Share

Sutradara Ken Loach Kecam Kebijakan Pemerintah Inggris di BAFTAs Awards

Agregasi VOA | Selasa, 14 Februari 2017 - 14:15 wib
Sutradara Ken Loach. (Foto: Metro UK)

Sutradara Ken Loach. (Foto: Metro UK)

LONDON - Pernyataan politik terkait kebijakan pemerintah Amerika Serikat dan Inggris jadi sorotan utama di festival British Academy of Film and Television atau BAFTAs Awards di London, Inggris, yang hanya berselang beberapa jam dari penyelenggaraan Grammy Awards 2017.  

Sutradara Ken Loach yang menerima penghargaan untuk film besutannya I, Daniel Blake sebagai film terbaik Inggris, menggunakan pidatonya untuk mengecam pemerintah konservatif Inggris soal mengakhiri program untuk membawa pengungsi anak-anak ke negeri Ratu Elizabeth itu.

Ia mengatakan drama pahit yang disutradarainya menunjukkan “betapa orang-orang yang paling miskin dan paling rentan telah diperlakukan pemerintah dengan sangat kejam dan tanpa perasaan”.

Ken juga terang-terangan mengecam keputusan pemerintah Theresa May yang mengakhiri program untuk membawa pengungsi anak-anak yang berasal dari negara konflik seperti di Timur Tengah untuk datang ke Inggris sebagai “hal yang memalukan”.

Sementara itu, sebelum kedua perhelatan akbar – Grammy Awards dan BAFTAs – beberapa pertunjukkan besar lain juga sarat pernyataan politik, antara lain Golden Globes dan Super Bowl Halftime Show.

Pernyataan politik mengecam kebijakan pemerintah itu terlihat dari keseriusan para bintang menyampaikan sikap lewat busana, tata rias, pertunjukkan hingga lirik lagu atau naskah film mereka, seperti yang ditunjukkan selebriti seperti Lady Gaga, Emma Stone, dan lainnya.

Tak hanya soal isu kebijakan pemerintah Inggris, ketika menerima anugerah Aktris Terbaik atas perannya yang sangat cemerlang dalam “La La Land”, akrtis Emma Stone juga sempat memberikan pernyataan politis soal situasi terkini di Amerika Serikat.

“negara ini (Amerika) dan dunia tampaknya sedang mengalami masa sulit yang membuatnya sangat terpecah. Saya kira hal benar-benar istimewa malam ini adalah kita semua bisa datang kesini untuk merayakan kreatifitas yang positif dan bagaimana hal itu membuat kita bisa melewati batas-batas yang ada,” kata Emma.

Drama musik La La Land yang mengisahkan tentang tekad dan kerja keras untuk mewujudkan mimpi itu meraih lima piala BAFTAs dalam kategori film terbaik, sutradara terbaik, aktris terbaik, sinematografi terbaik dan musik orisil terbaik.

(FHM)
BERITA LAINNYA
  • Berita Film
    Tak Sekadar Horor, Film It Juga Bahas Isu Bullying Tak Sekadar Horor, Film It Juga Bahas Isu Bullying
    Tak Sekadar Horor, Film It Juga Bahas Isu Bullying

    Tak bisa dipungkiri lagi bahwa trailer terbaru It ini membawa ketakutan yang lebih mendalam bagi semua penonton.

  • Berita Film
    Gelar Nobar Mars Met Venus di Ciledug, Pamela Bowie Rasakan Euforia Berbeda Gelar Nobar Mars Met Venus di Ciledug, Pamela Bowie Rasakan Euforia Berbeda
    Gelar Nobar Mars Met Venus di Ciledug, Pamela Bowie Rasakan Euforia Berbeda

    Bintang Mars Met Venus, Pamela Bowie menggelar nonton bareng di CBD Ciledug, Tangerang Selatan pada Jumat (28/7/2017).

  • Berita Film
    Tayang di Hari ke-8, Mars Met Venus Part Cewek Raih 120 Ribu Penonton Tayang di Hari ke-8, Mars Met Venus Part Cewek Raih 120 Ribu Penonton
    Tayang di Hari ke-8, Mars Met Venus Part Cewek Raih 120 Ribu Penonton

    Selama delapan hari pemutaran, film Mars Met Venus Part Cewek garapan sutradara Hadrah Daeng Ratu itu berhasil menembus 120.000 penonton.

  • Berita Film
    Sering Tutupi Wajah Tom Hardy di Filmnya, Ini Alasan Sepele Christoper Nolan Sering Tutupi Wajah Tom Hardy di Filmnya, Ini Alasan Sepele Christoper Nolan
    Sering Tutupi Wajah Tom Hardy di Filmnya, Ini Alasan Sepele Christoper Nolan

    Ada sebuah fakta unik dan menarik dalam film Dunkirk, yang saat ini sedang tayang di bioskop.

  • Berita Film
    Promo Mars Met Venus Sendirian di Sekolah, Pamela Bowie Puas Promo Mars Met Venus Sendirian di Sekolah, Pamela Bowie Puas
    Promo Mars Met Venus Sendirian di Sekolah, Pamela Bowie Puas

    Sang bintang film Mars Met Venus, Pamela Bowie berpendapat antusiasme para pelajar di Sekolah Menengah Atas.

  • Berita Film
    Taecyeon '2PM' Terjebak Sekte Keagamaan dalam Save Me Taecyeon '2PM' Terjebak Sekte Keagamaan dalam Save Me
    Taecyeon '2PM' Terjebak Sekte Keagamaan dalam Save Me

    Demi menyelamatkan cinta pertamanya, Taecyeon ‘2PM’ dikabarkan rela bergabung dalam sebuah sekte keagamaan.

  • Berita Film
    James Cameron Akui Incar Kursi Sutradara Film Lanjutan Terminator James Cameron Akui Incar Kursi Sutradara Film Lanjutan Terminator
    James Cameron Akui Incar Kursi Sutradara Film Lanjutan Terminator

    Sutradara James Cameron mengungkapkan niatnya menyutradarai film lanjutan Terminator.

  • Berita Film
    Gara-Gara Disambangi Pamela Bowie, SMAN 5 Tangsel Langsung Penasaran Nonton Mars Met Venus Gara-Gara Disambangi Pamela Bowie, SMAN 5 Tangsel Langsung Penasaran Nonton Mars Met Venus
    Gara-Gara Disambangi Pamela Bowie, SMAN 5 Tangsel Langsung Penasaran Nonton Mars Met Venus

    Kedatangan bintang Mars Met Venus, Pamela Bowie di SMA Negeri 5 Tangerang Selatan pada Jumat (28/7/2017) menyedot perhatian.

  • Berita Film
    Bintang Mars Met Venus Bikin Geger SMAN 5 Tangsel, Kok Bisa? Bintang Mars Met Venus Bikin Geger SMAN 5 Tangsel, Kok Bisa?
    Bintang Mars Met Venus Bikin Geger SMAN 5 Tangsel, Kok Bisa?

    Bintang film Mars Met Venus menyambangi SMA Negeri 5 Tangerang Selatan pada Jumat (28/7/2017).

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload