Cita-Cita Terakhir Franky Sahilatua

Iman Herdiana | Kamis, 21 April 2011 - 14:16 wib
Franky Sahilatua (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

Franky Sahilatua (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

BANDUNG - Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ) Bandung turut berduka atas meninggalnya penyanyi balada legendaris Franky Sahilatua. Semasa hidup, Franky merupakan sosok musisi yang amat dekat dengan KPJ.

Ketua KPJ Bandung Yayan Haryanto mengatakan, Franky bisa dikatakan sebagai senior KPJ Indonesia. Almarhum turut membesarkan KPJ bersama anggota KPJ lainnya seperti Iwan Fals, Tukul Arwana, almarhum Mbah Surip, dan Ucok Baba.

"Mereka sering nongkrong bareng di tempat KPJ Pusat biasa nongkrong, di Bulungan, Blok M, Jakarta," tutur Yayan yang ditemani pengurus KPJ Bandung Yudha DH Primal, saat berbincang dengan okezone di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/4/2011).

KPJ Bandung menganggap meninggalnya pelantun Lelaki dan Rembulan merupakan kehilangan besar bagi industri musik Tanah Air. "Hubungan Franky dengan seniman Bandung amat dekat," paparnya.

Terakhir kali Franky ke Bandung, kenang Yayan, ketika KPJ Bandung menggelar konser peduli lingkungan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, sekira 1997. Waktu itu, Yayan tampil sepanggung dengan Franky bersama Ketua KPJ Pusat Anto Baret, dan musisi Abah Iwan Abdurachman.

"Franky musisi yang sangat baik, someah (ramah). Apa boleh buat, sekarang beliau pergi. Tapi karyanya hidup terus," kata Yayan.

Dia berharap, pemerintah memberikan penghargaan khusus kepada Franky. Mengingat lagu-lagunya yang sarat makna dan penuh kritik sosial yang membangun. Misalnya lagu Perahu Retak. "Dia legendaris. Lagunya bersifat abadi, enggak kayak band sekarang," ujarnya.

Yudha DH Primal menambahkan, ada satu cita-cita Franky yang hingga ajal menjemput belum terlaksana. "Almarhum pernah bercita-cita ingin menggelar festival musik jalanan se-Indonesia, cuma tak terlaksana," tutur Yudha.

Sepeninggal musisi asal Surabaya itu, sangat sulit mencari penerus yang konsisten dengan kritik sosial seperti pada lagu Di Bawah Bendera. Franky tak cuma kritis mengkritik kondisi sosial, juga romantis seperti lagu Kemesraan yang diciptakannya bersama Iwan Fals.

"Penerus di KPJ memang dari segi vokal banyak yang punya suara mirip Franky. Tetapi Franky adalah Franky yang legendaris," tandasnya. (ang)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #3: Yuke Nilai Ahmad Dhani Mampu Keras dan Tegas Jadi Wabup Bekasi TOP GOSSIP #3: Yuke Nilai Ahmad Dhani Mampu Keras dan Tegas Jadi Wabup Bekasi
    TOP GOSSIP #3: Yuke Nilai Ahmad Dhani Mampu Keras dan Tegas Jadi Wabup Bekasi

    Yuke menilai jika kepribadian Ahmad Dhani tak jauh dari karakteristik Gubernur DKI Jakarta saat ini, Ahok. Yaitu kejam dan tegas.

  • Hot Gossip
    Rina Nose Bocorkan Kondisi Terbaru Saipul Jamil di Dalam Tahanan Rina Nose Bocorkan Kondisi Terbaru Saipul Jamil di Dalam Tahanan
    Rina Nose Bocorkan Kondisi Terbaru Saipul Jamil di Dalam Tahanan

    Berada di balik jeruji besi membuat pedangdut Saipul Jamil hilang dari peredaran dunia hiburan.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #2: Ingin Berkarir di PBB Jadi Alasan Angelina Jolie Ceraikan Brad Pitt TOP GOSSIP #2: Ingin Berkarir di PBB Jadi Alasan Angelina Jolie Ceraikan Brad Pitt
    TOP GOSSIP #2: Ingin Berkarir di PBB Jadi Alasan Angelina Jolie Ceraikan Brad Pitt

    Angelina Jolie dikabarkan memiliki ambisi untuk berkarier di dunia politik. Khususnya bekerja di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

  • Hot Gossip
    Elly Sugigi Tak Sungkan Tidur Seranjang dengan ART Elly Sugigi Tak Sungkan Tidur Seranjang dengan ART
    Elly Sugigi Tak Sungkan Tidur Seranjang dengan ART

    Elly Sugigi memiliki pandangan berbeda terhadap orang-orang yang menggeluti profesi asisten rumah tangga

  • Hot Gossip
    Rahasia Soraya Larasati Mengurus Anak Rahasia Soraya Larasati Mengurus Anak
    Rahasia Soraya Larasati Mengurus Anak

    Aktris Soraya Larasati sepertinya sudah semakin matang menjadi seorang ibu untuk buah hatinya yang kini sudah berusia tiga tahun.

  • Hot Gossip
    TOP GOSSIP #1: Pengacara Shyalimar Tidak Inginkan Berdamai Dengan Riza Shahab TOP GOSSIP #1: Pengacara Shyalimar Tidak Inginkan Berdamai Dengan Riza Shahab
    TOP GOSSIP #1: Pengacara Shyalimar Tidak Inginkan Berdamai Dengan Riza Shahab

    Kuasa hukum Shyalimar tidak ingin menempuh jalur damai dengan pihak Riza Shahab. Berharap Riza secepatnya bisa ditetapkan menjadi tersangka

  • Hot Gossip
    Elly Sugigi Minta Semua Pihak Hargai Asisten Rumah Tangga Elly Sugigi Minta Semua Pihak Hargai Asisten Rumah Tangga
    Elly Sugigi Minta Semua Pihak Hargai Asisten Rumah Tangga

    wanita bernama lengkap Elly Suhari menentang keras aksi diskrimasi yang ditunjukkan oleh seorang majikan terhadap asisten rumah tangga (ART)

  • Hot Gossip
    Pipi Chubby Tina Toon Bawa Hoki Pipi Chubby Tina Toon Bawa Hoki
    Pipi Chubby Tina Toon Bawa Hoki

    Dikenal dengan penyanyi cilik yang lucu dengan pipi menggemaskan masih melekar pada Tina Toon hingga saat ini

  • Hot Gossip
    FOTO: Demi Dekati IU, Kang Na Heul Rela Jadi 'Ojek Payung' FOTO: Demi Dekati IU, Kang Na Heul Rela Jadi 'Ojek Payung'
    FOTO: Demi Dekati IU, Kang Na Heul Rela Jadi 'Ojek Payung'

    Aktor Kang Na Heul melakukan beberapa aksi konyol dan mengumbar lelucon demi mendapatkan perhatian dan ingin menjadi sahabat penyanyi IU.

More Stories
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload