Share

Katon Bagaskara Bakal Pentas di Gunung Api Purba

Prabowo | Kamis, 1 Desember 2016 - 19:49 wib

YOGYAKARTA - Kawasan Geopark Gunung Sewu menjadi tempat destinasi pariwisata. Lokasi yang membentang di tiga kabupaten dalam tiga provinsi, yakni Gunungkidul (DIY), Wonogiri (Jateng), Pacitan (Jatim) itu juga sudah menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark Network sejak 19 September 2015.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengaku perlu upaya melakukan promosi agar kawasan Gunung Api Purba di Nglangeran, Gunungkidul itu lebih dikenal masyarakat luas. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menghadirkan Katon Bagaskara untuk pentas di kawasan tersebut.

Sebanyak 45 seniman orkestra dari siswa siswi Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta bakal mengiringi penampilan pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah pada 14 Juni 1966 tersebut. Bersama grup KLAkustik 2, Katon sempat merilis lagu berjudul 'Yogyakarta' tahun 1997 yang dinilai mempromosikan Kota Gudeg ini.

"Katon penyanyi yang turut mempromosikan Yogyakarta melalui lagu. Salah pertimbangan itu yang membuat kami ingin menampilkan Katon di Gunung Api Purba," katanya dalam keterangan pers di Hotel Neo Yogyakarta, Kamis (1/12/2016).

Aris menyebut, penampilan di Gunung Sewu itu merupakan tempat yang spektakuler. Sebab, lokasinya merupakan kawasan geopark yang sudah diakui UNESCO baru setahun silam.

"Kami berharap dengan penampilan Katon, bisa mendongkrak kunjungan wisata yang berimbas pada masyarakat sekitar. Masyarakat juga sudah semakin sadar untuk mengembangkan Gunung Api Purba itu menjadi objek wisata geopark," tandasnya.

GM Geopark Gunungsewu, Budi Martono menambahkan, acara bertakjud 'Gunung Sewu World Class Geopark Night Specta 2016 itu digelar pada Rabu, 7 Desember 2016 malam. Dia berharap agar cuaca mendukung, mengingat saat ini musim hujan. "Kita berharap agar tidak hujan," katanya.

Pengunjung tidak dibebani biaya tiket untuk menyaksikan penampilan Katon Bagaskara di alam terbuka tersebut. Meski gratis, untuk menuju kawasan itu ada retribusi sebesar Rp2.000 untuk pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga harus mengeluarkan uang Rp5.000 untuk parkir. Jarak antara lokasi parkir dan panggung sekira 1,5 kilomter. Panitia dari Kelompok Desa Wisata Nglanggeran juga menyediakan transportasi dari parkir menuju panggung utama yang cukup luas.

(ful)
BERITA LAINNYA
  • Berita Film
    Raih USD21 Juta, Hitman's Bodyguard Puncaki Box Office Amerika Utara Raih USD21 Juta, Hitman's Bodyguard Puncaki Box Office Amerika Utara
    Raih USD21 Juta, Hitman's Bodyguard Puncaki Box Office Amerika Utara

    Film terbaru The Hitman's Bodyguard yang tayang di 3.377 bioskop menghasilkan USD21 juta sekaligus memuncaki box office Amerika Utara.

  • Berita Film
    Pencipta Marvel Comics Ingin Silver Surfer Muncul di Fantastic Four Pencipta Marvel Comics Ingin Silver Surfer Muncul di Fantastic Four
    Pencipta Marvel Comics Ingin Silver Surfer Muncul di Fantastic Four

    Stan Lee adalah pencipta Marvel Comics yang wajahnya sering wara wiri di sejumlah film di Marvel Cinematic Universe.

  • Berita Film
    Susul Han Solo, Star Wars Akan Buat Film Solo Obi-Wan Kenobi Susul Han Solo, Star Wars Akan Buat Film Solo Obi-Wan Kenobi
    Susul Han Solo, Star Wars Akan Buat Film Solo Obi-Wan Kenobi

    Menyusul Han Solo, karakter Obi-Wan Kenobi di film Star Wars juga akan dibuatkan film solonya.

  • Berita Film
    Juru Bicara Klarifikasi Klaim Casey soal Ben Affleck Tak Akan Main di The Batman Juru Bicara Klarifikasi Klaim Casey soal Ben Affleck Tak Akan Main di The Batman
    Juru Bicara Klarifikasi Klaim Casey soal Ben Affleck Tak Akan Main di The Batman

    Ben Affleck kembali dikabarkan akan mundur dari The Batman. Rumor terbaru muncul gara-gara pernyataan sang kakak yakni Casey Affleck.

  • Berita Film
    Maknai Filosofi Cinta Segitiga, Meet Me After Sunset Jadi Wajib Ditonton Maknai Filosofi Cinta Segitiga, Meet Me After Sunset Jadi Wajib Ditonton
    Maknai Filosofi Cinta Segitiga, Meet Me After Sunset Jadi Wajib Ditonton

    Terdapat beberapa alasan untuk tidak melewatkan penayangan film Meet Me After Sunset.

  • Berita Film
    Datangi Desa Terpencil, Maxime Bouttier Bocorkan Cerita Meet Me After Sunset Datangi Desa Terpencil, Maxime Bouttier Bocorkan Cerita Meet Me After Sunset
    Datangi Desa Terpencil, Maxime Bouttier Bocorkan Cerita Meet Me After Sunset

    MNC Pictures telah resmi memperkenalkan Meet Me After Sunset sebagai salah satu film terbaru mereka.

  • Berita Film
    MOVIE FACT: Tak Hanya Populer, 5 Drama tvN Ini Juga Raih Rating Mumpuni MOVIE FACT: Tak Hanya Populer, 5 Drama tvN Ini Juga Raih Rating Mumpuni
    MOVIE FACT: Tak Hanya Populer, 5 Drama tvN Ini Juga Raih Rating Mumpuni

    Sejumlah drama populer, seperti trilogi Reply, Goblin, dan Another Miss Oh, memberikan gambaran baru tentang jaringan TV kabel di Korea.

  • Berita Film
    Pastikan Bintangi Bond 25, Daniel Craig Masuk Aktor Terlama Perankan James Bond Pastikan Bintangi Bond 25, Daniel Craig Masuk Aktor Terlama Perankan James Bond
    Pastikan Bintangi Bond 25, Daniel Craig Masuk Aktor Terlama Perankan James Bond

    Teka-teki tentang sosok Bond pada film James Bond 25, akhirnya terjawab.

  • Berita Film
    FOTO: Ayu Ting Ting Siap Debut Akting di Film Layar Lebar? FOTO: Ayu Ting Ting Siap Debut Akting di Film Layar Lebar?
    FOTO: Ayu Ting Ting Siap Debut Akting di Film Layar Lebar?

    Pemilik nama asli Rosmalina itu pun berencana menjajal akting di dunia layar lebar.   

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload