Katon Bagaskara Bakal Pentas di Gunung Api Purba

Prabowo | Kamis, 1 Desember 2016 - 19:49 wib

YOGYAKARTA - Kawasan Geopark Gunung Sewu menjadi tempat destinasi pariwisata. Lokasi yang membentang di tiga kabupaten dalam tiga provinsi, yakni Gunungkidul (DIY), Wonogiri (Jateng), Pacitan (Jatim) itu juga sudah menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark Network sejak 19 September 2015.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengaku perlu upaya melakukan promosi agar kawasan Gunung Api Purba di Nglangeran, Gunungkidul itu lebih dikenal masyarakat luas. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menghadirkan Katon Bagaskara untuk pentas di kawasan tersebut.

Sebanyak 45 seniman orkestra dari siswa siswi Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta bakal mengiringi penampilan pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 14 Juni 1966 tersebut. Bersama grup KLAkustik 2, Katon sempat merilis lagu berjudul 'Yogyakarta' tahun 1997 yang dinilai mempromosikan Kota Gudeg ini.

"Katon penyanyi yang turut mempromosikan Yogyakarta melalui lagu. Salah pertimbangan itu yang membuat kami ingin menampilkan Katon di Gunung Api Purba," katanya dalam keterangan pers di Hotel Neo Yogyakarta, Kamis (1/12/2016).

Aris menyebut, penampilan di Gunung Sewu itu merupakan tempat yang spektakuler. Sebab, lokasinya merupakan kawasan geopark yang sudah diakui UNESCO baru setahun silam.

"Kami berharap dengan penampilan Katon, bisa mendongkrak kunjungan wisata yang berimbas pada masyarakat sekitar. Masyarakat juga sudah semakin sadar untuk mengembangkan Gunung Api Purba itu menjadi objek wisata geopark," tandasnya.

GM Geopark Gunungsewu, Budi Martono menambahkan, acara bertakjud 'Gunung Sewu World Class Geopark Night Specta 2016 itu digelar pada Rabu, 7 Desember 2016 malam. Dia berharap agar cuaca mendukung, mengingat saat ini musim hujan. "Kita berharap agar tidak hujan," katanya.

Pengunjung tidak dibebani biaya tiket untuk menyaksikan penampilan Katon Bagaskara di alam terbuka tersebut. Meski gratis, untuk menuju kawasan itu ada retribusi sebesar Rp2.000 untuk pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga harus mengeluarkan uang Rp5.000 untuk parkir. Jarak antara lokasi parkir dan panggung sekira 1,5 kilomter. Panitia dari Kelompok Desa Wisata Nglanggeran juga menyediakan transportasi dari parkir menuju panggung utama yang cukup luas.

(ful)
BERITA LAINNYA
  • Berita Film
    Hollywood Kecam Adegan Pemerkosaan Nyata di Last Tango in Paris Hollywood Kecam Adegan Pemerkosaan Nyata di Last Tango in Paris
    Hollywood Kecam Adegan Pemerkosaan Nyata di Last Tango in Paris

    Adegan pemerkosaan nyata di film Last Tango in Paris dikecam berbagai pihak di Hollywood mulai dari Chris Evans hingga Jenna Fischer.

  • Berita Film
    Cerita Baru Naruto dengan Format Novel Cerita Baru Naruto dengan Format Novel
    Cerita Baru Naruto dengan Format Novel

    Naruto masih menjadi daya tarik penggemar manga.

  • Berita Film
    Ngeri, Adegan Pemerkosan di Film Last Tango in Paris Ini Nyata Ngeri, Adegan Pemerkosan di Film Last Tango in Paris Ini Nyata
    Ngeri, Adegan Pemerkosan di Film Last Tango in Paris Ini Nyata

    Pengakuan kontroversial sutradara Bernardo Bertolucci menyebut adegan pemerkosaan di film Last Tango in Paris yang dirilis pada 1972 nyata.

  • Berita Film
    Baru Episode Pertama, Drama Goblin Kalahkan Rekor Reply 1988 Baru Episode Pertama, Drama Goblin Kalahkan Rekor Reply 1988
    Baru Episode Pertama, Drama Goblin Kalahkan Rekor Reply 1988

    Drama Goblin yang tayang di TVN memecahkan rekor Reply 1988 pada episode pertamanya

  • Berita Film
    FOTO: Dwayne Johnson Terlibat Perkelahian Sengit FOTO: Dwayne Johnson Terlibat Perkelahian Sengit
    FOTO: Dwayne Johnson Terlibat Perkelahian Sengit

    Penonton dipastikan akan dapat menyaksikan perkelahian sengit Dwayne Johnson di Jumanji.

  • Berita Film
    Moana Masih Puncaki Box Office, Disney Cetak Rekor Baru Moana Masih Puncaki Box Office, Disney Cetak Rekor Baru
    Moana Masih Puncaki Box Office, Disney Cetak Rekor Baru

    Moana berhasil bertahan di puncak box office Amerika Serikat di 2-4 Desember 2016. Keberhasilan Moana itu membuat Disney mencapai rekor baru

  • Berita Film
    Mengenal Sosok Mumi dari Trailer The Mummy 2017 Mengenal Sosok Mumi dari Trailer The Mummy 2017
    Mengenal Sosok Mumi dari Trailer The Mummy 2017

    Mumi Ratu Mesir Ahmanet bangkit setelah ia merasa terganggu ketika dibawa oleh tim militer Tom Cruise dari Mesir ke London

  • Berita Film
    Movie Review: Bernyanyi dan Bergembira Bersama Sing Movie Review: Bernyanyi dan Bergembira Bersama Sing
    Movie Review: Bernyanyi dan Bergembira Bersama Sing

    Indonesia kembali kedatangan sebuah film ciamik yang memiliki potensi besar untuk menjadi idola baru.

  • Berita Film
    TOP MOVIE: Produser Jason Bourne Belum Bisa Pastikan Matt Damon Beradu Akting dengan Jeremy Renner TOP MOVIE: Produser Jason Bourne Belum Bisa Pastikan Matt Damon Beradu Akting dengan Jeremy Renner
    TOP MOVIE: Produser Jason Bourne Belum Bisa Pastikan Matt Damon Beradu Akting dengan Jeremy Renner

    ahun ini film Jason Bourne berhasil membukukan keuntungan sebesar USD415 juta di box office.

More Stories
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload