Susan Bachtiar, Masa Kecil Tak Pernah Rayakan Imlek

Finalia Kodrati, Jurnalis · Kamis 07 Februari 2008 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2008 02 07 34 81662 pxAdwJs1JY.jpg Susan Bachtiar (foto:dok.KSF)

JAKARTA - Model berdarah Tionghoa, Susan Bachtiar ternyata tak pernah merayakan Imlek sejak masih kecil. Susan baru mengenal Imlek setelah menikah.

"Dari kecil memang tidak ada tradisi Imlek di keluarga saya. Hanya, setiap malam Imlek ayah berdoa, tapi dia tidak mengajarkan kepada kami. Yang saya tahu tahun baru cuma 1 Januari," ungkap Susan yang ditemui di kawasan Ancol, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

Setelah menikah, pemain film Perempuan Punya Cerita itu mulai mengenal Imlek. Suaminya mempunyai tradisi merayakan Imlek. Susan pun ikut serta.

"Arti Imlek buat saya adalah makan-makan, kumpul dengan keluarga, dan bagi-bagi angpao. Karena dulu nggak pernah merayakan Imlek, saya nggak pernah dapat angpao. Setelah menikah, saya bagi-bagi angpao ke orang-orang," tuturnya.

Dalam memberikan angpao, Susan membiasakan diri membuat daftar nama orang-orang yang akan diberi.

"Imlek tahun ini saya akan memberikan angpao untuk 30-40 orang. Ini sudah saya lakukan setiap tahun. Orang yang menerima angpao biasanya keluarga, pembantu, dan sopir. Saya ingin mereka nggak melihat dari nominalnya, tapi melihat dari ketulusan berbagi rezeki," katanya.

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini