Tiga Film Inspiratif Tentang Sepakbola yang Harus Ditonton

Dewanto Kironoputro | Selasa, 28 Februari 2017 - 17:34 wib
Shaolin Soccer. (Foto: Silverlakepictureshow)

Shaolin Soccer. (Foto: Silverlakepictureshow)

JAKARTA - Sepakbola sudah tidak lagi menjadi tema yang asing untuk diangkat dalam sebuah film. Film-film tersebut seringkali bernada perjuangan dan memiliki pesan yang serupa, yaitu sebuah tujuan yang akhirnya tercapai. Tentunya jadi inspirasi bagi para penonton.

Namun, penyampaian cerita tidak harus melulu serius. Banyak dari film-film itu yang kemudian dicampur dengan adegan-adegan padat laga hingga kelucuan yang bisa terjadi begitu saja.

Menurut rangkuman Okezone, berikut tiga film bertema sepakbola terkenal yang patut ditonton.

1. The Damned United

Film drama ini menceritakan kisah tragis pesepakbola Brian Clough ketika dirinya menjadi pelatih klub Leeds United, Inggris. Cerita asli Brian Clough berakhir ketika dirinya dipecat setelah 44 hari menjabat sebagai pelatih.

Namun film yang diceritakan membuatnya terkesan tidak terlalu buruk. Film ini juga menceritakan drama yang terjadi antara Clough, sahabatnya Peter Taylor, dan seorang rival, Don Revie. Diperankan oleh aktor asal Wales Michael Sheen, The Damned United berhasil mendulang penilaian empat bintang dari The Guardian dan 93 persen dari Rotten Tomatoes.

2. Garuda di Dadaku

Dari ranah lokal, film Garuda di Dadaku menjadi serial berisikan dua film, yang menceritakan seputar tokoh Bayu, diperankan Emir Mahira. Film ini menjadi salah satu film olahraga paling high-profile di Indonesia lengkap dengan soundtrack berjudul serupa karya NTRL kerap dinyanyikan sebagai anthem suporter saat Tim Nasional Indonesia bermain.

Film pertama menceritakan konflik antara keinginan Bayu untuk menjadi seorang atlet sepakbola meskipun kakeknya ingin dia menjadi seniman. Sedangkan, film kedua menggambarkan konflik Bayu dengan seorang pemain baru dalam tim, Yusuf.

3. Shaolin Soccer

Film serba lucu dari Hong Kong ini tentunya sangat berkesan bagi para penonton. Bagaimana tidak, salah satu film pertama yang melambungkan nama Stephen Chow ini berhasil mengambil hati penonton dengan aksi ciamik dan gambar buatan komputer (CGI) yang membuat lucu beberapa adegan laga serius.

Sementara itu, dari sisi cerita disuguhkan dengan sangat ringan dan mudah dicerna sehingga mempersilahkan penonton untuk hanya duduk menikmatinya dan tidak banyak berpikir. Meski begitu, cerita film ini tidak kehilangan kesan tragis di beberapa bagian cerita serta berhasil memasukkan adegan-adegan drama dengan baik.

Film Shaolin Soccer tersebut juga masih menginspirasi penonton dilihat dari usaha tim Stephen Chow, Vicki Zhao, dan tentunya sang paman abadi, Ng Man-tat, dalam bertanding meraih juara dalam sebuah kompetisi dan menghadapi lawan yang licik.

(FHM)
BERITA LAINNYA
  • Berita Film
    Selamat! Tom Holland Dipilih Jadi Tokoh Utama Film Uncharted Selamat! Tom Holland Dipilih Jadi Tokoh Utama Film Uncharted
    Selamat! Tom Holland Dipilih Jadi Tokoh Utama Film Uncharted

    Setelah mempercayakan Tom untuk menjadi manusia laba-laba, Sony kini mendaulat aktor 20 tahun itu sebagai pemeran utama di Uncharted.

  • Berita Film
    Yuki Kato Takjub dengan Penampilan Jonny Depp di Salazar's Revenge Yuki Kato Takjub dengan Penampilan Jonny Depp di Salazar's Revenge
    Yuki Kato Takjub dengan Penampilan Jonny Depp di Salazar's Revenge

    Yuki merasa bahwa film terakhir Jack Sparrow ini komplet.

  • Berita Film
    James Wan Didapuk Produser Resident Evil Reboot James Wan Didapuk Produser Resident Evil Reboot
    James Wan Didapuk Produser Resident Evil Reboot

    Selesai dengan The Final Chapter, film Resident Evil akan kembali dengan versi rebootnya.

  • Berita Film
    Imbas Kematian Anak, Zack Snyder Mundur dari Justice League Imbas Kematian Anak, Zack Snyder Mundur dari Justice League
    Imbas Kematian Anak, Zack Snyder Mundur dari Justice League

    Selesai sudah tugas Zack Snyder sebagai sutradara Justice League.

  • Berita Film
    VIDEO: Bertabur Bintang, Johnny Depp Dampingi Tom Cruise di Dark Universe VIDEO: Bertabur Bintang, Johnny Depp Dampingi Tom Cruise di Dark Universe
    VIDEO: Bertabur Bintang, Johnny Depp Dampingi Tom Cruise di Dark Universe

    Dark Universe akan menggabungkan karakter-karakter populer seperti Invisible Man atau Dr. Jekyll yang hadirkan Johnny Depp hingga Tom Cruise

  • Berita Film
    Film Rambo Versi Bollywood Pastikan Tanpa Nyanyi dan Tarian Film Rambo Versi Bollywood Pastikan Tanpa Nyanyi dan Tarian
    Film Rambo Versi Bollywood Pastikan Tanpa Nyanyi dan Tarian

    Sutradara Film Rambo versi Bollywood, Sid Anand menegaskan jika film Rambo yang akan digarapnya akan berbeda dari film Bollywood lainnya.

  • Berita Film
    Unggul Tipis, Alien: Covenant "Usir" Penjaga Galaksi dari Puncak Box Office Unggul Tipis, Alien: Covenant "Usir" Penjaga Galaksi dari Puncak Box Office
    Unggul Tipis, Alien: Covenant "Usir" Penjaga Galaksi dari Puncak Box Office

    Guardians of the Galaxy Vol 2 tak mampu menguasai puncak box office Amerika dalam waktu lama.

  • Berita Film
    Pamela Bowie: Main Sinetron Biar Penonton Enggak Bosan sama Aku Pamela Bowie: Main Sinetron Biar Penonton Enggak Bosan sama Aku
    Pamela Bowie: Main Sinetron Biar Penonton Enggak Bosan sama Aku

    Membintangi beberapa film selama dua tahun terakhir membuat Pamela Bowie rindu akting di sinetron.

  • Berita Film
    Jang Geun Suk Siap Comeback Bintangi Film Baru Jang Geun Suk Siap Comeback Bintangi Film Baru
    Jang Geun Suk Siap Comeback Bintangi Film Baru

    Lama menghilang, Geun Suk akan berkolaborasi dengan sutradara Kim Ki Duk

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload