Share

Tak Mati, Penjualan Piringan Hitam dan Turntable Melonjak di Ceko

Agregasi VOA | Senin, 17 April 2017 - 10:49 wib
Turntable. (Foto: FoxNews)

Turntable. (Foto: FoxNews)

PRAHA – Meski digitalisasi musik lewat streaming hingga penjualan album secara online sudah menjadi hal yang lumrah saat ini, nyatanya teknologi lawas seperti piringan hitam dan alat pemutarnya atau turntable masih diminati seperti yang ditunjukkan oleh trend penjualan di Republik Ceko.

Teknologi yang sudah berumur 150 tahun ini sedang mengalami masa jayanya yang kedua di banyak bagian dunia, termasuk di Republik Ceko dan negara-negara di Eropa. Bahkan salah satu perusahaan di negara tersebut mulai gencar memproduksi turntable secara masif.

Perusahaan SEV Litovel di Ceko telah meningkatkan produksi turntable-nya empat kali lipat sejak 2009, dan tahun lalu mampu menjual hampir 125 ribu unit. Semua bagian turntable itu dirakit dengan tangan, dan harganya berkisar antara 200-10.000 Dolar AS atau setara Rp2,6 Juta hingga sekitar Rp130 juta.

“Kami yakin piringan digital atau CD akan menghilang, dan orang akan mendengarkan musik lewat streaming. Tapi 10 tahun dari sekarang, kira-kira 20 persen hasil penjualan musik akan diperoleh dari piringan hitam,” Kata Heinz Lichtnegger, pembuat turntable asal Ceko tersebut seperti dilansir dari VOA Indonesia, Senin (17/4/2017).

Meskipun musik piringan hitam direkam dengan sistem analog dan dimainkan dengan peralatan analog, nyatanya jumlah peminatnya terus bertambah. Pada 2015, orang Amerika bahkan membeli musik analog dengan total mencapai 416 juta Dolar, jumlah tertinggi sejak 1988.

Menurut para penggemarnya, musik adalah sesuatu untuk dinikmati dan bukannya didengar dengan cepat atau dihentikan dan diganti dengan musik lain hanya dengan menekan tombol. Lebih dari itu, kata penggemar piringan hitam, musik yang direkam dan dimainkan lewat piringan hitam suaranya jauh lebih bagus dari suara musik digital atau MP3.

Nyatanya, puluhan tahun sebelum zaman musik digital, orang lebih mendengarkan musik yang direkam dalam piringan hitam yang diputar dengan menggunakan alat yang disebut turntable. Suara musik itu ditangkap dalam bentuk getaran yang diterjemahkan oleh alat elektronik yang disebut amplifier dan kemudian di dikeluarkan oleh loudspeaker atau alat pengeras suara.

Kini, orang bisa membawa ratusan atau bahkan ribuan rekaman musik dalam bentuk digital yang dikemas dalam alat kecil sebesar bungkus rokok. Karena itu banyak orang beranggapan bahwa cara lama mendengarkan musik dengan piringan hitam sudah mati.

Namun minat akan piringan hitam agaknya kembali meningkat dan banyak perusahaan yang bergiat untuk memenuhi permintaan itu seperti yang ditunjukkan dari trend penjualan turntable dan piringan hitam di Republik Ceko dan negara-negara Eropa lainnya.

(FHM)
Berita Rekomendasi Turntable dan Piringan Hitam
BERITA LAINNYA
  • Musik
    The Groove Bawa Nostalgia 90an di Panggung Prambanan Jazz Festival The Groove Bawa Nostalgia 90an di Panggung Prambanan Jazz Festival
    The Groove Bawa Nostalgia 90an di Panggung Prambanan Jazz Festival

    Prambanan Jazz Festival tahun ketiga, kembali diadakan di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, selama tiga hari berturut-turut.

  • Musik
    Kolaborasi GAC dan J-Flow Warnai Kemeriahan Countdown Asian Games 2018 Kolaborasi GAC dan J-Flow Warnai Kemeriahan Countdown Asian Games 2018
    Kolaborasi GAC dan J-Flow Warnai Kemeriahan Countdown Asian Games 2018

    Selain Tulus dan Raisa, panggung Countdown Asian Games 2018 juga turut dimeriahkan oleh penampilan kolaborasi dari GAC dan J-Flow.

  • Musik
    FOTO: Tulus dan Dira Sugandi Buka Countdown Asian Games 2018 di Lapangan Monas FOTO: Tulus dan Dira Sugandi Buka Countdown Asian Games 2018 di Lapangan Monas
    FOTO: Tulus dan Dira Sugandi Buka Countdown Asian Games 2018 di Lapangan Monas

    penyanyi Tulus dan Dira Sugandi Buka Countdown Asian Games 2018 di lapangan Monas, Jakarta.

  • Musik
    Tiffany Keluar dari SNSD? SM Entertainment Angkat Bicara Tiffany Keluar dari SNSD? SM Entertainment Angkat Bicara
    Tiffany Keluar dari SNSD? SM Entertainment Angkat Bicara

    Kalian menggemar Tiffany SNSD tentu akan terkejut dengan kabar baru ini. Kelompok vokal wanita yang memiliki nama lain Girls Generation ini, dikabarkan akan kembali kehilangan anggotanya, Tiffany. Apa pasal?

  • Musik
    Shane Filan Gandeng Gadis Jogja Tampil di Prambanan Jazz Festival Shane Filan Gandeng Gadis Jogja Tampil di Prambanan Jazz Festival
    Shane Filan Gandeng Gadis Jogja Tampil di Prambanan Jazz Festival

    Nama Raisya Freedrich Nugroho, mungkin memang tak banyak dikenal masyarakat.

  • Musik
    Taeyeon SNSD Batal Tampil di Monas? Ini Kata Triawan Munaf Taeyeon SNSD Batal Tampil di Monas? Ini Kata Triawan Munaf
    Taeyeon SNSD Batal Tampil di Monas? Ini Kata Triawan Munaf

    Penggemar di Indonesia sangat penasaran dengan penampilan idolanya, Taeyeon SNSD. Namun yang mengejutkan, Taeyeon dikabarkan membatalkan penampilannya di acara Countdown Asian Games 2018 yang akan diadakan malam ini, pukul 19.30 WIB.

  • Musik
    Tampil di Monas, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD Bakal Nyanyikan Lagu Andalan Tampil di Monas, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD Bakal Nyanyikan Lagu Andalan
    Tampil di Monas, Taeyeon dan Hyoyeon SNSD Bakal Nyanyikan Lagu Andalan

    Penggemar Taeyeon dan Hyoyeon SNSD di Indonesia pastinya akan bahagia. Mereka akan menyapa penggemar di Indonesia pada acara Countdown Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Lapangan Monumen Nasional (Monas). Lagu apa saja yang akan disuguhkan?

  • Musik
    Ikuti Jejak Ayah, Putri Ricky Jo Akan Kolaborasi Bareng Band Emerald di Prambanan Jazz Ikuti Jejak Ayah, Putri Ricky Jo Akan Kolaborasi Bareng Band Emerald di Prambanan Jazz
    Ikuti Jejak Ayah, Putri Ricky Jo Akan Kolaborasi Bareng Band Emerald di Prambanan Jazz

    Putri Ricky Jo akan berkolaborasi membawakan lagu Beda bersama band almarhum ayahnya yakni Emerald di ajang Prambanan Jazz Festival.

  • Musik
    Dinilai Akrobatik di Panggung, Pink Akan Terima Vanguard Award dari MTV Dinilai Akrobatik di Panggung, Pink Akan Terima Vanguard Award dari MTV
    Dinilai Akrobatik di Panggung, Pink Akan Terima Vanguard Award dari MTV

    Pink yang berusia 37 tahun terkenal dengan vokalnya yang bertenaga dan aksi akrobatik di panggung,

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload