Ini Alasan ST12 Pertahankan Musik Melayu

Dewanto Kironoputro | Jum'at, 17 Februari 2017 - 21:00 wib
ST12 (Foto: Okezone)

ST12 (Foto: Okezone)

JAKARTAST12 ingin mempertahankan nuansa Melayu di tengah-tengah tren musik Indonesia yang berjalan ke arah lain. Namun, ST12 tidak diam dan berusaha membuatnya tetap up-to-date.

Ditemui di Gedung iNews, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, baru-baru ini, Pepep dan Indra membeberkan strateginya agar musik Melayu tetap relevan di kalangan penikmat musik Indonesia, yaitu mengawinkan Melayu dengan genre lain, sesuai dengan tren dan karakter suara vokalisnya.

Hal tersebut dilakukan ST12 untuk menghindari pengkotak-kotakkan musik. Jika vokalisnya memiliki suara rock, maka ST12 akan menyajikan musik Melayu dengan sentuhan rock, dan seterusnya. Pepep menambahkan, dirinya tidak memaksakan musik murni Melayu kepada vokalisnya.

“Kita punya konsep ingin lari dari pengkotak-kotakkan musik, pengen lebih mengembangkan konsep Melayu ini menjadi tidak konvensional. Misalnya vokalis gue Vidi, dan misalnya era 2017 musiknya rock, masa Vidi mau gue perkosa untuk nyanyi rock? Kan enggak mungkin, karena setiap orang punya karakter dan pada domaninnya masing-masing. Kalo gue yang bisa berganti, artinya gue bisa membawa konsep Melayu ini pada genre apapun,” tutur Pepep.

Indra menambahkan, dirinya ingin ST12 menghilangkan kesan bahwa Melayu sudah ketinggalan zaman. Di sisi lain, Indra percaya musik Melayu akan selalu diterima masyarakat Indonesia jika terus dikembangkan. Salah satunya dengan membuat musik Melayu up-to-date.

“Kemanapun kita pergi di Indonesia Melayu ga akan pernah hilang. Nah, makanya gimana caranya agar Melayu bisa selalu up-to-date. Di situ kita berpikir bahwa Melayu ini harus kita kemas dengan sesuatu yang beda. Kebanyakan orang kan mikirnya Melayu sudah ketinggalan zaman, udah ga pernah didengerin anak muda, dan lain-lain, makanya di sini kita kemas agar bisa dinikmati anak muda dan selalu update sama perkembangan musik zaman sekarang,” tambah Indra.

(ade)
BERITA LAINNYA
  • Musik
    Tika 'Dewi Dewi' Siap Rilis Album Berisi Perjalanan Cintanya Tika 'Dewi Dewi' Siap Rilis Album Berisi Perjalanan Cintanya
    Tika 'Dewi Dewi' Siap Rilis Album Berisi Perjalanan Cintanya

    Sebelum terpilih menjadi personel Dewi Dewi, Tika ternyata sudah menyalurkan bakatnya di dunia musik dengan menulis lagu.

  • Musik
    Kabar Baik. Ini Dua Proyek Terbaru dari Jung Yong Hwa 'CNBLUE'  Kabar Baik. Ini Dua Proyek Terbaru dari Jung Yong Hwa 'CNBLUE'
    Kabar Baik. Ini Dua Proyek Terbaru dari Jung Yong Hwa 'CNBLUE'

    Tahun 2017 akan menjadi momen bagi Jung Yong Hwa untuk menelurkan proyek baru di luar CNBLUE, di industri musik maupun akting.

  • Musik
    Lagi, G-Dragon Tambah Lima Kota Baru dalam Tur "ACT III, M.O.T.T.E" Lagi, G-Dragon Tambah Lima Kota Baru dalam Tur "ACT III, M.O.T.T.E"
    Lagi, G-Dragon Tambah Lima Kota Baru dalam Tur "ACT III, M.O.T.T.E"

    Setelah menambah 4 kota di Asia dalam rangkaian tur "ACT III, M.O.T.T.E", G-Dragon juga akan manggung di 5 kota lainnya di Eropa.

  • Musik
    Tampil di Glastonbury, Netizen Malah Cibir Ed Sheeran. Ada Apa? Tampil di Glastonbury, Netizen Malah Cibir Ed Sheeran. Ada Apa?
    Tampil di Glastonbury, Netizen Malah Cibir Ed Sheeran. Ada Apa?

    Dituduh tak tampil live, penyanyi Ed Sheeran akhirnya buka suara. Melalui Twitter, dia mengatakan rahasia penampilannya adalah pedal looper.

  • Musik
    VIDEO: The Chainsmokers Rilis Video Lirik "Young" VIDEO: The Chainsmokers Rilis Video Lirik "Young"
    VIDEO: The Chainsmokers Rilis Video Lirik "Young"

    Pada 26 Juni 2017, The Chainsmokers, merilis video lirik berjudul Young di YouTube. Dalam 1 hari, video itu ditonton lebih dari 1 juta kali.

  • Musik
    Gokil, Kevin Aprilio Jadi Produser Idol Grup Jepang Gokil, Kevin Aprilio Jadi Produser Idol Grup Jepang
    Gokil, Kevin Aprilio Jadi Produser Idol Grup Jepang

    Musisi Kevin Aprilio memperkenalkan sebuah idol grup asal Jepang yang kini berada dibawah naungan Aprilio Kingdom.

  • Musik
    Penasaran dengan K-Hiphop? Cek 6 Artis Ini! Penasaran dengan K-Hiphop? Cek 6 Artis Ini!
    Penasaran dengan K-Hiphop? Cek 6 Artis Ini!

    Meski terkenal dengan K-Pop, Korea Selatan juga punya panggung hiphop yang tidak kalah hebatnya

  • Musik
    Selain Young Lex, Ini 5 Rapper Hebat Indonesia Selain Young Lex, Ini 5 Rapper Hebat Indonesia
    Selain Young Lex, Ini 5 Rapper Hebat Indonesia

    ika melihat sedikit lebih dalam, Indonesia juga punya skena hip-hop yang tengah berkembang

  • Musik
    The Killers Kembali Tampil di Glastonbury Festival Setelah 10 Tahun Absen The Killers Kembali Tampil di Glastonbury Festival Setelah 10 Tahun Absen
    The Killers Kembali Tampil di Glastonbury Festival Setelah 10 Tahun Absen

    Band The Killers tampil begitu apik dalam acara yang dihelat Glastonbury Festival setelah 10 tahun absen di ajang festival musik bergengsi.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload