Share

Show You Love, Ketika Musisi Disabilitas Berkarya

Alan Pamungkas | Kamis, 20 April 2017 - 04:22 wib
Show You Love (Foto: Ist)

Show You Love (Foto: Ist)

JAKARTA - Penyanyi Andin Komalla ingin membuat musik yang berbeda dari kebanyakan musisi lain. Andin menggarap forum Deaf People Project untuk mengkampanyekan kemahiran musisi penyandang disabilitas berkarya.

Deaf People Project digawangi oleh Surya Sahetapy, yang juga anak dari artis kawakan, Dewi Yull dan Rey Sahetapy, sebagai pemain piano/kibor (tunarungu), Marsya sebagai pemain biola (tunarungu), Fachry memegang drum (tunanetra) dan dua personel lain Andin Komalla sebagai vokalis dan Osvaldo Rio sebagai komposer dan synthesizer.

Tak sekadar berkarya, Andin Komalla dkk dalam rangka mensosialisasikan kelas bahasa isyarat dengan mendirikan kelas bahasa isyarat serta membuat proyek musik disabilitas tunanetra.

Deaf People Project pun telah beberapa kali manggung di pentas besar. Banyak dari penonton yang memberikan apresiasi kepada Deaf People Project.

”Rasanya seru dan deg-degan di waktu yang bersamaan. Katanya sih penonton pada terkagum-kagum kenapa bisa mereka yang tuli dan tunanetra bisa memainkan alat musik tanpa kesulitan,” tutur Andin.

Andin dan Deaf People Project terlihat mengusai berbagai lagu seperti Cintaku milik Chrisye, Closer dari The Chainsmokers, Bukan Main Main remix ZeeMoo dan Osvaldo Rio dan Show You Love.

Ketika latihan, tak ada keslitan ketika para musisi penyandang disabilitas. Sama halnya dengan musisi lain, latihan menggunakan not balok bisa membuat latihan semakin maksimal.

”Kesulitan muncul cuma pas di latihan. Soalnya teman yang tuli harus dikoordinasi di ketukan dan pitch karena mereka cuma membaca not balok. Cara membuat kompak sih natural saja. Kita kan saling berteman jadi bisa saling mengingatkan, toh kita terima perbedaan satu sama lain. Dan mereka juga asyik-asyik orangnya. Kita latihan hanya sebanyak enam kali pertemuan,” ungkap Andin.

(aln)
BERITA LAINNYA
  • Musik
    Produksi Panggung Tak Siap, Katy Perry Terpaksa Ubah Jadwal Witness: The Tour Produksi Panggung Tak Siap, Katy Perry Terpaksa Ubah Jadwal Witness: The Tour
    Produksi Panggung Tak Siap, Katy Perry Terpaksa Ubah Jadwal Witness: The Tour

    Katy Perry akhirnya memundurkan jadwal tur Witness: The Tour akibat isu teknis yakni penundaan produksi panggung yang tidak bisa dihindari.

  • Musik
    LIRIK LAGU: Girls Generation - All Night LIRIK LAGU: Girls Generation - All Night
    LIRIK LAGU: Girls Generation - All Night

    Lagi, Girls Generation memberikan lagu pesta untuk momen comeback pada kali ini lewat berjudul All Night

  • Musik
    LIRIK LAGU: Girls Generation - Holiday LIRIK LAGU: Girls Generation - Holiday
    LIRIK LAGU: Girls Generation - Holiday

    Girls Generation atau yang dikenal juga bernama SNSD baru-baru ini merilis album ‘Holiday Night’ setelah vakum selama dua tahun

  • Musik
    Countdown Asian Games 2018, Taeyeon-Hyoyeon Dapat Pengawalan Ketat Selama di Jakarta Countdown Asian Games 2018, Taeyeon-Hyoyeon Dapat Pengawalan Ketat Selama di Jakarta
    Countdown Asian Games 2018, Taeyeon-Hyoyeon Dapat Pengawalan Ketat Selama di Jakarta

    Acara Countdown Asian Games 2018 akan dimeriahkan oleh personel SNSD, Taeyeon dan Hyoyeon. Saat tiba di Jakarta, keduanya akan mendapatkan pengawalan ketat.

  • Musik
    HARI MERDEKA: Janji Terus Berkarya untuk Musik Indonesia, Pasha Ungu: Salam Merdeka! HARI MERDEKA: Janji Terus Berkarya untuk Musik Indonesia, Pasha Ungu: Salam Merdeka!
    HARI MERDEKA: Janji Terus Berkarya untuk Musik Indonesia, Pasha Ungu: Salam Merdeka!

    Penampilan Pasha Sigit Purnomo Syamsuddin Said sebagai pejabat daerah memang terlihat formal, berbeda ketika di atas panggung sebagai vokalis band. Di momen Hari Kemerdekaan Indonesia, Pasha janji Ungu akan terus berkarya.

  • Musik
    HARI MERDEKA: Anang Hermansyah Ingatkan soal Masih Banyak Pelanggaran Hak Musisi HARI MERDEKA: Anang Hermansyah Ingatkan soal Masih Banyak Pelanggaran Hak Musisi
    HARI MERDEKA: Anang Hermansyah Ingatkan soal Masih Banyak Pelanggaran Hak Musisi

    Anang Hermansyah berikan sedikit pernyataan terkait perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 soal masih banyak pelanggaran hak musisi.

  • Musik
    HARI MERDEKA: Upacara Bendera di Istana, Ari Lasso Senang Nyanyi di Depan Presiden HARI MERDEKA: Upacara Bendera di Istana, Ari Lasso Senang Nyanyi di Depan Presiden
    HARI MERDEKA: Upacara Bendera di Istana, Ari Lasso Senang Nyanyi di Depan Presiden

    Ari Lasso tidak akan melupakan momen istimewa hari ini, yaitu ulang tahun kemerdekaan ke-72 Indonesia. Mantan vokalis band Dewa 19 itu mengaku senang didapuk untuk memeriahkan upacara bendera di Istana Merdeka, Jakarta

  • Musik
    Ingin SNSD Terus Berkibar, SM Entertainment Negosiasi Ulang Kontrak Kerjasama yang Habis Ingin SNSD Terus Berkibar, SM Entertainment Negosiasi Ulang Kontrak Kerjasama yang Habis
    Ingin SNSD Terus Berkibar, SM Entertainment Negosiasi Ulang Kontrak Kerjasama yang Habis

    Sepuluh tahun sudah grup dengan delapan anggota itu berkiprah di bawah naungan agensi, SM Entertainment.

  • Musik
    Jarang Tampil di Layar Kaca, Andy Pastikan /rif Masih Laris Manggung Jarang Tampil di Layar Kaca, Andy Pastikan /rif Masih Laris Manggung
    Jarang Tampil di Layar Kaca, Andy Pastikan /rif Masih Laris Manggung

    Walaupun sibuk dengan kegiatan berakting, pelantun Radja tersebut menegaskan bahwa bandnya masih aktif hingga saat ini.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload