Share

Ketika Bung di Ende, Film Kisah Soekarno di Pengasingan Ende

Lamtiur Kristin Natalia Malau | Kamis, 5 September 2013 - 14:51 wib
Presiden Soekarno (foto: ist)

Presiden Soekarno (foto: ist)

JAKARTA – Sebuah film yang mengisahkan tentang tempat pengasingan Presiden Pertama Indonesia di Ende, Nusa Tenggara Timur, akan diproduksi dalam waktu dekat dengan judul Ketika Bung di Ende.

Egy Massadiah, selaku produser eksekutif, mengungkapkan timnya sudah siap syuting. Lokasi pengambilan gambarnya pun akan dilakukan di tempat-tempat yang pernah disinggahi Bung Karno.

"Alhamdulillah, semua sudah siap, kami segera syuting. Lokasinya di Ende, judulnya Ketika Bung di Ende," kata Egy Massadiah, produser eksekutif, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (5/9/2013).

Lebih lanjut, Egy menuturkan, salah satu adegan penting dalam film tersebut adalah saat Soekarno merumuskan jati diri bangsa Indonesia, yang kelak dikenal sebagai Pancasila di bawah pohon sukun di pinggir pantai Ende.

Sebagaimana yang disampaikan Egy, yang juga aktor Teater Mandiri Putu Wijaya, film itu berkisah tentang serpihan peristiwa dari fase penting dalam perjuangan Soekarno, founding father Republik Indonesia itu. Ruang dan waktu pengisahan berlangsung antara tahun 1934 hingga 1938 di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Empat tahun di pengasingan yang jauh dari habitat politiknya membuat Soekarno mengalami keterasingan eksistensial paling parah dalam hidupnya. Jauh sebelum kedatangan Soekarno, kolonial Belanda telah melakukan propaganda bahwa laki-laki yang akan tiba di kampung Ambugaga Ende, adalah seorang ekstrimis antikolonial yang sangat berbahaya.

Film layar lebar ini disutradarai oleh Viva Westy, dengan Baim Wong yang berperan sebagai Bung Karno, dan Ria Irawan sebagai Inggit Ganarsih, istri Soekarno.

"Film ini meski hanya memotret perjalanan hidup Bung Karno dalam kurun empat tahun, namun kisah tokoh besar ini. Akan menularkan semangat dan inspirasi bagi generasi saat ini," tandas Egy. (gal)
BERITA LAINNYA
  • Berita Film
    Sok Tegar, Karakter Bintang Mars Met Venus Mirip Kehidupan Nyata Sok Tegar, Karakter Bintang Mars Met Venus Mirip Kehidupan Nyata
    Sok Tegar, Karakter Bintang Mars Met Venus Mirip Kehidupan Nyata

    Para pemain menceritakan kalau karakternya di film Mars Met Venus mirip dengan kehidupan nyata

  • Berita Film
    Alasan Lelaki Berbohong Diungkap Part Cowok Film Mars Met Venus Alasan Lelaki Berbohong Diungkap Part Cowok Film Mars Met Venus
    Alasan Lelaki Berbohong Diungkap Part Cowok Film Mars Met Venus

    Para pemain laki-laki dari film Mars Met Venus sangat antusias menyambut penayangan part cowok pada 3 Agustus 2017.

  • Berita Film
    Ingin Luluhkan Kerasnya Hati Laki-Laki, Tonton Mars Met Venus Part Cowok Ingin Luluhkan Kerasnya Hati Laki-Laki, Tonton Mars Met Venus Part Cowok
    Ingin Luluhkan Kerasnya Hati Laki-Laki, Tonton Mars Met Venus Part Cowok

    Setelah tayang sejak 20 Juli 2017, part cewek dari film Mars Met Venus mengundang berbagai macam respons dari para penontonnya.

  • Berita Film
    Pasca-Dirilisnya Part Cewek, Pemain Mars Met Venus Tak Sabar Tunggu Part Cowok Pasca-Dirilisnya Part Cewek, Pemain Mars Met Venus Tak Sabar Tunggu Part Cowok
    Pasca-Dirilisnya Part Cewek, Pemain Mars Met Venus Tak Sabar Tunggu Part Cowok

    Setelah part pertama keluar, para pemain pria dalam film tesebut sangat antusias menyambut part cowok yang akan ditayangkan pada 3 Agustus.

  • Berita Film
    Profesor Flitwick 'Harry Potter' Dipastikan Akan Bermain di Film Han Solo Profesor Flitwick 'Harry Potter' Dipastikan Akan Bermain di Film Han Solo
    Profesor Flitwick 'Harry Potter' Dipastikan Akan Bermain di Film Han Solo

    Warwick Davis, pemeran Profesor Flitwick di film-film Harry Potter resmi akan bermain di film spin-off Han Solo.

  • Berita Film
    Tiga Nama Bersaing Rebut Kursi Sutradara James Bond 25 Tiga Nama Bersaing Rebut Kursi Sutradara James Bond 25
    Tiga Nama Bersaing Rebut Kursi Sutradara James Bond 25

    Pencarian sutradara film James Bond ke-25 telah mengerucut ke tiga nama yakni Yann Demange, Denis Villeneuve, dan David Mackenzie.

  • Berita Film
    Thor & Star-Lord Akan Hadirkan Banyak Tawa di Infinity War Thor & Star-Lord Akan Hadirkan Banyak Tawa di Infinity War
    Thor & Star-Lord Akan Hadirkan Banyak Tawa di Infinity War

    Ada satu alasan lagi yang membuat fans harus pergi ke bioskop dan menonton Avengers: Infinity War tahun depan.

  • Berita Film
    Kocak, Justice League dan Mission: Impossible 6 Sengketa Kumis Henry Cavill Kocak, Justice League dan Mission: Impossible 6 Sengketa Kumis Henry Cavill
    Kocak, Justice League dan Mission: Impossible 6 Sengketa Kumis Henry Cavill

    Cavill dilarang oleh Paramount Pictures untuk mencukur kumisnya demi kepentingan perannya di MI6. Bertentangan dengan film Justice League.

  • Berita Film
    Amy Schumer Dukung Anne Hathaway Perankan Barbie Amy Schumer Dukung Anne Hathaway Perankan Barbie
    Amy Schumer Dukung Anne Hathaway Perankan Barbie

    Bentroknya jadwal syuting membuat Amy Schumer harus merelakan peran utama yang telah didapatnya untuk film live-action Barbie

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload