Rambah Industri Ban Motor, 5 PT PN Gelontorkan Rp144 M

Jum'at, 13 Januari 2012 10:44 wib | R Ghita Intan Permatasari - Okezone

Ilustrasi. Wordpress. Ilustrasi. Wordpress. BANDUNG - Lima perusahaan PT Perkebunan Nusantara (PT PN) berencana membangun pabrik ban sepeda motor dengan nilai investasi sekira Rp144 miliar pada Maret 2012.

"Kita akan membangun pabrik ban sepeda motor dengan nilai investasi Rp144 miliar," ungkap President Direktur PTPN VIII, Bagas Angkasa, kala ditemui dikantornya, Bandung, Kamis (12/1/2012).

Pembangunan pabrik ban sepeda motor tersebut, akan menggandeng beberapa PT PN lainnya, antara lain PT PN III, PT PN IX, PT PN VII dan PT PN XII.

Alasan PTPN VIII melirik usaha pabrik ban sepeda motor, karena pesatnya pertumbuhan kendaraan sepeda motor di Indonesia.
"Nanti kita juga akan mengajak pihak swasta salam membangun pabrik ban ini, tapi hingga saat ini masih dikaji," paparnya.

Adapun komposisi konsorsium dalam pembuatan pabrik tersebut adalah PT PN III sebesar 31,33 persen, PT PN VII 8,67 persen, PT PN VIII 20 persen, PT PN XI 20 persen, dan PT PN XII sebesar 20 persen.

Untuk itu, konsorsium tersebut akan menggelontorkan modal disetor awal sebesar Rp57,7 miliar. Nantinya, pabrik tersebut akan berlokasi di kawasan industri kujang, Cikampek.

Sekadar informasi, hingga saat ini ada beberapa nama usulan untuk pabrik tersebut namun belum diputuskan nama yang tepat. Usulan nama-nama tersebut adalah PT Karet Unggul Nusantara, PT Sinar Karet Nusantara, PT Karet Persada Nusantara dan PT Hevea Industri Nusantara. (mrt) (rhs)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »