Uje Penyanyi & Pencipta Lagu yang Baik

|

Edi Hardian - Okezone

Ustadz Jefri alias Uje (Foto: Rama Narada Putra/okezone)

Uje Penyanyi & Pencipta Lagu yang Baik
JAKARTA - Sosok Ustadz Jefri Al Buchori memang punya ciri khas. Saat berceramah, dia selalu melantunkan ayat-ayat suci Alquran dengan suara merdu, hingga mampu membuai perasaan para jamaahnya.

Dengan kemampuan qori yang dimiliki, cengkok Uje bisa terdengar indah saat menyanyikan lagu bernada pop religi. Dia akhirnya memutuskan menggabungkan syiar agama dengan lagu. Suami Pipik ini pertama kali menggelontorkan album religi pada 2007, berisi 10 track, dan bonus track tujuh lagu.

Uje yang meninggalkan empat anak saat meninggal sempat juga merilis album mini berjudul Shalawat Cinta. Album yang digarap kurang lebih tiga bulan itu dirilis pada 15 Agustus 2011.

Ada salah satu karya almarhum, yakni sebuah lagu yang didedikasikan untuk istrinya yang salehah, Pipit, berjudul "Bidadari Surga". Jelas, almarhum adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu berbakat.

Karya mendiang lainnya, lagu "Sepohon Kayu" yang liriknya mengingatkan kembali umat Islam agar rajin beribadah demi mendapat limpahan berkah dari Allah SWT.

Uje juga sempat berduet dengan penyanyi religi Opick di lagu "Ya Robbana", suara tingginya melantun pujian-pujian terhadap Allah dalam bahasa Arab menambah aura lagu religi terasa semakin kuat. Lagu ini masuk dalam album Opick berjudul Istighfar, yang rilis pada 1 Oktober 2005.

Karena sosok ustadz muda ini memiliki kharisma kuat, almarhum yang lahir di Jakarta, 12 April 1973 ini juga pernah didaulat band papan atas Ungu berkolaborasi di lagu "Surga Hati", yang masuk dalam album religi Ungu berjudul Para Pencari-Mu, dirilis pada 2007.

Karena sosok uniknya, dia pernah me-remake lagu "Jablay" berirama dangdut yang pernah tenar di Tanah Air menjadi lagu dakwah berjudul "Ya Rasulullah". Liriknya digubah menjadi pujian terhadap Nabi Muhammad SAW.

Video klip Uje yang sudah diunggah ke YouTube banyak memberikan belasungkawa atas meninggalnya ustadz gaul ini. Uje juga banyak menerima pujian dari netizens, karena telah menciptakan lagu yang menyentuh rasa.

Kini, Uje telah pergi selama-lamanya dari dunia fana ini. Namun, dia tampak masih hidup karena meninggalkan karya lagu sebagai cahaya yang akan selalu menerangi hati umatnya. (tre)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Raffi Ahmad Mulai Berubah Setelah Menikah