Share

Tuntutan Tak Dipenuhi, 'Mr. Smith' Ungkap 'Sogokan' HBO

Siska Maria Eviline | Jum'at, 11 Agustus 2017 - 11:46 wib
Games of Thrones, salah satu film yang dibocorkan peretas ke Internet. (Foto: HBO)

Games of Thrones, salah satu film yang dibocorkan peretas ke Internet. (Foto: HBO)

LOS ANGELES – Masih ingat dengan kasus peretasan yang dialami HBO bulan lalu? Kini, ‘Mr. Smith’ kembali dengan screenshot isi pembicaraannya dengan petinggi HBO melalui surat elektronik (surel).

Yang menarik adalah dalam surel tersebut si peretas ditawari ‘bayaran’ sebesar USD250.000 atau setara dengan Rp3,3 miliar oleh HBO. Melansir Hollywood Reporter, ‘negosiasi’ yang terjadi pada 27 Juli 2017 itu dibocorkan untuk mempermalukan HBO.

Baca juga: Kasus Memanas, Peretas Data Tuntut HBO Bayar Tebusan Jutaan Dolar

Surel yang awalnya ditulis cukup hati-hati dan menghindari bahasa yang dapat berkesan membebaskan sang peretas, malah terkesan sebagai tawaran ‘hadiah’. Dalam surel itu, tertulis bahwa sejak 23 Juli 2017, para petinggi HBO telah bekerja keras untuk meninjau semua ‘tuntutan’ peretas.

“Dengan semangat kerja sama profesional, kami meminta Anda untuk memperpanjang masa tengat seminggu ke depan,” tulis petinggi HBO berjabatan senior vice president tersebut di awal surelnya.

Baca juga: Terungkap, Masalah Uang Jadi Penyebab HBO Diretas Hacker

Dia kemudian melanjutkan, “Sebagai niat baik dari pihak HBO, kami berkomitmen untuk memberikan ‘hadiah’ sebesar USD250.000 kepada Anda, segera setelah kami bisa membuat akun untuk bitcoin.”

“Pasalnya, kami belum memiliki infrastruktur untuk melakukan pembayaran besar melalui bitcoin, meskipun telah mencoba untuk melakukan langkah-langkah sesuai saran Anda,” tulis petinggi HBO tersebut.

Masih belum bisa dipastikan keautentikan surel tersebut. Namun surel yang diterima Hollywood Reporter pada 3 Agustus 2017 tersebut, juga berasal dari akun yang sama, yaitu Mr. Smith. Akun serupa yang mengirimkan pesan dan mencuri data-data HBO.

Baca juga: Heboh Game of Thrones, Situs HBO Crash

Dalam surelnya Mr. Smith menjelaskan, “Ini hanya tentang uang. Secara resmi, kami dan HBO hanya memiliki waktu seminggu untuk bernegosiasi. Namun, mereka melanggar perjanjian dan ingin bermain-main dengan kami.”

Si peretas mengklaim, mereka telah mencuri 1,5 terabyte data HBO. Dari besaran itu, mereka telah merilis sejumlah program HBO yang belum ditayangkan, termasuk Ballers dan Room 104. Selanjutnya, pada 7 Agustus 2017, sang peretas kembali merilis data cache yang berisi rangkuman skrip serial Game of Thrones.

Dalam surel tersebut, si peretas juga menyelipkan tuntutan awal mereka kepada bos HBO, Richard Plepler, melalui format video. “Kami berhasil menyusup dalam jaringan raksasamu. HBO merupakan salah satu target tersulit yang pernah kami retas (proses ini membutuhkan waktu 6 bulan).” Dalam tuntutannya kepada Plepler, peretas tersebut menuntut uang dengan besaran yang telah disamarkan.

Baca juga: Ulah Tangan Jahil Hacker, Game of Thrones Season 7 Bocor

Sementara itu, HBO mengakui, bahwa si ‘petinggi’ tersebut benar bekerja di divisi teknologi jaringan TV kabel raksasa dunia itu. Namun mereka menolak untuk berkomentar lebih lanjut terkait kasus tersebut.

Korban peretasan Hollywood, biasanya enggan mengakui bahwa mereka membayar atau bahkan menawarkan sejumlah uang kepada pelaku. Pasalnya, hal itu akan menjadi preseden buruk yang bisa menimbulkan efek buruk bagi perusahaan mereka.

Namun dalam kasus ini, besar kemungkinan HBO sebenarnya tak berniat membayar sang peretas. Mereka hanya mencari cara untuk mengulur data demi memastikan mereka bisa mendapatkan kembali data-data itu sebelum dirilis di Internet.

(SIS)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    Triawan Munaf Ucapkan Permohonan Maaf Langsung kepada Taeyeon Triawan Munaf Ucapkan Permohonan Maaf Langsung kepada Taeyeon
    Triawan Munaf Ucapkan Permohonan Maaf Langsung kepada Taeyeon

    Permintaan maaf tersebut disampaikan oleh ayah Sherina Munaf ini melalui komentar di akun Instagram miliknya.

  • Hot Gossip
    Kabar Digugat Cerai Jadi Heboh, Instagram Opick Dibanjiri Komentar Kabar Digugat Cerai Jadi Heboh, Instagram Opick Dibanjiri Komentar
    Kabar Digugat Cerai Jadi Heboh, Instagram Opick Dibanjiri Komentar

    Kabar tak sedap datang dari penyanyi religi yakni Aunur Rofiq Lil Firdaus atau Opick yang diisukan digugat cerai oleh sang istri

  • Hot Gossip
    VIDEO : Joget Lagu Despacito di Kamar Mandi, Shandy Aulia Bikin Geregetan VIDEO : Joget Lagu Despacito di Kamar Mandi, Shandy Aulia Bikin Geregetan
    VIDEO : Joget Lagu Despacito di Kamar Mandi, Shandy Aulia Bikin Geregetan

    Shandy Aulia baru-baru ini mengunggah sebuah video terbaru lewat instagram pribadi @shandyaulia.

  • Hot Gossip
    Peringati Perjuangan Jadi Alasan Moreno Soeprapto Pilih Mahar Logam Mulia 45 Gram Peringati Perjuangan Jadi Alasan Moreno Soeprapto Pilih Mahar Logam Mulia 45 Gram
    Peringati Perjuangan Jadi Alasan Moreno Soeprapto Pilih Mahar Logam Mulia 45 Gram

    Maskawin menjadi salah satu hal yang wajib dipenuhi dalam pernikahan secara Islam.

  • Hot Gossip
    Garap Musik di Amerika, Rain Siap Rilis Album Mini November 2017 Garap Musik di Amerika, Rain Siap Rilis Album Mini November 2017
    Garap Musik di Amerika, Rain Siap Rilis Album Mini November 2017

    Bulan depan, Rain dijadwalkan menyambangi Negeri Paman Sam untuk menggarap album barunya yang akan rilis pada November 2017.

  • Hot Gossip
    Bahaya Pedofil, Ussy Sulistiawaty Makin Awasi Anak Bahaya Pedofil, Ussy Sulistiawaty Makin Awasi Anak
    Bahaya Pedofil, Ussy Sulistiawaty Makin Awasi Anak

    Ussy Sulistiawaty turut memberikan komentar atas insiden putri Nafa Urbach yang menjadi incaran pria pengidap pedofilia.

  • Hot Gossip
    "Tiga Pilar" Jadi Wejangan Orangtua Moreno dan Noorani Sebelum Menikah "Tiga Pilar" Jadi Wejangan Orangtua Moreno dan Noorani Sebelum Menikah
    "Tiga Pilar" Jadi Wejangan Orangtua Moreno dan Noorani Sebelum Menikah

    Moreno Soeprapto dan Noorani Sukardi sempat mendapat wejangan dari kedua orangtua mereka sebelum menggelar akad nikah pada hari ini,

  • Hot Gossip
    Isu Digugat Cerai, Opick: Saya yang Punya Kesalahan Isu Digugat Cerai, Opick: Saya yang Punya Kesalahan
    Isu Digugat Cerai, Opick: Saya yang Punya Kesalahan

    Beredar rumor yang mengatakan bahwa istri Opick, Dian Rositaningrum telah mengajukan gugatan cerai.

  • Hot Gossip
    Setelah Han Ji-min dan Lee Jee-hon, Seolhyun 'AOA' Dipastikan Tampil di Three Meals a Day Setelah Han Ji-min dan Lee Jee-hon, Seolhyun 'AOA' Dipastikan Tampil di Three Meals a Day
    Setelah Han Ji-min dan Lee Jee-hon, Seolhyun 'AOA' Dipastikan Tampil di Three Meals a Day

    Seolhyun 'AOA' akan menjadi bintang tamu ketiga yang menyambangi Three Meals a Day, menyusul Han Ji-min dan Lee Jee-hon.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload