Cita-Cita Terakhir Franky Sahilatua

Iman Herdiana | Kamis, 21 April 2011 - 14:16 wib
Franky Sahilatua (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

Franky Sahilatua (Foto:Tomi Tresnady/okezone)

BANDUNG - Kelompok Pengamen Jalanan (KPJ) Bandung turut berduka atas meninggalnya penyanyi balada legendaris Franky Sahilatua. Semasa hidup, Franky merupakan sosok musisi yang amat dekat dengan KPJ.

Ketua KPJ Bandung Yayan Haryanto mengatakan, Franky bisa dikatakan sebagai senior KPJ Indonesia. Almarhum turut membesarkan KPJ bersama anggota KPJ lainnya seperti Iwan Fals, Tukul Arwana, almarhum Mbah Surip, dan Ucok Baba.

"Mereka sering nongkrong bareng di tempat KPJ Pusat biasa nongkrong, di Bulungan, Blok M, Jakarta," tutur Yayan yang ditemani pengurus KPJ Bandung Yudha DH Primal, saat berbincang dengan okezone di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/4/2011).

KPJ Bandung menganggap meninggalnya pelantun Lelaki dan Rembulan merupakan kehilangan besar bagi industri musik Tanah Air. "Hubungan Franky dengan seniman Bandung amat dekat," paparnya.

Terakhir kali Franky ke Bandung, kenang Yayan, ketika KPJ Bandung menggelar konser peduli lingkungan di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, sekira 1997. Waktu itu, Yayan tampil sepanggung dengan Franky bersama Ketua KPJ Pusat Anto Baret, dan musisi Abah Iwan Abdurachman.

"Franky musisi yang sangat baik, someah (ramah). Apa boleh buat, sekarang beliau pergi. Tapi karyanya hidup terus," kata Yayan.

Dia berharap, pemerintah memberikan penghargaan khusus kepada Franky. Mengingat lagu-lagunya yang sarat makna dan penuh kritik sosial yang membangun. Misalnya lagu Perahu Retak. "Dia legendaris. Lagunya bersifat abadi, enggak kayak band sekarang," ujarnya.

Yudha DH Primal menambahkan, ada satu cita-cita Franky yang hingga ajal menjemput belum terlaksana. "Almarhum pernah bercita-cita ingin menggelar festival musik jalanan se-Indonesia, cuma tak terlaksana," tutur Yudha.

Sepeninggal musisi asal Surabaya itu, sangat sulit mencari penerus yang konsisten dengan kritik sosial seperti pada lagu Di Bawah Bendera. Franky tak cuma kritis mengkritik kondisi sosial, juga romantis seperti lagu Kemesraan yang diciptakannya bersama Iwan Fals.

"Penerus di KPJ memang dari segi vokal banyak yang punya suara mirip Franky. Tetapi Franky adalah Franky yang legendaris," tandasnya. (ang)
BERITA LAINNYA
  • Hot Gossip
    Mantan Bintang Disney, Michael Mantuneto Ditemukan Bunuh Diri Mantan Bintang Disney, Michael Mantuneto Ditemukan Bunuh Diri
    Mantan Bintang Disney, Michael Mantuneto Ditemukan Bunuh Diri

    Mantan bintang Disney, Michael Mantuneto ditemukan tak bernyawa di dalam mobilnya setelah menembak dirinya sendiri

  • Hot Gossip
    VIDEO: Ustad Arifin Ilham Peringatkan Tak Main-Main dengan Poligami VIDEO: Ustad Arifin Ilham Peringatkan Tak Main-Main dengan Poligami
    VIDEO: Ustad Arifin Ilham Peringatkan Tak Main-Main dengan Poligami

    Meski berhasil menjadi teladan dalam berpoligami, Ustad Arifin Ilham memperingatkan semua muslim agar tak main-main dengan hal satu ini

  • Hot Gossip
    FOTO: Pose Bertrand Antolin dan Suami Dewi Sandra di Masjid Tuai Pujian FOTO: Pose Bertrand Antolin dan Suami Dewi Sandra di Masjid Tuai Pujian
    FOTO: Pose Bertrand Antolin dan Suami Dewi Sandra di Masjid Tuai Pujian

    Bertrand Antolin tak ragu menunjukkan bahwa semangat kebhinekaan, terutama soal agama, masih ada dalam dirinya

  • Hot Gossip
    Na Eun 'A Pink' Geram Netizen Cemooh Adiknya Na Eun 'A Pink' Geram Netizen Cemooh Adiknya
    Na Eun 'A Pink' Geram Netizen Cemooh Adiknya

    Son Na Eun akhirnya tak bisa lagi menahan kemarahannya pada netizen yang sering menghinanya

  • Hot Gossip
    FOTO: Fokus Menulis Buku, Jessica Iskandar Izin Kurangi Aktivitas di Instagram FOTO: Fokus Menulis Buku, Jessica Iskandar Izin Kurangi Aktivitas di Instagram
    FOTO: Fokus Menulis Buku, Jessica Iskandar Izin Kurangi Aktivitas di Instagram

    Jessica Iskandar berniat untuk kembali menulis dan meluncurkan buku ketiganya

  • Hot Gossip
    Raihan Khan Anggap Benar Uya Kuya Laporkan Pelaku Bully Cinta Kuya Raihan Khan Anggap Benar Uya Kuya Laporkan Pelaku Bully Cinta Kuya
    Raihan Khan Anggap Benar Uya Kuya Laporkan Pelaku Bully Cinta Kuya

    Cinta kini dikabarkan sampai harus masuk rumah sakit lantaran tak tahan dengan pembullyan yang terjadi kepadanya melalui sosial media

  • Hot Gossip
    FOTO: Raline Shah Pamer Persahabatan dengan Sutradara X-Men FOTO: Raline Shah Pamer Persahabatan dengan Sutradara X-Men
    FOTO: Raline Shah Pamer Persahabatan dengan Sutradara X-Men

    Aktris cantik Raline Shah membuktikan jika dirinya punya banyak kenalan orang-orang penting

  • Hot Gossip
    Ikuti Jejak Oki Setiana Dewi, Dewi Sandra Bakal Jadi Ustadzah? Ikuti Jejak Oki Setiana Dewi, Dewi Sandra Bakal Jadi Ustadzah?
    Ikuti Jejak Oki Setiana Dewi, Dewi Sandra Bakal Jadi Ustadzah?

    Apakah Dewi tertarik mengikuti jejak rekan sejawatnya, Oki Setiana Dewi menjadi ustadzah?

  • Hot Gossip
    Dua Musisi Indie Siap Bawakan Lagu Spesial di Authenticity Melodi Alam Dua Musisi Indie Siap Bawakan Lagu Spesial di Authenticity Melodi Alam
    Dua Musisi Indie Siap Bawakan Lagu Spesial di Authenticity Melodi Alam

    Dua musisi indie yang terlibat dalam acara Authenticity Melodi Alam, Mr. Sonjaya dan Senar Senja telah mempersiapkan formula khusus.

More Stories
Live Streaming
Logo
Ruang Anda
SELFIE BARENG CELEB Share foto atau video bersama artis favorit kamu. Upload