Share

Teater Lysistrata Ingin Samakan Derajat Kaum Wanita dan Pria

Raynaldi Wahyu | Sabtu, 14 Januari 2017 - 00:37 wib
Teater Lysistrata (Foto: Raynaldi/Okezone)

Teater Lysistrata (Foto: Raynaldi/Okezone)

JAKARTA - Pertunjukan teater berjudul Lysistrata akan digelar dua hari berturut-turut mulai tanggal 14 dan 15 Januari 2017 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Lysistrata merupakan karya Aristophanes yang menceritakan tentang kaum perempuan yang membawa semangat feminisme di tengah ancaman perang Athena dan Sparta.

Lysistrata yang diperankan oleh Citra Kirana membujuk para wanita Yunani untuk menahan hak seksual dari suami serta kekasih mereka. Hal tersebut sebagai sarana memaksa Athena dan Sparta untuk menempuh jalur damai.

Rindra Panca selaku sutradara ingin menyampaikan pesat tersirat lewat pertunjukan teater berdurasi dua jam ini. Ia ingin menyamakan derajat kaum wanita dengan kaum pria.

"Selama ini kaum perempuan dijadikan hiasan pelengkap perempuan dijadikan cuma sebagai pelengkap saja laki-laki yang belum jadi. Socrates bilang mereka cuma bisa di dapur malamnya melayani suami. Indonesia sekarang kesetaraan perempuan dan laki-laki kenyataan lebih cerdas perempuan dari laki-laki," ujarnya Jumat 13 Januari 2017.

Pertunjukan teater ini juga bercerita tentang bentuk protes kaum wanita atas perang panjang yang tidak berkesudahan, di tengah kekacauan situasi politik dan ekonomi yang dialami masyarakat Athena.

Dari pantauan Okezone pada preview pementasan, Lyristrata juga sedikit mengadopsi budaya Indonesia dan kejadian sosial yang belakangan ini terjadi. Para pemain yang mayoritas pesinetron terlihat cukup mempuni memerankan karakter masing-masing dengan improvisasi mereka.

Naskah karya Aristophanes terjemahan almarhum WS Rendra ini juga dikemas apik. Tak hanya perlawanan, namun unsur komedi juga disisipkan di tengah alur cerita.

Lysistrata yang diselenggarakan oleh Teater Kampung Duku ini juga diperankan oleh Andi Arsyil (Walikota Athena), Intan Pramoga Dewi (Clorus), Haydar Ali (Pemimpin Laki-Laki), Rio Reifan (utusan Sparta), Erica Putri (Lampito), dan masih banyak lainnya.

(edi)
BERITA LAINNYA
  • Musik
    Di Music Of The Day, Geisha Bawakan Single Perdana dari Album Terbaru Di Music Of The Day, Geisha Bawakan Single Perdana dari Album Terbaru
    Di Music Of The Day, Geisha Bawakan Single Perdana dari Album Terbaru

    Selain HiVi!, Geisha pun turut memeriahkan acara Music Of The Day yang ditayangkan di RCTI pada Jumat (28/7/2017).

  • Musik
    Music Of The Day Wujudkan Mimpi HiVi! Duet Bareng Armand Maulana, Petik Ilmu dari Musisi Senior Music Of The Day Wujudkan Mimpi HiVi! Duet Bareng Armand Maulana, Petik Ilmu dari Musisi Senior
    Music Of The Day Wujudkan Mimpi HiVi! Duet Bareng Armand Maulana, Petik Ilmu dari Musisi Senior

    HiVi! turut memeriahkan acara Music Of The Day pada Jumat (28/7/2017).

  • Musik
    BTS: Kisah Sukses di Media Sosial, Album Baru, dan Akhir Tur Dunia BTS: Kisah Sukses di Media Sosial, Album Baru, dan Akhir Tur Dunia
    BTS: Kisah Sukses di Media Sosial, Album Baru, dan Akhir Tur Dunia

    Selain merilis album baru, tahun ini BTS akan menutup tur dunianya di Seoul dan tampil dalam konser Seo Taiji.

  • Musik
    Keren, Fade 2 Black Siapkan Kolaborasi dengan Rapper Belanda di Album Terbaru Keren, Fade 2 Black Siapkan Kolaborasi dengan Rapper Belanda di Album Terbaru
    Keren, Fade 2 Black Siapkan Kolaborasi dengan Rapper Belanda di Album Terbaru

    Grup rapper Fade 2 Black siap rilis album perdananya sejak berpisah dari Bondan Prakoso, dengan kolaborasi bareng rapper asal Belanda.

  • Musik
    Rayi 'RAN' Ungkap 4 Faktor yang Membuat Seorang Penyanyi Bisa Batalkan Konser Rayi 'RAN' Ungkap 4 Faktor yang Membuat Seorang Penyanyi Bisa Batalkan Konser
    Rayi 'RAN' Ungkap 4 Faktor yang Membuat Seorang Penyanyi Bisa Batalkan Konser

    Pembatalan konser oleh sejumlah penyanyi bisa disebabkan beberapa faktor, Rayi 'RAN' pun mengungkapkan 4 hal tersebut.

  • Musik
    Teaser Yoona & Tiffany Jadi Awal Fans Menghitung Mundur Comeback SNSD Teaser Yoona & Tiffany Jadi Awal Fans Menghitung Mundur Comeback SNSD
    Teaser Yoona & Tiffany Jadi Awal Fans Menghitung Mundur Comeback SNSD

    Hitung mundur menuju comeback pertama SNSD dalam dua tahun itu dimulai dengan perilisan teaser Yoona dan Tiffany.

  • Musik
    Catat! Ini Peraturan di Konser Team KIII JKT48 Catat! Ini Peraturan di Konser Team KIII JKT48
    Catat! Ini Peraturan di Konser Team KIII JKT48

    Team KIII JKT48 akan menyapa fansnya dengan konser yang bertajuk Jangan Kasih Kendor.

  • Musik
    Jelang Comeback SNSD, Yuri Malah Alami Cedera Kaki Jelang Comeback SNSD, Yuri Malah Alami Cedera Kaki
    Jelang Comeback SNSD, Yuri Malah Alami Cedera Kaki

    Di tengah persiapan comeback mereka, SNSD harus berhadapan dengan cedera yang dialami oleh salah satu personel mereka, Yuri.

  • Musik
    Lepas Bayang-bayang Bondan Prakoso, Fade 2 Black Siap Rilis Album Perdana Lepas Bayang-bayang Bondan Prakoso, Fade 2 Black Siap Rilis Album Perdana
    Lepas Bayang-bayang Bondan Prakoso, Fade 2 Black Siap Rilis Album Perdana

    Setelah melewati masa persiapan selama 2 tahun, Fade 2 Black dijadwalkan untuk melepas album perdana mereka pada bulan depan.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload