Movie Review: Arrival, Sebuah Kedatangan atau Kepergian?

Ady Prawira Riandi | Jum'at, 6 Januari 2017 - 12:28 wib
Arrival (Foto: Ist)

Arrival (Foto: Ist)

JAKARTA – Dalam beberapa tahun terakhir, kita selalu disuguhkan film-film bergenre science-fiction yang melibatkan perjalanan ruang angkasa atau bagaimana jika umat manusia hidup di luar planet Bumi. Setelah Gravity, Interstellar, The Martian, kini hadir kembali sebuah film baru garapan sutradara Dennis Villeneuve yang berjudul Arrival.

Berbeda dengan para pendahulunya, Arrival justru terlihat lebih seperti sebuah film yang membahas tentang satu cerita utuh, tak dinamis yang mengandalkan alur cerita yang rumit dan membingungkan. Sebuah film yang pada akhirnya akan membuat para penontonnya untuk bertanya-tanya, “Mengapa ini bisa terjadi? Atau apa yang sebenarnya sedang terjadi?”

Arrival bukanlah sebuah film yang membuat penontonnya merasa puas usai menonton seperti yang pernah dilakukan oleh The Martian. Film ini seakan meminta untuk diperbincangkan sejenak, dibahas kembali adegan demi adegannya, lalu menimbulkan sebuah perdebatan. Dan di situlah, kunci kesuksesan Arrival.

Amy Adams berperan sebagai Dr. Louise Banks, seorang ahli linguistik yang sengaja dipanggil untuk mengidentifikasi benda terbang yang mendarat di 12 titik berbeda di bumi. Benda terbang berbentuk seperti tempurung kura-kura ini menimbulkan keresahan bagi umat manusia akan invasi alien ke Bumi. Louise diperintahkan oleh pemerintah untuk menanyakan apa maksud dari kedatangan benda terbang tersebut ke Bumi.

Bersama pihak militer Amerika Serikat, Louise juga dibantu oleh seorang fisikawan bernama Ian Donnelly (Jeremy Renner). Segar rasanya melihat sosok Renner keluar dari bayang-bayang tokoh Hawkeye yang selalu melekat di dirinya. Sementara Louise berusaha untuk melakukan interaksi melalui bahasa dengan sosok Heptapod, alien berkaki tujuh, Ian dengan kemampuan fisikanya terus membantu menemukan jawaban dari apa tujuan 12 benda ruang angkasa tersebut datang dan mendarat di Bumi.

Di luar kehidupannya sebagai ahli linguistik, Louise ditampilkan memiliki sisi kehidupan yang gelap. Saat film dimulai, sudah ditampilkan kisah kehidupan gelap Louise yang memiliki seorang putri bernama Hannah. Kehidupannya tak pernah digali lebih jauh sehingga membuat para penonton semakin penasaran. Namun, kematian Hannah dipercaya menjadi titik balik bagi kehidupan Louise, yang diperankan oleh Amy Adams dengan gemilang. Amy mampu berakting dengan sangat baik dalam film ini, sehingga tak heran jika mendapat banyak nominasi berkat film Arrival.

Sinematografi dalam film ini pun layak mendapat pujian. Secara keseluruhan, teknik pengambilan gambar hingga yang dihasilkan sangat pas dan tidak berlebihan. Apalagi, saat adegan pertama pertemuan Louise dan Ian dengan Heptapod.

Meskipun beberapa poin dari film ini terlihat mengagumkan, Arrival juga tak lepas dari kekurangan. Twist yang dimilikinya terbilang mudah ditebak, jika Anda memperhatikan unsur-unsur kecil yang diberikan oleh Villeneuve sebagai clue. Selain itu, film Arrival juga bisa berbalik jadi membosankan, bagi orang-orang yang memang tidak menyukai tipikal film yang membuatnya berpikir terlalu berat.

Secara keseluruhan, nilai 8 pantas didapatkan oleh Arrival dengan berbagai kelebihannya sebagai sebuah film. Film ini akan mulai tayang di bioskop-bioskop di Indonesia mulai hari ini, Jumat (6/1/2017). Sebuah pelepas dahaga bagi para moviegoers yang sudah mulai bosan dengan film-film blockbusters. Happy watching, everyone! (fik)

(ful)
BERITA LAINNYA
  • Berita Film
    Panggung Oscar Penuh Masalah, Rasisme Jadi Isu Utama dalam 3 Tahun Terakhir Panggung Oscar Penuh Masalah, Rasisme Jadi Isu Utama dalam 3 Tahun Terakhir
    Panggung Oscar Penuh Masalah, Rasisme Jadi Isu Utama dalam 3 Tahun Terakhir

    Dalam tiga tahun terakhir, isu rasisme masih membayangi ajang penghargaan film bergengsi Oscar.

  • Berita Film
    Jika Tak Menang, Nomine Oscar Tetap Bawa Hadiah Senilai Rp3 Miliar Jika Tak Menang, Nomine Oscar Tetap Bawa Hadiah Senilai Rp3 Miliar
    Jika Tak Menang, Nomine Oscar Tetap Bawa Hadiah Senilai Rp3 Miliar

    Mereka yang hanya bisa masuk nominasi Oscar juga tetap membawa pulang hadiah mewah. Tak tanggung-tanggung, nilainya mencapai 3 Miliar.

  • Berita Film
    Film Berpendapatan Besar Tak Jamin Masuk Nominasi Oscar, Ini Alasannya Film Berpendapatan Besar Tak Jamin Masuk Nominasi Oscar, Ini Alasannya
    Film Berpendapatan Besar Tak Jamin Masuk Nominasi Oscar, Ini Alasannya

    Tidak semua film besar bisa masuk dalam nominasi Best Picture di penghargaan Oscar, Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Jagoan Lukman Sardi di Piala Oscar 2017 TOP MOVIE: Jagoan Lukman Sardi di Piala Oscar 2017
    TOP MOVIE: Jagoan Lukman Sardi di Piala Oscar 2017

    Gelaran The Academy Awards ke-89 menjadi sorotan insan perfilman dunia, salah satunya aktor Lukman Sardi.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Ups, Tom Holland Bakar Skrip Avengers: Infinity War TOP MOVIE: Ups, Tom Holland Bakar Skrip Avengers: Infinity War
    TOP MOVIE: Ups, Tom Holland Bakar Skrip Avengers: Infinity War

    Pemeran Spider-Man ini memposting video yang memperlihatkan dirinya membakar skenario Avengers: Infinity War.

  • Berita Film
    Ikuti Road to Oscar 2017 Hanya di Okezone Ikuti Road to Oscar 2017 Hanya di Okezone
    Ikuti Road to Oscar 2017 Hanya di Okezone

    Perhelatan Oscar 2017 tinggal menghitung hari. Oscar 2017 dihelat pada Minggu 26 Februari 2017 di Dolby Theatre.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: David Thewlis Jadi Ares di Wonder Women TOP MOVIE: David Thewlis Jadi Ares di Wonder Women
    TOP MOVIE: David Thewlis Jadi Ares di Wonder Women

    Terungkap sudah siapa lawan Gal Gadot di film Wonder Woman nanti. David Thewlis telah ditunjuk untuk menghidupkan karakter Ares.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Film Banjir Kritik di Piala Oscar 2017 TOP MOVIE: Film Banjir Kritik di Piala Oscar 2017
    TOP MOVIE: Film Banjir Kritik di Piala Oscar 2017

    Suicide Squad, menjadi salah satu film yang pernah menuai banyak kritik namun masuk nominasi Oscars 2017.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Pemeran Simba di The Lion King Remake TOP MOVIE: Pemeran Simba di The Lion King Remake
    TOP MOVIE: Pemeran Simba di The Lion King Remake

    Donald Glover secara resmi akan memerankan raja di film The Lion King Remake. Kabar inipun diumumkan langsung oleh sutradara Jon Favreau

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload