Pasang Kamera di Toilet, Super Trap Trans Tv Plagiat Acara Asing

Selasa, 27 November 2012 12:07 wib | Elang Riki Yanuar - Okezone

Super Trap (Foto: ist) Super Trap (Foto: ist) JAKARTA- Acara Super Trap edisi Minggu 25 November 2012 menuai kontroversi. Program yang ditayangkan Trans Tv itu dikecam karena menampilkan jebakan di dalam toilet.

Dalam acara itu, tim Super Trap coba mengisengi pengguna toilet. Kamera pun dipasang di dalamnya. Ketika korban masuk ke dalam toilet untuk buang hajat, lantai toilet tiba-tiba terangkat dan atapnya terbuka sehingga aktivitas korban terlihat di depan umum.

Korban pun langsung kelabakan dan mendapat malu karena menjadi tontonan orang. Karena korban sedang melakukan aktivitas buang air, alat kelaminnya pun terlihat di depan umum. Namun, Super Trap coba menyensor bagian vital korban menggunakan emoticon.

Alih-alih membuat penonton tertawa, tayangan itu justru banyak dikecam masyarakat. Menampilkan aktivitas dan memasang kamera di wilayah privat seperti toilet dianggap hal yang tidak etis dan tidak pantas.

Konsep jebakan toilet seperti Super Trap ini sebenarnya bukan sebuah jebakan baru. Jebakan serupa bisa kita lihat di acara-acara serupa seperti di Amerika atau Jepang. Bahkan, tayangan jebakan di luar negeri itu sudah terjadi beberapa tahun lalu.

Kita akan dengan mudah menemukan jebakan seperti Super Trap ini di YouTube. Namun, tim Super Trap sepertinya menyamaratakan budaya asing dengan budaya di Indonesia. Bagi masyarakat Jepang misalnya, jebakan semacam ini dianggap lucu dan menarik jadi tontotan. Tapi, masyarakat Jepang tentu memiliki nilai dan norma yang berbeda dengan masyarakat Indonesia.

Di sini, mempermalukan orang dengan memperlihatkan aktivitas buang hajatnya di depan umum dianggap sangat tidak pantas. Apalagi sampai disiarkan di televisi. Bahkan, dalam aduan yang diterima Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Super Trap dianggap melakukan pelecehan seksual terhadap korban yang dijahilinya.

KPI menerima lebih 500 aduan masyarakat terhadap tayangan Super Trap itu. KPI pun langsung menindaklanjuti aduan itu dengan menggelar rapat pleno. Meski pihak Trans Tv sudah meminta maaf, KPI tetap berencana melakukan tindakan berupa sanksi terhadap Super Trap Trans Tv. (rik)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »