Mengharukan, Kisah Nyata Dibalik Lagu Maturnuwun Simbah

krjogja.com | Selasa, 18 April 2017 - 12:45 wib

YOGYAKARTA - Antoon Sisal, pencipta lagu Maturnuwun Simbah, mengisahkan cerita mengharukan di balik lagu yang dibuatnya 26 tahun silam.

Ternyata, lagu tersebut merupakan bentuk ungkapan terimakasihnya pada sang nenek yang tahun 1954 lalu dipaksa berangkat ke (Guyana Belanda) Suriname mengikuti program Belanda dengan meninggalkan sanak keluarga di Banyumas.

Lirik lagu Maturnuwun Simbah ini sekilas memang terkesan begitu sederhana layaknya lagu Bahasa Jawa yang kini sering dikoplokan oleh Orkes Melayu. Namun ketika melihat lebih dalam di mana pengalaman tersebut benar-benar dialami simbah putri dari Antoon dan mungkin semua orang Jawa yang ikut imigrasi ke Suriname tentu saya menjadi hal yang sangat luar biasa dan mengharukan.

"Yen eling lelakone Simbah, ninggal Njawa tekan Surineme. Kaningaya tenan nggolek sandang pangan ngrasakke kasangsaran. Negakake bapa lan biyung kaya ngapa lih pada bingung. Sedih njroning ati nganti tekan pati priye ora ngerti. Maturnuwun simbah, simbah kuwat nyangga senajan kelara-lara. 'Maturnuwun Simbah aku ora bisa mbales apa-apa. Kangelan nggonku nyritakake, kangelan nggonku ndunungake. Lakone wong Jawa, dikontrak wong Landa sapa ra sedih ngrasake. Nanging wes aja noleh mburi, jaman kui wis diliwati. Hayuk bebarengan numpak kapal layar menyang kemajuan'.

Itulah lirik yang dibuat Antoon saat berada di Suriname 26 tahun lalu setelah mendengarkan cerita Simbah Putrinya kala itu. Antoon menceritakan, kala itu simbahnya yang baru saja menikah dipengaruhi orang untuk ikut ke Suriname.

"Waktu itu di guna-guna orang terus begitu saja ikut ke Surimane, padahal di Jawa sudah enak dan usianya masih sangat muda. Di Suriname simbah harus berjuang bekerja membuka lahan, mengalami masa tidak enak dan lagu ini saya buat sebagai ungkapan terimakasih pada simbah," ungkapnya dengan Bahasa Jawa.

Sudah enam kali Antoon ke Indonesia untuk melihat tanah kelahiran almarhum Simbah Putrinya tersebut di Banyumas dan ia selalu saja ingin kembali untuk merasakan nostalgia.

"Saya ingin mengajak juga dalam lagu itu untuk melupakan bagaimana jengkelnya kita pergi ke Suriname meninggalkan sanak saudara dan tanah kelahiran, tapi bagaimana kasih sayang simbah itu yang ingin sekali saya ingatkan," imbuhnya.

Antoon pun berharap, rekan-rekannya yang merupakan keturunan Jawa di manapun berada untuk mengingat hal baik nenek moyangnya yang dahulu berjuang untuk kehidupan mereka. "Jangan ingat buruknya tapi bagaimana kasih sayang nenek moyang kita, itu paling penting," pungkasnya.

(ful)
BERITA LAINNYA
  • Musik
    Satu Dekade Berkarier, Armada Ungkap Arti Pasukan Armada Satu Dekade Berkarier, Armada Ungkap Arti Pasukan Armada
    Satu Dekade Berkarier, Armada Ungkap Arti Pasukan Armada

    Menurut Armada, fans mereka yang akrab disapa Pasukan Armada merupakan salah satu bagian paling penting bagi mereka

  • Musik
    Ulang Tahun Ke-10, Band Armada Potong Tumpeng Ulang Tahun Ke-10, Band Armada Potong Tumpeng
    Ulang Tahun Ke-10, Band Armada Potong Tumpeng

    Armada juga melakukan perayaan simbolis untuk membuka acara tersebut sebelum on-air

  • Musik
    Kisah Sedih Mai Sang Gitaris Band Armada Kisah Sedih Mai Sang Gitaris Band Armada
    Kisah Sedih Mai Sang Gitaris Band Armada

    Tak hanya suka cita, Konser Satu Dekade Armada juga dipenuhi dengan kesedihan

  • Musik
    Lirik Lagu: Sule - Kang Dedi Urang Lembur (Bahasa Indonesia + Sunda) Lirik Lagu: Sule - Kang Dedi Urang Lembur (Bahasa Indonesia + Sunda)
    Lirik Lagu: Sule - Kang Dedi Urang Lembur (Bahasa Indonesia + Sunda)

    Komedian Sule mengungkapkan rasa senangnya bisa dekat dengan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi

  • Musik
    Asal Kau Bahagia Jadi Lagu Paling Dinantikan Fans Armada Asal Kau Bahagia Jadi Lagu Paling Dinantikan Fans Armada
    Asal Kau Bahagia Jadi Lagu Paling Dinantikan Fans Armada

    Band pop melayu Armada malam ini akan merayakan satu dekade perjalanan mereka di belantika musik Indonesia.

  • Musik
    Pasukan Armada Tak Sabar Nantikan Konser Satu Dekade Armada Pasukan Armada Tak Sabar Nantikan Konser Satu Dekade Armada
    Pasukan Armada Tak Sabar Nantikan Konser Satu Dekade Armada

    Para penggemar berat band Armada atau biasa disebut dengan Pasukan Armada sudah tak sabar untuk menantikan Konser Satu Dekade.

  • Musik
    Lagu Menunggu Panggilan-Mu Bikin Fadly Ingin Naik Haji Lagu Menunggu Panggilan-Mu Bikin Fadly Ingin Naik Haji
    Lagu Menunggu Panggilan-Mu Bikin Fadly Ingin Naik Haji

    Fadly vokalis band Musikimia dan Padi ini baru saja meluncurkan dua single religi dalam album kompilasi "Religi Terbaik".

  • Musik
    Slank Pilih Anak-Anak Jadi Sasaran Tularkan "Virus" Kebaikan Slank Pilih Anak-Anak Jadi Sasaran Tularkan "Virus" Kebaikan
    Slank Pilih Anak-Anak Jadi Sasaran Tularkan "Virus" Kebaikan

    Untuk menyebarkan virus-virus kebaikan dengan lagu-lagu maupun kegiatan-kegiatan, grup band Slank tak lagi terpusat kepada orang dewasa

  • Musik
    Maher Zein, Harris J hingga Fadli 'Musikimia' Bersatu dalam Album Religi Maher Zein, Harris J hingga Fadli 'Musikimia' Bersatu dalam Album Religi
    Maher Zein, Harris J hingga Fadli 'Musikimia' Bersatu dalam Album Religi

    Indonesia menjadi pasar besar bagi para penyanyi untuk bisa mempromosikan lagu-lagu bermuatan religi, khususnya jelang bulan Ramadan.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload