada 30 Januari, Sarah Vi menjanda. Perceraian bintang Inem Pelayan Seksi ini diwarnai perebutan anak.

Yessy Gusman & Syahrudin Butong

Artis senior Yessy Gusman resmi bercerai dari Syahrudin Butong yang menjadi suami keduanya pada 10 Maret. Yessy tega mencerai Syahrudin yang kala itu tengah mendekam di LP Cipinang karena terlibat kasus pembalakan liar.

Rahma Azhari & Alfay Diah Rauf

Rahma Azhari menyandang status janda pada 13 Maret 2008. Perceraian ini terjadi lantaran Rauf terkejut karena anak yang dilahirkan Rahma berdarah bule. Sebelum mengajukan gugatan cerai, Rahma dan Rauf terlebih dulu terlibat pertengkaran di sebuah kafe.

Willy Dozan & Chika Ravieta

Pada 8 Mei, aktor laga Willy Dozan mengukuhkan diri menjadi duda untuk ketiga kali. Willy menceraikan Chika Ravieta karena merasa tidak ada kecocokan lagi. Padahal, pernikahannya baru seumur jagung. Belum genap setahun.

Yuni Shara & Henry Siahaan

Di tahun ini Yuni Shara harus menghadapi kenyataan pahit. Rumah tangganya dengan Henry Siahaan tak bisa dipertahankan lagi. Keduanya memutuskan bercerai secara baik-baik di Pengadilan Negeri Jakarta selatan. Pada 17 Juni, kakak kandung Krisdayanti ini resmi menyandang status janda untuk kedua kali.

Kristina & Al Amin Nur Nasution

Dikhianati dan sakit hati karena diduakan, pada 9 Juli, Kristina melayangkan gugatan cerai terhadap Al Amin Nur Nasution. Pelantun Jatuh Bangun ini sudah tidak menemukan kebahagiaan dalam perkawinannya. Kristina semakin mantap bercerai dari suaminya setelah mendengarkan isi rekaman percakapan antara Amin dengan Sekwilda Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, di Pengadilan Tipikor.

Melalui rekaman itu terungkap Al Amin memesan seorang perempuan untuk menemaninya. Ini kali kedua Kristina melayangkan gugatan cerai. Bila pada gugatan pertama Amin berhasil meluluhkan Kristina, untuk kali ini hati Kristina terlanjur beku dari rayuan maut politisi asal jambi tersebut.

Marcell & Dewi Lestari

Perceraian juga menimpa rumah tangga Marcell dan Dewi Lestari. Keduanya bercerai pada 3 September, di Pengadilan Negeri Bale Bandung, Jawa Barat.  Sama dengan kasus perceraian selebriti lainnya, kehadiran wanita dan pria idaman lain dianggap sebagai salah satu penyebab rumah tangga sesama musisi itu berakhir. Kini, keduanya sama-sama telah memiliki pasangan baru.

Andhara Early & Cesa David Lukmansyah

Andhara Early kembali harus menghadapi kegagalan rumah tangga. Pernikahan keduanya dengan Cesa David Lukmansyah kandas di pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Early menggugat cerai pria yang berprofesi sebagai editor film itu pada 15 Agustus. Perceraian pasangan ini disinyalir karena Early memiliki hubungan khusus dengan salah satu personel The Changcuters. Early tak mau menanggapi isu tersebut.  Presenter berwajah imut ini diputus resmi menjanda untuk kedua kalinya pada 18 Desember.

Rizky 'The Titans' & Ratna Damayanti

Rizky 'The Titans' menambah jajaran vokalis band yang mengakhiri rumah tangga dengan perceraian. Rizky digugat cerai Ratna di Pengadilan Agama Bandung, Jawa Barat, pada 7 Oktober. Hobi Rizky yang senang bergonta-ganti wanita menjadi salah satu penyebab cerai.

Edo Kondologit & Niar Septia Cahyana (Keko)

Rumah tangga Edo Kondologit juga menghadapi perceraian. Pernikahan dengan sang istri yang telah berjalan selama 12 tahun tak bisa dipertahankan. Pria asal Papua ini menggugat cerai istrinya di Pengadilan Negeri Tangerang pada 18 September.

Aris 'Idol' & Fanny

Terbilang masih artis bau kencur, Aris 'Idol' sudah berani meramaikan media dengan berita perceraian. Dia digugat cerai Fanny pada 26 November di Pengadilan Agama Bekasi. Fanny mantap mengajukan gugatan cerai karena memergoki suaminya menggandeng  mesra wanita lain. Sidang perceraian keduanya masih akan berlangsung di tahun 2009 mendatang.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini