Warga China Akui "Rasa Sayange" Lagu Indonesia

Johan Sompotan, Jurnalis · Selasa 06 November 2007 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2007 11 06 33 58787 ldTgrbV5wa.jpg

JAKARTA - Kontroversi lagu Rasa Sayange yang diklaim Malaysia sebagai lagunya, dipatahkan Dwiki Dharmawan. Kata musisi ini, masyarakat China mengakui Rasa Sayange adalah lagu dari Indonesia.

"Perlu saya tegaskan, lagu Rasa Sayange sangat terkenal dan kental dengan budaya Indonesia. Bahkan, semua masyarakat China mengakui lagu tersebut milik kita," jelas Dwiki di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, belum lama ini.

Pengakuan Dwiki bukan sembarang mengaku. Suami penyanyi Ita Purnamasari yang sering menggelar konser ke luar negeri, termasuk China, ini mendengarnya langsung dari warga negeri Tirai Bambu itu.

"Negara Malaysia terlalu berani. Saya berharap agar Malaysia mempunyai etika yang baik. Sebelum mengaku-aku, mereka harus menyelidiki lebih dahulu asal lagu tersebut. Ke depannya, saya berharap Indonesia harus lebih waspada lagi," tandasnya.

Dwiki bersama Ita Purnamasari dan Krakatau Band akan pentas di Beijing, China, pada 7 November. Mereka akan membawakan lagu-lagu khas Indonesia, antara lain Ilir-Ilir, Janger, Yamko Rambe Yamko, Impen Impenan, dan Rasa Sayange.

"Konser kali ini kita paling nervous (gugup) karena sangat prestisius dan ini terbesar selama saya mengadakan konser di luar negeri. Di sana bakal ada pemain-pemain dunia dan disaksikan 1.000 orang," ucapnya.

Foto:Johan Sompotan/okezone

(ang)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini