Film Aamir Khan Pecahkan Rekor Box Office Bollywood

Agregasi Sindonews.com | Jum'at, 13 Januari 2017 - 20:08 wib
Dangal (Foto: YouTube)

Dangal (Foto: YouTube)

MUMBAI - Film bertema olahraga tak jarang memecahkan rekor pendapatan dan laris manis dinikmati para penonton. Kendati demikian, film jenis ini adalah salah satu yang sering kali tidak laku alias flop di box office.

 

Tapi, itu tak terjadi pada film terbaru Aamir Khan. Berjudul Dangal, film ini adalah drama olahraga biografi mengenai dua pegulat wanita yang disutradarai Nitesh Tiwari demikian dilansir Sindonews.

Tak disangka, film ini telah menjadi film terlaris Bollywood sepanjang masa. Dalam tiga pekan, Dangal telah meraup USD50 juta di box office. Dangal dalam bahasa India berarti kompetisi gulat.

Film ini tidak ber-setting di Eropa atau Amerika, yang merupakan lokasi fantasi favorit Bollywood. Dangal justru berseting di kawasan Haryana, India utara, negara bagian dengan kesenjangan gender.

Karakter yang diperankan Aamir adalah Mahavir Singh Phogat. Pria ini adalah juara gulat negara bagian dari Haryana. Dia kemudian melepaskan pekerjaannya untuk menjadi pelatih gulat bagi empat putrinya, yang semuanya adalah juara gulat.

Putri pertamanya, Geeta Phogat, memenangkan medali pertama India di Commonwealth Games 2010. Dia juga masuk Olimpiade 2016 sebagai pegulat wanita pertama India.

Putri kedua Phogat, Babita Kumari, pun adalah peraih medali emas di Commonwealth Games. Sedangkan adiknya, Ritu Phogat, memenangkan medali emas di Kejuaraan Gulat Persemakmuran pada 2016.

Transformasi fiksi di layar lebar ini akrab dengan kiasan Bollywood yaitu ikatan keluarga yang kuat, terlampauinya rintangan dan kemenangan yang memenangkan hati para penonton, lagu dan klimaks teatrikal yang dahsyat. Kritikus menyebut film ini menyenangkan, drama olahraga yang sangat menghibur dengan urutan gulat yang baik yang berhasil menahan minat penonton untuk menyaksikan film berdurasi 160 menit atau 2 jam 40 menit ini.

Dikutip dari BBC, dalam 5 tahun terakhir, Bollywood telah memproduksi sejumlah biopic pahlawan olahraga India. Di antaranya adalah atlet kriket Azharuddin dan MS Dhoni, pelari sprint Olimpiade Milkha Singh dan pemenang medali emas Olimpiade, Mary Kom, seorang petinju wanita. Di film, tokoh ini diperankan Priyanka Chopra. Tapi, tak satu pun dari film ini yang mampu sukses di box office seperti Dangal.

Bagi Aamir, kesuksesan Dangal adalah kejayaan kembali bagi drama olahraga yang inspirasional. Sebelumnya, aktor berusia 51 tahun ini pernah menukangi Lagaan. Film yang hit pada 2002 ini mengisahkan tentang para petani yang menantang pemerintahan Inggris pada sebuah pertandingan kriket untuk meloloskan diri dari pajak yang mencekik. Film ini memenangkan sebuah nominasi Oscar dan masuk 25 film olahraga terbaik majalah Time.

(aln)
BERITA LAINNYA
  • Berita Film
    TOP MOVIE: Emma Watson Jelaskan Sindrom Stockholm yang di Alami ala Belle TOP MOVIE: Emma Watson Jelaskan Sindrom Stockholm yang di Alami ala Belle
    TOP MOVIE: Emma Watson Jelaskan Sindrom Stockholm yang di Alami ala Belle

    Sindrom Stockholm adalah kecenderungan sandera penculikan untuk jatuh cinta atau menunjukkan kesetian pada penyanderanya.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Niki Caro Siap Garap Live-Action Mulan Jadi Menarik TOP MOVIE: Niki Caro Siap Garap Live-Action Mulan Jadi Menarik
    TOP MOVIE: Niki Caro Siap Garap Live-Action Mulan Jadi Menarik

    Kabar baru datang dari penggarapan film live-action Mulan. Disney telah menunjuk Niki Caro sebagai sutradara live-action Mulan.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Kabar The Last Jedi Menyamar demi Misi Terbongkar TOP MOVIE: Kabar The Last Jedi Menyamar demi Misi Terbongkar
    TOP MOVIE: Kabar The Last Jedi Menyamar demi Misi Terbongkar

    Disney telah mengumumkan jika film terbaru Star Wars akan berjudul The Last Jedi.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Kerry Washington Dikabarkan Jadi Karakter Baru di Deadpool 2 TOP MOVIE: Kerry Washington Dikabarkan Jadi Karakter Baru di Deadpool 2
    TOP MOVIE: Kerry Washington Dikabarkan Jadi Karakter Baru di Deadpool 2

    Tak lama setelah film pertama tayang, ramai rumor mengatakan jika akan ada karakter baru di Deadpool 2, yakni Cable dan Domino.

  • Berita Film
    VIDEO: Alpha 5 Terlibat Perkelahian di Trailer Kedua Power Rangers VIDEO: Alpha 5 Terlibat Perkelahian di Trailer Kedua Power Rangers
    VIDEO: Alpha 5 Terlibat Perkelahian di Trailer Kedua Power Rangers

    Trailer kedua film Power Rangers akhirnya dirilis. Menariknya terdapat adegan perkelahian antara Alpha 5 dengan anak buah Rita Repulsa.

  • Berita Film
    Asyik, Adegan dan Lagu yang Hilang dari Film Moana Akan Dirilis Asyik, Adegan dan Lagu yang Hilang dari Film Moana Akan Dirilis
    Asyik, Adegan dan Lagu yang Hilang dari Film Moana Akan Dirilis

    Disney akan merilis adegan penting dan lagu yang hilang alias dipotong di film Moana menjadi sebuah DVD spesial.

  • Berita Film
    Wow, James Franco Kagumi Akting Selena Gomez Wow, James Franco Kagumi Akting Selena Gomez
    Wow, James Franco Kagumi Akting Selena Gomez

    akting Selena Gomez bersama Lisa London di film In Dubios Battle ternyata membuat James Franco kagum.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Nih, Lima Drama Korea Romantis Terfavorit TOP MOVIE: Nih, Lima Drama Korea Romantis Terfavorit
    TOP MOVIE: Nih, Lima Drama Korea Romantis Terfavorit

    Berikut adalah lima drama Korea yang sangat romantis yang terfavorit.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Ben Affleck Tak Ingin Kembali Perankan Batman TOP MOVIE: Ben Affleck Tak Ingin Kembali Perankan Batman
    TOP MOVIE: Ben Affleck Tak Ingin Kembali Perankan Batman

    Muncul isu Ben Affleck tak ingin kembali perankan sosok superhero Batman.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload