Bandara Sukabumi Dibangun 2015

Toni Kamajaya | Minggu, 5 Juni 2011 - 18:45 wib
ilustrasi Foto: Heru Haryono/okezone

ilustrasi Foto: Heru Haryono/okezone

SUKABUMI - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat mengagendakan pembangunan bandar udara (Bandara) Citarete, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mulai dilaksanaan pada 2015 mendatang. Bandara yang ditujukan untuk menunjang pariwisata di Jabar Selatan ini akan menyedot anggaran hingga Rp1,5 triliun.

"Namanya Bandara Citarete, untuk rencana pembangunannya sudah dilakukan feasibility study pada tahun 2005. Perizinannya pun sudah dilakukan ke Kementerian Perhubungan melalui pemerinta daerah setempat. Dengan begitu pembangunannya tinggal dilakukan saja dengan pembiayaan selama 15 tahun yang bersumber dari APBD dan APBN terhuting mulai 2005," terang Kepala Bappeda Jabar Deny Juanda, di Sukabumi, Minggu (5/6/2011).

Dijelaskannya, Bandara Citarete yang diperkirakan akan menyedot anggaran Rp1,5 triliun ini akan dibangun  dengan dimensi run way 1,9 Km dengan lebar 30-60 M. Bandara ini juga ditunjang dengan infrastruktur berupa jalan Tol Pelabuhanratu-Surade dengan tujuan Bandara Citarete melalui jalan arteri. Jalan bebas hambatan ini merupakan lanjutan dari pembangunan jalan Tol Ciawi-Sukabumi.

Lebih lanjut Deny mengungkapkan infrastruktur penerbangan ini tidak hanya akan berfungsi sebagai bandara domestik saja, tapi fungs utama lainnya adalah sebagai sarana penunjang pariwisata dan industri agromarine untuk pertumbuhan perekonomian masyarakat pesisir.

"Prasyarat untuk pembangunan bandara ini, Pemda Kabupaten Sukabumi telah berhasil melakukan promosi besar-besaran untuk sektor pariwisata, termasuk menarik investor untuk pembangunan wilayah Selatan dan industri agromarine. Selambat-lambatnya upaya promosi ini  sudah dilakukan pada 2014," terang Deny.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Sukabumi Dodi Sumanteri menegaskan keberadaan Bandara Citarete ini akan menjadi pemerata bagi pembangunan Sukabumi, terutama di wilayah selatan yang selama ini relatif minim. Pembangunannya akan berdampak pada perekonomian masyarakat, sebab fasilitas penerbangan ini akan diikuti oleh industri lainnya. (and)
BERITA LAINNYA
  • Sektor Riil
    Hary Tanoe: Butuh Keputusan Tepat Hadapi Tantangan Ekonomi Hary Tanoe: Butuh Keputusan Tepat Hadapi Tantangan Ekonomi
    Hary Tanoe: Butuh Keputusan Tepat Hadapi Tantangan Ekonomi

    Ekonomi Indonesia ke depan mengalami berbagai tentangan, dibutuhkan keputusan tepat sasaran untuk menghadapi situasi tersebut.

  • Sektor Riil
    Harga Emas Antam Kembali Naik Rp1.000 Harga Emas Antam Kembali Naik Rp1.000
    Harga Emas Antam Kembali Naik Rp1.000

    Harga emas produksi PT Aneka Tambang (Antam) 1 gram dijual pada hari ini mengalami kenaikan harga Rp1.000 dan dibanderol Rp617.000.

  • Sektor Riil
    OJK: Festival Fintech Lahirkan Startup Baru OJK: Festival Fintech Lahirkan Startup Baru
    OJK: Festival Fintech Lahirkan Startup Baru

    Acara Fintech diharapkan dapat menjadi pemicu lahirnya startup baru yang memberi terobosan bagi kemajuan teknologi Keuangan di Indonesia.

  • Sektor Riil
    Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Fintech Festival di BSD Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Fintech Festival di BSD
    Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Fintech Festival di BSD

    Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Kota Tangerang Selatan, Banten. Lawatannya tersebut menghadiri Fintech Festival

  • Sektor Riil
    Harga Emas Naik Didorong Pidato Yellen Harga Emas Naik Didorong Pidato Yellen
    Harga Emas Naik Didorong Pidato Yellen

    Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir naik pada Senin (Selasa pagi WIB).

  • Sektor Riil
    Pasokan Berlimpah, Harga Minyak Dunia Turun Pasokan Berlimpah, Harga Minyak Dunia Turun
    Pasokan Berlimpah, Harga Minyak Dunia Turun

    Harga minyak dunia turun pada Senin (Selasa pagi WIB), di tengah kekhawatiran pasar atas meningkatnya produksi minyak mentah.

  • Sektor Riil
    TOP BISNIS: Jebloknya Performa IHSG hingga Indonesia Negara Paling Boros Energi   TOP BISNIS: Jebloknya Performa IHSG hingga Indonesia Negara Paling Boros Energi
    TOP BISNIS: Jebloknya Performa IHSG hingga Indonesia Negara Paling Boros Energi

    Peternak sapi di Kabupaten Simalungun belum merasakan adanya peningkatan permintaan untuk hewan kurban.

  • Sektor Riil
       TERPOPULER: Bos Baru Bank Dunia Dapat Dukungan Sri Mulyani      TERPOPULER: Bos Baru Bank Dunia Dapat Dukungan Sri Mulyani
    TERPOPULER: Bos Baru Bank Dunia Dapat Dukungan Sri Mulyani

    Sri Mulyani melihat prestasi yang dicapai oleh Dr Kim selama periode pertama kepemimpinannya di Bank Dunia sejak tahun 2012.

  • Sektor Riil
       Kadin Jerman Turunkan Prediksi Ekspor Gara-Gara Brexit      Kadin Jerman Turunkan Prediksi Ekspor Gara-Gara Brexit
    Kadin Jerman Turunkan Prediksi Ekspor Gara-Gara Brexit

    Asosiasi perdagangan Jerman, BGA memangkas perkiraan pertumbuhan ekspor 2016.

More Stories
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload