Happy Salma Baca Pidato Soekarno 'Lahirnya Pancasila'

|

Iman Herdiana - Okezone

Happy Salma (Foto:Johan Sompotan/okezone)

Happy Salma Baca Pidato Soekarno 'Lahirnya Pancasila'
BANDUNG - Happy Salma tampil dalam peringatan Hari Lahirnya Pancasila. Artis cantik ini membuka diskusi bertema 'Pancasila: Jalan Menuju Negara Paripurna' di Graha Sanusi Universitas Padjdjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

Happy yang mengenakan kebaya putih, kain batik cokelat plus selendang batik, melangkah menuju mimbar diiringi lagu klasik yang dinyanyikan Lilis Suryani. Dengan lantang, Happy menirukan pidato pidato Soekarno tentang Lahirnya Pancasila di depan sidang BPUPKI dulu.

"Saudara-saudara," kata Happy di depan ratusan peserta diskusi, "Prinsif kebangsaan ini ada bahayanya, prinsif nasionalisme menjadi cauvinisme. Saya nasionalis tapi kebangsaan saya adalah kemanusiaan," ungkap Happy, Rabu (1/6/2011).

Dalam pidato penuh semangat Soekarnoisme itu, artis yang juga aktif membaca puisi dan bermain teater itu menyampaikan pandangan kebangsaan.

Kebangsaan, lanjutnya, bukanlah cauvinis seperti Jerman bangsa Aria yang mengklaim bermata biru, tinggi besar, dan berkulit putih. Tetapi nasionalisme yang berkemanusiaan dan internasional, yakni menghargai berdirinya bangsa-bangsa lain.

"Kita bukan hanya dirikan Indonesia merdeka tetapi internasionalisme. Indonesia bukan negara untuk satu orang dan satu golongan, tetapi untuk semuanya antara Islam, Kristen, dan lainnya," paparnya.

Sesekali peserta diskusi bertepuk tangan menyimak pidato Happy. Dalam kesempatan itu artis muda ini menunjukkan kepiawaiannya dalam seni peran, yakni memerankan sosok Bung Karno.

Diskusi tersebut digelar Institut Nalar Jatinangor dan Hima AN Fisip Unpad. Selain menampilkan Heppy Salma, diskusi yang dimulai pukul 14.00 WIB ini menampilkan pembicara Yudi Latif, Andreas Yewangoe, Colin Brown, Dawam Rahardjo, Miranda Risang Ayu, Rocky Gerung. (ang)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jessica Tantang Ludwig Hadiri Mediasi